fbpx
Ilustrasi strategi digital marketing
Ilustrasi digital marketing

Saat ini digitalisasi semakin merajalela. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di dunia digital, termasuk aktivitas dalam hal berbisnis. Hampir seluruh pelaku usaha kini sudah mulai menerapkan sistem digitalisasi, terutama untuk kegiatan pemasaran. Dimana dunia digital memungkinkan pemasaran dilakukan lebih flexible, selain itu jangkauan yang dihasilkan lebih luas. Untuk itulah strategi digital marketing perlu diterapkan dengan baik demi kemajuan suatu bisnis

Strategi digital marketing menjadi salah satu kebutuhan dalam rangka meningkatkan aktivitas bisnis. Para pelaku usaha mau tidak mau mengikuti perkembangan teknologi, termasuk dalam hal menerapkan digital marketing. Hal tersebut dilakukan demi mempermalukan produk atau jasa yang ada tawarkan, hingga menguasai pasar.

Memanfaatkan dunia digital semakin mempermudah penerapan berbagai strategi pemasaran. Digital marketing lebih cepat direalisasi, lebih mudah diterapkan, dan lebih luas jangkauannya. Itulah alasan terbesar para pelaku usaha di zaman sekarang menerapkan strategi digital marketing yang tepat. Penerapannya tidak bisa dilakukan asal-asalan. Perlu pemahaman yang benar agar target pemasaran tercapai. Terutama bagi para pemula, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu digital marketing.

Baca Juga : Top 5 SEO Tools Gratis untuk Keyword Research

Apa itu digital marketing?

Menurut Wikipedia, digital marketing atau yang bahasa Indonesianya pemasaran digital adalah suatu usaha untuk memasarkan dan mempromosikan suatu merek dagang tertentu dengan menggunakan media digital, sehingga bisa dijangkau oleh konsumen secara lebih tepat dan luas. Cakupan pemasaran digital sangatlah luas, meliputi teknik dan praktik yang diterapkan di dunia internet. Dalam prakteknya digital marketing memiliki kaitan yang sangat erat dengan dunia internet. Sistem pemasarannya sendiri menggabungkan beberapa instrumen seperti gadget, layanan pesan singkat, dan perangkat digital lainnya yang memungkinkan konektivitas internet.

Strategi digital marketing diketahui menggabungkan beberapa faktor, diantaranya faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi, sehingga menjadi bentuk media pemasaran yang baru. Dimana media baru tersebut memiliki kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hal tersebut membuat interaksi yang terjadi baik antara produsen, konsumen, maupun distributor terjalin lebih flexible. Sistem digital marketing yang saat ini semakin luas digunakan, mau tak mau membuat para pelaku usaha meningkatkan pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

Teknologi baru pada dasarnya memberikan kelebihan yang sebelumnya tidak diberikan oleh teknologi lama. Begitupun hadirnya digital marketing dengan memberikan berbagai kelebihan dibandingkan pemasaran tradisional. Kelebihan yang diberikan diantaranya mengikis biaya operasional untuk promosi, jangkauan target pasar lebih luas, dan komunikasi yang disediakan lebih nyaman baik untuk pihak penjual maupun pembeli.

Pentingnya digital marketing

Strategi digital marketing penting untuk dilakukan karena beberapa alasan berikut:

  1. Dapat digunakan untuk semua jenis usaha.
  2. Meningkatkan pendapatan dengan efektif
  3. Dapat diterapkan dengan menggunakan berbagai perangkat.
  4. Mampu membantu merek dagang merajai pasar.
  5. Membantu mencapai penjualan yang optimal dan meningkatkan pendapatan.

Lima hal diatas dapat dirasakan ketika menerapkan strategi digital marketing yang efektif. Untuk itu ketahui dengan pasti strategi seperti apa yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Baca Juga : SERP : Kenali 5 hal Important berkaitan dengan SEO

Strategi digital marketing bagi pemula

Penerapan digital marketing perlu dilakukan dengan hati-hati. Jangan penerapan dilakukan terlalu gegabah. Digital marketing bisa dibilang sebagai sesuatu yang kedengarannya mudah, sehingga ada saja pihak yang menyepelekan. Pada akhirnya target terlalu luas, tetapi tidak sampai ke segmentasi utama. Untuk itu jangan sampai salah langkah dalam menerapkan strategi digital marketing, terutama bagi pemula. Ini dia strategi digital marketing yang bisa Anda coba:

1. Membuat Google My Business

Ilustrasi Google My Business
Ilustrasi Google My Business

Google My Business (Google Bisnisku) adalah layanan berbasis internet untuk para pelaku usaha. Sesuai dengan namanya, Google Bisnisku dijalankan oleh perusahaan google. Layanan yang ditawarkan yaitu menampilkan profil bisnis Anda secara instan di halaman pencarian dengan cukup detail, mulai dari alamat perusahaan, jam operasional, hingga rating bisnis. Dengan begitu akan membantu anda dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan merek usaha anda.

Google Bisnisku memungkinkan konsumen bisa menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah. Anda juga bisa dengan bebas menampilkan review terbaik dari konsumen Anda. Hal tersebut dilakukan demi menarik perhatian dan menumbuhkan kepercayaan kepada calon konsumen.

Google Bisnisku memberikan sarana promosi dalam strategi digital marketing yang cukup mudah untuk digunakan. Caranya yaitu Anda harus mendaftarkan bisnis terlebih dahulu. Baru kemudian anda bisa melengkapi profil terkait usaha yang sedang dijalani untuk kemudian dipromosikan.

2. Memanfaatkan WhatsApp Bisnis

Ilustrasi WhatsApp for Business
Ilustrasi WhatsApp for Business

Pengguna WhatsApp khususnya di Indonesia, saat ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. WhatsApp dimanfaatkan bukan hanya sebagai sarana komunikasi personal, tetapi bisa juga sebagai sarana digital marketing yang sangat efektif. Untuk itu anda bisa menggunakan WhatsApp khusus bisnis untuk membedakan dengan WhatsApp reguler yang biasanya dilakukan. Hal tersebut agar WhatsApp bisa digunakan secara khusus untuk keperluan bisnis.

Fitur dari WhatsApp bisnis secara umum sama dengan WhatsApp reguler, dimana mempermudah komunikasi dua arah melalui pesan maupun panggilan antara penjual dengan pembeli. Hanya saja tersedia fitur tambahan untuk kepentingan bisnis, mulai dari profil bisnis, katalog produk, hingga statistik pesan.

Menggunakan WhatsApp bisnis cukup mudah. Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu, bisa melalui PlayStore atau AppStore. Kemudian qanda bisa melengkapi profil bisnis yang sesuai dan menerapkan peraturan tambahan lainnya.

3. Membuat Website

Ilustrasi website for business
Ilustrasi website for business

Website bisnis saat ini sudah sangat menjamur. Penggunaan website sangat mempermudah penerapan digital marketing. Tak heran semakin hari semakin banyak pelaku usaha yang melebarkan strategi pemasaran melalui website.

Website bisa menjadi pusat dari kegiatan bisnis yang anda jalankan. Tidak hanya mengenai identitas, website bisa digunakan untuk memperluas publikasi, membangun branding, dan memberikan kesan yang lebih profesional.

Bagi anda yang bukan ahli IT, tak perlu khawatir untuk membuat website. Di zaman yang serba canggih ini membuat website bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Banyak tersedia jasa untuk membuat website. Cukup pastikan anda dapat memilih jasa pembuatan website, domain, dan hosting yang terpercaya. Dengan begitu anda bisa memiliki website yang proper bagi usaha anda.

4. Menggunakan Email Bisnis

Ilustrasi email for business
Ilustrasi email for business

Rasanya ada yang kurang jika anda menjalankan bisnis tanpa memiliki email khusus berbisnis. email dapat digunakan untuk menerapkan digital marketing, tentunya dengan akun email bisnis resmi. Biasanya alamat email bisnis resmi akan menggunakan nama domain bisnis sebagai identitas yang konsisten, misalnya TokoABC@gmail.com. Nama yang sesuai dengan domain website akan terkesan lebih profesional. Pada akhirnya hal seperti itu akan menumbuhkan kepercayaan bagi calon konsumen maupun pelanggan.

Cara membuat email bisnis resmi cukup mudah. Anda bisa membuat email dengan langkah yang sama seperti membuat email pada umumnya. Hanya saja anda bisa menyesuaikan nama email dengan domain website anda. Setelah mengikuti langkah yang direkomendasikan tak lama email anda akan selesai dibuat dan bisa segera digunakan.

5. Menggunakan Teknik SEO yang baik dan benar

Ilustrasi penerapan SEO
Ilustrasi penerapan SEO

Berkaitan dengan strategi sebelumnya, tentunya ketika anda memiliki website diperlukan konten untuk mengisi website tersebut. Hal tersebut membuat SEO sangat berperan penting. Sesuai dengan namanya yaitu SEO atau Search Engine Optimization, berupa teknik yang dilakukan demi mengoptimalkan konten Anda di mesin pencari. Tentu saja harapannya konten tersebut bisa berada di peringkat pertama mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Komponen dalam menerapkan teknik SEO memang cukup banyak. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai keyword planner, setelah itu terkait dengan link building, dan masih banyak lagi. Tapi tak perlu khawatir, walaupun memiliki komponen yang kompleks bukan berarti penerapannya sangat sulit.

Itulah 5 langkah yang bisa dijadikan tahap pertama khususnya bagi para pemula yang ingin menerapkan digital marketing. Tingkatkan pemahaman terkait digital marketing dan selalu update terhadap perkembangan, maka dengan begitu anda bisa beradaptasi dengan penggunaannya dan bisa memilih sendiri mana strategi yang paling efektif.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top