fbpx

Setiap agensi digital marketing sekarang akan menyadari perlunya terlibat dalam tren pemasaran konten. Membuat konten online yang efektif sangat penting – tidak hanya sebagai penawaran untuk klien yang sudah ada tetapi juga untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs web kamu secara organik, menunjukkan keahlian kamu dan membangun kepercayaan merek, dan bahkan menarik bakat terbaik di industri ini.

Jika kamu akan memulai content marketing campaigns, tentu saja kamu perlu tahu persis apa yang akan meningkatkan pertumbuhan dan keterlibatan secara online. Konten berbasis teks akan selalu menjadi bagian integral dari pemasaran, tetapi untuk benar-benar membedakan diri kamu di era digital, visual content harus memainkan peran penting dalam semua upaya kamu. Ketika kamu mempertimbangkan bahwa 65% orang adalah orang yang menyukai visual dari sebuah content, maka 90% informasi yang datang ke otak adalah visual dari konten tersebut, dan presentasi dengan bantuan visual 43% lebih persuasif. Jadi, masuk akal untuk menggunakan jenis konten yang orang-orang memiliki resonansi psikologis bawaannya.

Kekuatan visual content sangat besar dalam hal memasarkan merek yang kamu punya dan menyampaikan pesan yang tepat. Tidak peduli kualitas konten kamu, visual dapat memperkuat konten kamu secara keseluruhan. Oleh karena itu, visual content yang digunakan untuk pemasaran dapat menjadi alat yang ampuh, terutama bila dibuat dalam berbagai bentuk. Pada artikel ini, kami akan membahas jenis konten visual terbaik yang dapat kamu buat untuk mendapatkan ROI maksimum dari kampanye pemasaran konten kamu.

Images

Images untuk Konten Visual
Cr: martech.org

Saat kamu membuat konten dengan beberapa gambar yang menarik, orang lebih cenderung tetarik untuk membaca isi konten yang kamu buat (asalkan gambarnya berkualitas tinggi dan relevan secara kontekstual). Dapat dikatakan bahwa arikel dengan gambar mendapatkan 94% lebih banyak tampilan dan lebih banyak dilirik orang daripada yang tidak. Karena banyaknya konten digital dan peningkatan akses internet selular, konten yang disajikan dalam bentuk blok teks besar dan tidak ada gambar yang menjelaskan menjadi sangat tidak menarik.

Menggunakan gambar asli atau gambar yang diambil oleh kamu akan menjadi lebih baik, karena ini membuat kampanye kamu menjadi lebih bersungguh-sungguh. Gambar berkualitas tinggi dan menarik seringkali mahal untuk dibeli atau memakan waktu lama untuk dibuat. Untungnya, dengan sumber daya seperti Canva, kamu dapat membuat gambar yang unik dan menawan secara gratis dengan antarmuka drag-and-drop yang sederhana. Atau, ada banyak sekali foto berkualitas tinggi di situs berbagi foto seperti Flickr dan Morguefile yang dapat diperoleh secara gratis. Karena banyaknya foto di situs ini, kecil kemungkinan bisnis lain sudah menggunakannya. Pastikan kamu memiliki wewenang untuk menggunakannya, ya.

Video

Video untuk Konten Visual
Cr: buffer.com

Video sangat berguna untuk menyajikan masalah umum yang perlu diketahui dan menunjukkan solusi yang dapat ditawarkan oleh produk kamu. Video memiliki kekuatan untuk menarik perhatian target pelanggan kamu dan membuat mereka tetap tertarik dengan produk kamu. Hal ini dapat menjadi suatu hal yang sangat kuat bila digunakan dalam pemasaran konten. Jika pelanggan kamu membaca pesan pemasaran atau iklan berbasis teks, mereka mungkin juga akan berhenti setidaknya selama beberapa detik untuk menonton video. Oleh karena itu, jika kamu belum memanfaatkan pemasaran video untuk bisnis kamu, maka kamu akan kehilangan banyak hal.

Ada banyak jenis video yang dapat meningkatkan bisnis kamu, seperti kamu dapat mempertimbangkan video panduan, video penjelasan animasi, demonstrasi, atau testimoni pelanggan. Apa pun pilihanmu, penting agar video tersebut sesuai dengan keseluruhan gaya dan etos merek kamu. Kamu dapat membuat berbagai jenis video dengan ajakan tindakan yang berbeda. Misalnya, untuk bagian pemasaran, kamu dapat membuat video informasi atau menghibur target audiens dalam beberapa cara.

Infographic

Infographic untuk Konten Visual
Cr: MyCustomer.com

Infografis adalah suatu media yang baguus untuk menggambarkan semua data dan statistik, kamudian disusun untuk menjadi tampilan visual yang menarik dan mudah dipahami. Disertai dengan upaya promosi yang rajin (termasuk jaringan dengan influencer utama, pengoptimalan halaman arahan, dan media sosial), infografis dapat menjadi bagian integral dari strategi pemasaran konten kamu. Untuk mengambil manfaat sebenarnya dari sebuah infografis, tata letak dan desain harus seefektif mungkin. Perancang harus menggabungkan warna, bentuk, dan font yang tepat untuk menyampaikan data penting kamu.

Informasi yang kamu pilih untuk disertakan dalam infografis harus akurat dan relevan secara kontekstual. Kadang-kadang bahkan statistik yang tampaknya paling biasa pun dapat dihidupkan ketika disampaikan sebagai visualisasi yang menakjubkan. Para pembaca cenderung menyukai infografis yang bagus, jadi jika kamu mempromosikannya secara efektif, kemungkinan besar itu akan beredar di seluruh platform media sosial terutama jika mencapai status “viral”. Saat kamu menyajikan informasi atau statistik ini dengan cara yang ringkas dan mudah dipahami, mereka akan lebih tertarik pada brand kamu.

Presentations

Presentations untuk Konten Visual
Cr: visme.co

Presentasi memiliki fungsi yang mirip dengan infografis, dengan fokus besar pada desain dan warna yang menarik, sehingga menarik pembaca ke dalam teks. Meskipun, mereka berbeda meskipun dengan memiliki ruang lingkup yang lebih besar. Jadi, jika suatu topik terlalu panjang untuk dijadikan infografis, presentasi yang dibuat dengan indah bisa sangat efektif untuk membuat orang tetap terlibat dengan konten kamu.

Presentasi juga bagus untuk menyajikan konten kamu dengan cara baru yang lebih menarik secara visual. Situs seperti SlideShare yang memiliki banyak pilihan template dapat membantu kamu untuk meningkatkan visibilitas dan dengan demikian menjadi lebih baik untuk kampanye pemasaran konten kamu.

Screenshots

Screenshot Images untuk Konten Visual
Cr: pxhere.com

Dengan tangkapan layar, kamu dapat memberikan gambaran sekilas kepada audiens tentang cara kerja produk atau layanan kamu. Kamu dapat menunjukkan layanan dan fungsi apa yang kamu tawarkan dari perspektif langsung, dan kamu bahkan dapat menggabungkan tangkapan layar kamu dengan beberapa salinan pemasaran atau testimonial untuk meningkatkan kredibilitasmu.

Meskipun tampak seperti jenis konten visual yang paling tidak menakjubkan dalam artikel ini, tangkapan layar bisa sangat bermanfaat sebagai media untuk membangun kepercayaan. Pertimbangkan untuk menggunakannya untuk menangkap ulasan pelanggan atau testimonial dari forum industri atau media sosial. Selain itu, kamu mungkin ingin memasukkan tangkapan layar ke dalam infografis dan presentasi SlideShare kamu, karena hal tersebut dapat memberikan lebih banyak makna pada statistik atau informasi yang kamu presentasikan.

Baca Juga: Impressive! 2 Teknik Pemasaran Digital Paling Useful Saat Ini: SEO dan SEM

Dengan memanfaatkan 5 cara diatas, kamu dapat melihat bahwa konten visualmu memiliki kekuatan yang menarik dan dapat mengubah hasil kampanye pemasaran konten kamu. Mereka mengatakan sebuah gambar bernilai seribu kata, dan ini berlaku hingga hari ini. Cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis konten visual untuk kampanye pemasaran kamu berikutnya, dan lihatlah perbedaan yang terjadi pada ROI kamu yang langsung meningkat.

1 thought on “5 Jenis Konten Visual dalam Marketing Campaign. Best Way to Know!”

  1. Pingback: 5 STRATEGI DIGITAL MARKETING DI MEDIA SOSIAL

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top