fbpx

Sosial media marketing adalah media pemasaran yang saat ini sangat banyak dilakukan. Sosial media marketing dirasa dekat dan mudah digunakan dalam urusan promosi produk atau jasa dari suatu bisnis. Tak heran, SMM menjadi salah satu primadona bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau jasanya. Namun, disisi lain tidak semua pelaku bisnis mengerti dan memahami penggunaan media sosial sebagai media promosi, baik itu karakteristiknya, hingga hal-hal teknis yang harus diperhatikan dalam menjalankan sosial media marketing.

Sosial media marketing (SMM) adalah strategi pemasaran yang menggunakan media platform sosial media. Biasanya, SMM ini dilakukan dengan mengunggah konten-konten promosi pada media sosial untuk memenuhi target promosi. Konten-konten yang dimaksud mulai dari konten visual hingga audio visual yang berisikan informasi mengenai produk atau jasa, informasi edukatif yang relevan, hingga penawaran terkait produk atau jasa.

Illustrasi Sosial Media Marketing
Illustrasi SMM

Masifnya penggunaan SMM sebagai media promosi juga tidak lepas dari beberapa keunggulan yang bisa ditawarkan dari kegiatan promosi tersebut. Tak jarang banyak pelaku bisnis tergiur dengan luasnya audiens dan penggunaan media sosial yang begitu besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Hal ini disinyalir bagaimana SMM menjadi salah satu favorit dalam pelaksanaan promosi dan pemasaran produk atau jasa. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak 4 kelebihan sosial media marketing berikut ini!

Kelebihan Sosial Media Marketing

Biaya Hemat

Illustrasi Sosial Media Marketing
Illustrasi Sosial Media Marketing

Keunggulan pertama dari SMM adalah biaya yang rendah. Sebenarnya, SMM juga bisa berbayar dengan menggunakan iklan pada media sosial, namun itu hanya sebatas pilihan. Kamu bisa menggunakan iklan di media sosial tergantung budget yang kamu anggarkan dalam promosi produk atau jasa. Jadi tidak ada ketentuan yang mengikat terkait biaya yang harus kamu keluarkan dalam melakukan promosi di media sosial menggunakan iklan.

Baca juga: DIGITAL MARKETING SEMAKIN MUDAH DENGAN ADANYA BOOTSOL

Bahkan, kamu juga bisa melakukan promosi dengan tanpa menggunakan iklan. Sehingga hal tersebut akan menekan pengeluaran kamu dalam melakukan promosi. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk kamu kepada lingkungan sekitar dan memperluas secara bertahap.

Efektif dan Efisien

Illustrasi Sosial Media Marketing
Illustrasi Sosial Media Marketing

Jika dibandingkan dengan beberapa media pemasaran mainstream lainnya seperti pamflet, brosur, baliho, hingga billboard, SMM cenderung lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan media promosi yang sudah disebutkan sebelumnya. Ini mengingat bahwa kamu bisa menganalisis karakteristik dari target pasar kamu yang ada di media sosial.

Kamu bisa melihat gender, usia, hobi, dan hal-hal yang disukai oleh target pasar kamu dengan media sosial, sehingga SMM cenderung lebih efektif dan efisien karena mampu menyasar target audiens yang tepat.

Kesadaran Merek

Illustrasi Sosial Media Marketing

Perkembangan teknologi informasi, membuat media sosial kini digunakan oleh hampir setiap orang. Bahkan satu orang bisa menggunakan 2 hingga lebih dari tiga aplikasi media sosial setiap harinya. Ini menjadi peluang untuk kamu melakukan promosi produk atau jasa dari bisnis kamu.

Melakukan promosi tidak hanya seputar bagaimana kamu menjual produk kamu melalui proses transaksi jual beli, namun menanamkan kesadaran merek bagi para audiens atau target pasar kamu adalah salah satu poin penting yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah penjualan di kemudian hari. Dan media sosial melalui SMM mampu untuk memberikan kesempatan itu bagi kamu para pelaku bisnis, khususnya pemula.

Memperluas Pasar

Illustrasi Sosial Media Marketing
Illustrasi Sosial Media Marketing

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, media sosial kini digunakan oleh hampir setiap orang. Pengguna tidak hanya berfokus pada satu tempat, melainkan tersebar ke penjuru negeri, hingga keluar negeri. Ini menjadi peluang bagi kamu untuk memperluas pasar dari bisnis yang kamu jalankan.

Jika kamu menjalankan bisnis secara offline atau promosi yang dilakukan secara offline, tentu kamu tidak bisa menjangkau audiens yang tinggal jauh dari daerah operasional kamu. Namun dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, kini kamu bisa menjangkau lebih jauh sehingga bisa memperluas pasar dari bisnis yang kamu jalankan.

Nah, tidak semua orang atau pelaku bisnis paham dan mampu menjalankan kegiatan SMM dengan optimal dan memberikan hasil yang positif. Sekarang kamu tidak perlu takut dan khawatir, karena Bootsol memberikan penawaran terkait jasa sosial media marketing yang bisa membantu meningkatkan bisnis kamu.

Ada banyak penawaran terkait jasa SMM dari Bootsol yang dibanderol dari harga Rp. 2.670.00 hingga Rp. 8.100.000 per bulan. Tentu kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu saat ini. Penawaran diberikan dengan dibagi atas empat kategori yakni Silver, Gold, Platinum, dan Special.

Untuk harga tertinggi yakni kategoti Special dibanderol harga Rp. 8.100.000 dan kamu sudah mendapatkan planning campaign di Facebook dan Instagram, free 30 days ads on Facebook, Instagram, dan Google, free 30 days Youtube Ads, 5x posting content dalam seminggu, support design content and advertising, monthly reports, free website maintenance, 1 minute explainer animation video, dan photo shoot profile (product/work process). Jadi tunggu apalagi, yuk kunjungi website Bootsol di www.bootsol.com untuk melihat penawaran lainnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top