fbpx

Banyak orang pasti sudah mengenal apa itu marketing atau pemasaran, namun masih bingung tentang jenis konten marketing dan manfaatnya. Memang, dalam proses pemasaran, konten marketing adalah salah satu titik sentral yang harus diperhatikan untuk mencapai target dan tujuan dari marketing. Sebagian pemasar juga memerlukan keragaman konten marketing untuk bisa menarik audiens. Nah kali ini kita akan membahas apa saja sih konten marketing itu dan apa manfaat terhadap reputasi brand?

Konten marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang mana terdapat proses pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, serta konsisten untuk menarik audiens, yang mana tujuannya adalah mengubah atau mengonversi mereka menjadi konsumen.

Berdasarkan pengertian tersebut kita bisa bedah dua elemen penting dalam konten marketing, yakni yang pertama adalah harus relevan, penting, dan konsisten. Sebuah konten harus relevan dengan produk kamu. Kamu tidak bisa membahas fashion kekinian, jika produk mu adalah benda elektronik. Kemudian konten harus bersifat penting, yang mana pastikan konten yang kamu buat penting untuk diterima audiens sehingga bisa menarik khalayak untuk membaca. Dan yang terakhir adalah konsisten, yang mana dalam marketing tidak bisa hanya mengandalkan satu konten saja, sehingga harus dilakukan secara berkelanjutan.

Illustrasi Pembuatan Jenis Konten Marketing
Illustrasi Pembuatan Konten Marketing

Elemen yang kedua adalah, mencapai tujuan untuk mengubah audiens menjadi konsumen. Ini adalah tujuan dari pembuatan konten marketing. Membuat konten marketing bukanlah bertujuan untuk menghibur, mengedukasi, atau memberikan informasi kepada audiens, melainkan membuat audiens menjadi konsumen dari produk/brand kamu, sehingga konten marketing akan berdampak positif terhadap kegiatan pemasaran yang kamu lakukan.

Nah setelah memahami hal tersebut, kamu juga harus paham terhadap apa saja sih jenis konten marketing dan apa manfaatnya? Perlu diperhatikan bahwa memahami jenis konten marketing akan membantu mu dalam mengelaborasi keberagaman konten yang bisa dibuat, sehingga bisa menarik audiens lebih banyak. Terkait manfaat konten marketing, ini bisa menjadi titik perhatian kamu tentang tujuan apa yang paling utama dalam melakukan konten marketing

Jenis Konten Marketing

Blog Post

Illustrasi Jenis Konten Marketing Blog Post
Illustrasi Blog Post

Blog post adalah salah satu jenis konten marketing yang sering di temukan. Apa yang kamu baca saat ini adalah salah satu bentuk blog post yang digunakan sebagai media pemasaran. Blog post biasanya berisikan informasi-informasi yang berkaitan dan relevan dengan produk/brand yang sedang di pasarkan

Baca juga: 13 Best Quotes Bisnis yang Bikin Kalian Semangat Usaha!

Blog post biasanya di unggah dalam website perusahaan dan dirilis secara rutin untuk meningkatkan traffic kunjungan ke website. Seperti yang sudah di jelaskan, dalam blog post juga harus mengandung nilai, sehingga bisa bermanfaat bagi audiens atau pembaca, disamping dorongan untuk memberi produk/brand yang sudah di pasarkan.

Infografis

Illustrasi Jenis Konten Marketing Infografis
Illustrasi Infografis

Infografis adalah jenis konten marketing yang menampilkan informasi-informasi mengenai produk atau brand yang sedang di pasarkan. Bagi sebagian orang, tentu sangat jenuh dan membosankan jika hanya sekedar membaca teks tulisan tanpa visualisasi yang menarik. Nah infografis adalah jenis konten yang menjawab permasalahan tersebut.

Infografis adalah konten yang memberikan informasi terkait produk atau brand dengan visualisasi yang menarik, dan tidak terpaku hanya pada teks tulisan saja. Ini akan membantu memberikan konten yang menarik sehingga mengundang audiens untuk membaca konten tersebut.

Video/Foto Post

Illustrasi Jenis Konten Marketing Video/foto Post
Illustrasi Video/Foto Post

Video dan foto adalah konten yang cukup ramah untuk dibagikan setiap media platform, salah satunya adalah media sosial. Terkhusus media sosial, video dan foto adalah konten original yang bisa disampaikan melalui platform tersebut seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok dan YouTube.

Terkait post foto, kamu bisa menampilkan foto produk mu di media sosial untuk memberikan informasi mengenai produk tersebut. Atau juga bisa membuatnya lebih kreatif menjadi sebuah video yang mana ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti video pendek, video iklan, konten di TikTok atau reels Instagram, dan masih banyak lagi, sehingga bisa memberikan kesan konten yang beragam dan tentunya bermanfaat bagi audiens.

Podcast

Illustrasi Jenis Konten Marketing Podcast
Illustrasi Podcast

Podcast adalah salah satu jenis konten marketing yang kini sedang naik daun. Semenjak tahun 2016, pendengar podcast mengalami peningkatan yang pesat yang mana terdapat sekitar 57 orang pendengar podcast setiap bulannya. Ini disebabkan salah satunya adalah kebosanan yang dirasakan ketika hanya membaca teks tertulis

Podcast menjadi konten marketing yang memiliki potensi tinggi dalam proses pemasaran produk/brand kamu, terlebih jika kamu berhasil mewawancarai seseorang yang menarik bagi audiens, sehingga mengundang audiens lebih banyak. Nah disana, kamu bisa mempromosikan brand atau produk kamu, salah satunya dengan ads lips.

Webinar

Illustrasi Jenis Konten Marketing Webinar
Illustrasi Webinar

Dan yang terakhir adalah webinar. Webinar bisa menjadi media kamu dalam mempromosikan brand atau produk kamu sebagai sebuah konten marketing. Kamu bisa membuat webinar yang menarik audiens, seperti tema-tema self-improvement, tips and trick, sosial, dan masih banyak lagi, tergantung apa yang sedang trend dan relevan dengan produk kamu.

Webinar berpotensi mengundang banyak audiens dalam satu waktu yang singkat. Kamu bisa menghadirkan peserta webinar sebanyak 100 hingga 1000 orang dalam rentang 2 jam kegiatan webinar. Tentu hal tersebut menarik bagi proses pemasaran, disamping webinar tidak begitu susah untuk dilakukan serta lebih hemat jika dibandingkan dengan seminar biasa karena berbasis online.

Nah setelah kita membahas mengenai jenis konten marketing, kita juga harus paham terkait apa manfaat dari konten marketing itu sendiri. Ini penting untuk di pahami, agar pemasar bisa menentukan target apa yang harus di capai dalam setiap pembuatan konten marketing, sehingga usaha dalam pembuatan konten tidak di rasa sia-sia dan mendapatkan hasil yang sesuai. Yuk simak beberapa manfaat dari pembuatan konten marketing

Manfaat Konten Marketing Terhadap Reputasi Brand

Brand Awareness

Manfaat awal yang bisa kamu rasakan terhadap pembuatan konten marketing adalah tumbuhnya kesadaran merek. Kesadaran terhadap merek ini diakibatkan oleh brand kalian yang ditampilkan pada setiap konten, sehingga membuat audiens menyadari akan keberadaan produk/brand kamu. Hal ini kemudian di harapkan membuat audiens tertarik sehingga terjadi proses pembelian terhadap produk/brand kamu.

Baca juga: Yuk Simak, Tips Agar FYP di TikTok

Search Engine Optimization

Selanjutnya adalah SEO. Ini merupakan buah hasil dari beberapa konten yang kamu buat, salah satunya adalah blog post. Ketika kamu membuat artikel pada blog yang menggunakan teknik SEO, maka ada potensi artikel yang kamu buat berada pada ranking teratas atau halaman pertama mesin pencari. Ini akan membuat peningkatan traffic pengunjung organik pada website kamu.

Memperluas Target Konsumen

Salah satu dampak positif dari adanya konten marketing adalah memperluas target konsumen. Contohnya adalah ketika kamu membuat konten marketing pada media sosial. Media sosial saat ini memiliki ribuan hingga jutaan pengguna, khususnya di Indonesia. Dengan audiens sebanyak itu, tentu kamu berpeluang untuk memperluas target konsumen dari produk/brand kamu.

Membangun Loyalitas

Dan yang terakhir adalah membangun loyalitas. Membuat konten yang menarik bisa membuat audiens untuk kembali melakukan pembelian terhadap produk/brand kamu. Hal ini tentu baik bagi kamu yang ingin menghasilkan pembelian berulang, sehingga akan memunculkan loyalitas pada konsumen.

Membuat konten marketing, akan membantu kamu untuk memaksimalkan proses pemasaran produk/brand. Selain itu, dibalik manfaat yang diberikan, konten marketing menjadi sebuah media yang baik untuk memenuhi kebutuhan audiens sehingga bisa akan memberikan dampak positif terhadap penjualan produk/brand.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top