fbpx

Jual-beli online adalah hal yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Kemudahan untuk menjual serta membeli tanpa adanya batasan ruang dan waktu membuat sebagian orang lebih memilih untuk bertransaksi secara online. Tahu kah kamu bahwa pada situs perbelanjaan online atau e-Commerce, terdapat peluang besar untuk menghasilkan uang bermodalkan kuota internet dan kemauan? Affiliate marketing adalah jawabannya. Secara garis besar, affiliate marketing adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh seseorang (affiliate marketer) dalam mempromosikan produk orang lain dan akan mendapatkan komisi setelah affiliate marketer tersebut berhasil menjual produk melalui tautan yang ia berikan.

Cara Mendaftar

Source: Shopee.co.id

            Affiliate marketing biasanya dibuka untuk khalayak umum dan tidak dipungut biaya apa pun. Cara mendaftarnya adalah dengan membuka situs perbelanjaan online, seperti Shopee dan cari pada bagian career. Apabila situs perbelanjaan online tersebut membuka affiliate marketing¸maka akan tertera pada bagian career. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi data diri termasuk akun media sosial yang kamu miliki. Tahap selanjutnya, pihak situs perbelanjaan online tersebut akan screening media sosial kamu terkait apakah kamu berpotensi untuk menjadi salah satu affiliate marketer mereka. Apabila kamu termasuk ke dalam kriteria mereka, maka kamu akan dihubungi melalui email dan mendapatkan tautan khusus untuk kamu bagikan kepada calon pelanggan yang akan kamu pasarkan.

Penilaian dan Tips sebagai Affiliate Marketer

Ilustrasi Affiliate Maketing, Source: wartaekonomi.co.id

            Perlu diketahui, bahwa jumlah followers tidak menjadi satu-satunya penilaian untuk menerima kamu sebagai affiliate marketer, melainkan konsistensi kamu dalam membuat konten juga dilihat dan dinilai oleh pihak situs perbelanjaan online tersebut. Lalu setelah diterima, apa saja yang perlu dilakukan? Berikut tips untuk menjalankan affiliate marketing yang menarik para pelanggan:

  • Riset Target Audiens

Penting bagi kamu sebagai affiliate marketer untuk mencari tahu seperti apa audiens yang akan kamu pasarkan. Mulai dari umur, kebutuhan, dan tren yang terkenal di kalangan audiens kamu. Sebagai contoh, apabila target audiensmu adalah mahasiswa, maka kamu harus mencari tahu kebutuhan seperti apa yang mereka cari.

  • Kenali Produk

Sebagai pemasar produk, tentu kamu harus mengenal produk apa yang akan kamu pasarkan, seperti harga, ukuran, dan warna apa saja yang ada pada produk yang kamu pasarkan. Dengan begitu, audiens akan merasa cukup puas dengan informasi yang kamu berikan dan tidak timbul pertanyaan umum terkait produk tersebut.

  • Gunakan Media Sosial yang Digunakan Banyak Orang

Sekarang ini, media sosial sudah sangat beragam, namun salah satu media sosial yang sedang booming di kalangan masyarakat adalah Tik Tok. Membuat video berdurasi 15 hingga 60 detik di aplikasi Tik Tok adalah hal yang berpeluang untuk meraih banyak penonton dan memperbesar kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang nantinya akan membeli produk yang kamu pasarkan melalui tautan yang kamu berikan.

Kelebihan Affiliate Marketing

  • Jam Kerja Fleksibel

Menjadi seorang affiliate marketer mendapatkan jam kerja yang sangat fleksibel. Kamu dapan menyesuaikan jadwal kegiatan rutinmu dengan pembuatan konten untuk memasarkan produk karena tidak ada deadline khusus dari pihak situs perbelanjaan online melainkan kamu sendiri yang akan menentukan target publikasimu.

  • Tidak Memerlukan Banyak Modal

Affiliate marketing tidak memerlukan banyak modal karena yang kamu butuhkan hanya lah kuota internet untuk mempublikasikan pemasaranmu kepada audiens serta riset tren yang sedang happening di kalangan masyarakat. Selain itu, kamu juga harus membeli beberapa produk yang akan kamu pasarkan agar kamu bisa menjelaskan tentang produk tersebut secara menyeluruh.

  • Memasarkan Produk yang Tak Terbatas

Jenis produk yang dipasarkan oleh seorang affiliate marketer sangat diperbolehkan untuk memasarkan sebanyak-banyaknya karena affiliate marketing tidak berfokus pada satu atau dua produk saja, sehingga memungkinkan kamu untuk mempromosikan banyak produk.Justru, semakin banyak jenis produk yang kamu pasarkan, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

  • Passive Income yang Menjanjikan

Teknik affiliate marketing memang tidak memiliki jam kerja fleksibel dan pendapatan tetap seperti kerja kantoran, namun apabila sudah menekuni teknik pemasaran tersebut maka kamu akan menghasilkan passive income yang cukup menjanjikan. Penghasilan tersebut tentu bisa dialokasikan ke investasi untuk mendapatkan profit jangka panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top