fbpx

Untuk menjangkau audiens yang lebih banyak, kamu perlu melakukan strategi digital marketing untuk bisnis. Apa saja strategi digital marketing yang ampuh untuk mengembangkan sebuah bisnis? Simak sampai akhir!

Online Marketing

Digital marketing juga dapat disebut dengan Online marketing

Dikutip dari Dreambox, online marketing merupakan sebuah sistem pemasaran produk yang menggunakan jaringan internet serta sistem digital. Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi, online marketing dipercaya dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dibandingkan dengan cara konvensional.

Online marketing atau digital marketing memiliki banyak kelebihan yaitu tidak memakan banyak biaya untuk pemasaran, dapat menjangkau audiens yang lebih luas, dan dapat mengevaluasi hasil akhir pemasaran secara lebih mudah dan efektif saat membuat analisa.

Strategi Digital Marketing

Para pelaku bisnis pasti memikirkan banyak cara dan menyusun strategi sebaik mungkin agar produknya laku di pasaran. Berikut adalah strategi digital marketing yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk atau bisnismu!

1. Content Marketing

Strategi digital marketing yang pertama adalah content marketing. Sebuah konten sangat penting bagi kegiatan marketing. Konten tersebut merupakan alat untuk mempromosikan bisnis atau produkmu melalui tulisan atau pun visual. Konten merupakan bahan untuk kegiatan marketing yang akan dipublikasikan di berbagai media seperti artikel, blog, media sosial, dan sebagainya. Isi konten harus dapat membangun emosi dan relevansi dari audiens agar mereka tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis atau produk yang dijual. Selain meningkatkan daya tarik, content marketing juga membangun brand awareness serta relasi dengan audiens.

2. Influencer Marketing

Strategi digital marketing yang kedua adalah influencer marketing. Tentu kita tidak asing lagi dengan istilah influencer. Influencer adalah seseorang yang berpengaruh besar di masyarakat atau suatu komunitas tertentu. Seorang influencer dapat membujuk pengikutnya untuk membeli, memakai, atau melakukan hal yang sama dengan apa yang dipromosikannya. Maka dari itu influencer termasuk salah satu dari kegiatan online marketing karena apa yang dilakukannya dapat memengaruhi orang lain untuk membeli produk tertentu. Sebutan lain dari influencer adalah selebgram, selebtok, dan lain-lain karena mereka merupakan figur yang terkenal di platform media sosial tertentu seperti Instagram atau TikTok. Contoh influencer yang sukses di Indonesia diantaranya adalah Rachel Vennya, Karin Novilda, dan Tasya Farasya.

3. SEO

SEO merupakan salah satu strategi digital marketing yang perlu diperhatikan. SEO merupakan suatu bentuk apresiasi untuk situs website dan akan muncul di halaman awal mesin pencarian. SEO yang telah di optimasi biasanya akan muncul saat kita mencari kata kunci tertentu pada laman Google. SEO terdiri dari 2 bagian yaitu On Page serta Off Page. SEO On Page merupakan optimasi SEO pada halaman website itu sendiri sedangkan SEO Off Page merupakan bentuk peningkatan kredibilitas situs website kamu yang dibantu oleh situs website lain.

4. Online Advertising

Strategi digital marketing berikutnya adalah online advertising. Kegiatan online marketing ini merupakan kegiatan beriklan melalui platform digital berbasis internet yang berbayar. Strategi digital marketing ini dipercaya dapat menjangkau lebih banyak audiens secara luas dan mudah, walau harus mengeluarkan biaya. Online advertising ini dapat berupa video, foto, postingan, atau konten lainnya. Contoh platform yang tersedia online advertising adalah YouTube Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan Facebook Ads.

5. Otomatisasi Pemasaran

Strategi digital marketing yang terakhir adalah melakukan otomatisasi pemasaran. Yang dimaksud otomatisasi pemasaran adalah tugas yang dilakukan berulang kali untuk melakukan pemasaran. Setiap platform kita harus memiliki otomatisasi pemasaran agar kegiatan online marketing berjalan dengan lancar. Cara yang dilakukan adalah dengan menjadwalkan atau mengatur postingan konten serta iklan di berbagai media digital. Contohnya yaitu hari senin-jumat mengaktifkan Instagram Ads untuk minggu ini dan YouTube atau Twitter Ads untuk minggu depan, mengunggah konten feeds di setiap hari senin rabu dan jumat di media sosial Instagram, dan selasa kamis serta weekend InstaStory.

Baca juga: Super Helpful, Mengembangkan Skill Digital Marketing Lewat 6 Cara Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top