fbpx

Dimasa yang serba digital ini banyak online bisnis yang memiliki kesempatan yang sangat besar, apalagi disaat pandemi seperti ini banyak bisnis-bisnis yang terkena dampak dan beralih menjadi online bisnis. Kalian yang baru terkena pemutusan hubungan kerja dan baru saja lulus pasti bingung harus mencari pekerjaan dimana? tapi jangan khawatir, kalian bisa mencoba untuk ber-online bisnis.

Inilah online bisnis yang sedang banyak diminati oleh banyak orang dan mungkin cocok untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan atau penghasilan tambahan :

1. Online Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu online bisnis yang tidak banyak mengeluarkan biaya karena hanya dengan bermodal smartphone dan kuota atau wifi. Cara kerjanya mudah, kalian hanya harus mencari supplier yang harganya murah lalu kalian bisa bertanya kepada supplier apakah bisa melakukan dropshipper di tokonya atau tidak. Cari sampai kalian menemukan harga dan supplier yang cocok untuk kalian. Lalu kalian membuat toko di e-commerce lain atau kalian bisa memasarkannya di akun sosial media kalian seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lain-lainnya.

2. Freelance

Freelance merupakan salah satu online bisnis yang menurut saya nyaman untuk dijalani dan bisa juga untuk sampingan kalian, jika kalian sudah mempunyai pekerjaan utama dan kalian ingin mencari pendapatan sampingan. Kalian hanya harus membuat akun disalah satu aplikasi yang berbasis freelance dan memasukan apa saja keahlian yang kalian bisa lakukan, seperti mengedit video, mendesain logo, atau membuat artikel. Kalian harus menanyakan dan berdiskusi dengan klien kalian tentang pembayaran dan permintaan klien kalian.

3. Tutor Online

Tutor online, jika kalian adalah lulusan universitas yang mempunyai dasar untuk mengajar mungkin kalian bisa mencoba membuka jasa tutor online. Dimasa pandemi seperti ini banyak orang tua yang kurang puas dengan nilai anak mereka yang menurun semenjak anak mereka belajar melalu daring. Kalian juga bisa melamar kedalam suatu perusahaan yang berbasis tutor online yang sudah mempunyai platfomrnya masing-masing

4. Membuka Online Store

Membuka toko online adalah salah satu bisnis yang sedang naik daun dalam beberapa tahun belakangan ini. Membuka toko online tidak hanya membeli barang lalu kalian jual lagi dengan harga kalian. Tapi jika kalian mempunyai keahlian untuk membuat sesuatu kalian bisa juga menjualnya secara online. Jadi jangan hanya terpaku dengan membeli dan menjual, kalian bisa juga membuat lalu menjualnya.

5. Menjual E-Book

Menjual e-book merupakan salah satu bisnis yang lumayan menguntungkan belakangan ini, karena sebagian orang sudah mencoba memulai untuk menulis buku buatan mereka sendiri. Cobalah untuk menulis buku walaupun hanya untuk mengisi waktu luang lalu, kalian berikan kepada teman kalian untuk mengetahui apakah buku yang kalian tulis itu menarik atau tidak. Karena jika buku yang kalian buat kurang menarik bagi teman-teman kalian itu merupakan keuntungan besar bagi kalian agar kalian bisa membenahi apa saja kekurangan yang ada didalam buku kalian jadi, jangan berpikiran negatif dulu jika buku kalian dibilang kurang menarik oleh teman kalian.

6. Blogger

Blogger adalah sebutan untuk orang yang membuat dan mengelola sebuah blog, dengan membagikan perspektif mereka kepada pembaca blog mereka secara online baik itu untuk tujuan pribadi ataupun bisnis. Jika kalian suka untuk membagikan perspektif kalian dan tidak tau ingin membagikannya kepada siapa, kalian bisa membuat blog dan menjadi blogger dengan gaya tulisan kalian. Mungkin masih ada yang berpikir jika menjadi blogger tidak berpenghasilan, karena banyak tokoh-tokoh yang sudah sukses berawal mempunyai blog mereka sendiri.

7. Youtuber

Youtube adalah salah satu platform yang sering dipakai berbagai kalangan dari anak muda sampai orang tua sekalipun. Kalian bisa membuat channel Youtube berbagai genre sesuai dengan target penonton kalian, hanya dengan bermodal kamera smartphone dan kuota kalian sudah bisa membuat channel milik kalian sendiri tetapi, kalian harus mempelajari bagaimana sistem Youtube ini berjalan karena Youtube memiliki algoritmanya sendiri yang lumayan sulit untuk dipahami bagi sebagian orang. Jika kalian adalah kalangan yang sulit untuk mengerti tentang sistem dan algoritma youtube maka kalian bisa bereksperimen dengan mencoba membuat video yang kalian sukai, jika sedikit yang menonton kalian bisa memperbaikinya dengan perlahan-lahan.

8. Bergabung Kedalam Agensi Online Bisnis Digital

Agensi bisnis digital adalah layanan jasa yang membantu bisnis kalian hadir secara online agar lebih diketahui oleh banyak orang. Jasa-jasa yang ditawarkan kepada klien biasanya berkecimpung dalam penyediaan jasa seperti pengembangan web, pengembangan aplikasi smartphone, mendesain logo, sosial media marketing, mengoptimalkan SEO, sampai menyediakan pengisi suara untuk bisnis online kalian. Bootsol adalah salah satu agensi bisnis digital yang menyediakan semua layanan tersebut, untuk informasi lebih lanjutnya bisa kunjungi kolom Contact Us.

Apakah ada yang menarik minat kalian? Jika ya maka mulailah dari sekarang. Kalian bisa mencari dulu apa yang menarik minat kalian dan mencoba menekuninya terlebih dahulu. Mungkin saja itu adalah yang selama ini kalian cari selama ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top