fbpx

Kamu ingin membuat video reels Instagram? Yuk baca sampai akhir untuk mengetahui tips membuat video yang bagus dan menarik!

Reels Instagram

Reels merupakan fitur terbaru dari Instagram

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat menyebabkan semuanya bergerak untuk menciptakan inovasi yang semakin memberi manfaat bagi kehidupan manusia baik untuk hiburan atau kebutuhan lainnya.

Instagram terus berinovasi untuk membuat penggunanya betah dan tidak bosan akan fitur-fiturnya. Pada tanggal 5 Agustus 2020, Instagram merilis fitur Reels. Reels Instagram ini kerap dianggap sebagai penyaing aplikasi kompetitor yaitu TikTok. Reels Instagram ini baru dapat digunakan di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021.

Dilansir dari Glints, Reels Instagram memiliki fungsi untuk membuat video singkat selama 15 hingga 60 detik dengan berbagai pilihan audio, teks, filter, dan tools kreatif lainnya. Reels memiliki semacam explore yang berfungsi agar video kita dapat tersebar luas ke seluruh pengguna Instagram dimanapun mereka berada.

Tips Membuat Video

tips membuat video reels instagram

1. Awalan Video yang Menarik

Tips membuat video reels yang pertama adalah membuat awal video yang menarik. Detik-detik awal dari video merupakan sesuatu yang krusial dan harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan video yang diunggah di Reels Instagram akan terputar secara otomatis di explore para user Instagram.

Layaknya Thumbnail, awalan video harus dibuat sekreatif mungkin agar penonton penasaran dan menimbulkan rasa ingin menyelesaikan tontonan reels nya. Editlah awalan video dengan menggunakan tools yang tersedia seperti teks yang akan menarik penonton. Dengan begitu, penonton reels Instagrammu akan tertarik sehingga views dan likesnya banyak.

2. Gunakan Sound yang Trending

Sama seperti media sosial TikTok, tips membuat video reels Instagram yang menarik adalah dengan menggunakan sound yang sedang viral atau trending. Reels Instagram memungkinkan kita menggunakan sound atau lagu untuk video yang akan kita unggah. Dikutip dari Eraspace, banyaknya sound ataupun musik tertentu yang ada pada interkasi penggunanya, maka algoritma Instagram akan mencatatnya untuk kemudian ditambahkan ke feed Reels yang berisikan video serupa. Dengan begitu, Reels Instagrammu akan muncul di page orang-orang dan akan meningkatkan views serta likes.

3. Transisi yang Halus

Tips membuat video yang ketiga agar membuat video lebih kreatif dan menarik, kita perlu menampilkan video dari berbagai angle karena jika hanya dari satu sisi tentu akan membuat penontonnya cepat bosan. Tips membuat video yang menarik adalah dengan menggabungkan beberapa video dari berbagai angle kamera ataupun melakukan sebuah transisi. Contoh transisi adalah mengedit video dengan memberikan transisi dari klip satu ke klip yang lainnya, dapat dengan menggunakan efek ataupun manual seperti tangan.

Video yang bagus dan menarik harus menggunakan teknik transisi yang halus. Yang dimaksud halus disini adalah tidak terlihat ganjal, enak dilihat oleh mata dan lebih baik lagi jika disesuaikan dengan beat lagunya. Dijamin penontonnya terpukau!

4. Pastikan Video Potrait & High Quality

Reels Instagram akan dilihat oleh orang-orang secara potrait. Hal ini membuat penonton mudah menontonnya dan tidak perlu memutar smartphone yang dimilikinya.

Kualitas video yang baik juga akan mempengaruhi ketertarikan audiens untuk menontonnya. Maka dari itu, sebaiknya video reels yang akan diunggah memiliki kualitas dan resolusi yang baik serta jelas.

5. Gunakan Tools Reels Lainnya

Tips membuat video reels yang terakhir adalah mengedit video dengan menggunakan tools yang ada. Reels Instagram memiliki banyak tools yang dapat digunakan untuk mengedit video yang akan di unggah. Contoh tools yang ada pada reels adalah efek atau filter, teks, speed, dan lagu. Gunakanlah tools tersebut untuk membuat videomu lebih menarik dan mendapat banyak views serta likes.

Selain menambah daya tarik, teks juga dapat memperjelas videomu jika melakukan voiceover ataupun petunjuk agar video lebih mudah dimengerti.

Baca juga : 7 Awesome Tips Konten Instagram Untuk Akun Bisnis Kamu!

Bila tools dari reels Instagram belum cukup untuk memaksimalkan videomu, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi gratis untuk mengedit videomu menuju next level.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top