fbpx

Tren pemasaran di tahun 2021 ini banyak di warnai oleh inovasi baru, salah satunya teknik pemasaran digital. Teknik pemasaran digital ini merupakan strategi pemasaran yang sedang naik daun dan banyak diminati banyak orang. Salah satu media pemasarannya yaitu melalui social media atau dikenal dengan social media marketing.

Social media marketing, merupakan teknik pemasaran digital melalui social media, baik itu instagram, faceboo, tiktok, bahkan twitter. Kenapa tren pemasaran ini begitu populer? Jawabannya karena tidak butuh banyak uang untuk melakukannya, hanya dengan social media produk atau layanan kamu bisa dengan muda dilihat orang banyak.

Tren pemasaran ini juga membutuhkan beberapa keahlian seperti teknik copywriting, analisa tren sosial media, dan konten kreatif. Salah satu profesi yang melalukan pekerjaan semacam ini disebut social media sepecialist.

Seorang social media specialist memiliki job desk, seperti pembuatan konten kreatif yang bertujuan untuk mendatangkan perminatan, dan meningkatkan awarness kepada calon pelanggan.

Teknik social media marketing ini tidak hanya di lakukan asal-asalan juga, melainkan ada beberap langkah yang bisa membuat uang datang kepada kita melalui konten yang di update di social media.

3 Langkah Social Media Marketing

Social Media Marketing, Strategi Digital Marketing di Tahun 2021
Picture from unsplash.com by @timothyhalesbennett

Faktanya hampir semua orang memiliki social media. Berdasarkan data dari databoks.katadata.co.id penggunaan sosial media meingkat 13,2% dengan jumlah pemakai mencapai 4,2 milliar orang. Dari fakta ini bisa ditarik kesimpulan kalau social media marketing merupakan salah satu teknik jitu dalam melakukan pemasaran digital melalui sosial media. Berikut ini strategi pemasaran digital social media marketing, antara lain:

1. Tentukan Platform Social Media

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik guna menarik pelanggan tertentu, ada strategi social media marketing salah satunya kamu harus menentukan platform yang mana yang ingin kamu gunakan. Misalnya instgaram, kamu memiliki usaha jual pakaian anak muda dan sudah positif memilih instagram sebagai sarana social media marketing kamu, maka facebook merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan pemasaran ini, karena faktanya kebanyakan anak muda berusia 18-25 tahun aktif di platform instagram.

Salah satu teknik social media marketing yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara membuat konten kreatif dan caption yang persuasif yang baik untuk menarik minat orang-orang membeli produk pakaian kamu.

Baca juga: Super Amusing! Inilah Top 5 Media Sosial Terpopuler di Dunia

2. Riset Kompetitor

Tidak ada cara yang efektif selain melakukan riset. Dalam strategi social media marketing kamu perlu untuk melakukan riset kompetitor, adapun aspek yang bisa kamu lakukan dalam riset kompetitor adalah:

  • Penggunaan caption
  • Konsep layanan yang di tawarkan
  • konten yang di publikasi

Dari tiga poin diatas sudah cukup untuk kamu analisa bakal kompetitor kamu nantinya. Hal ini bisa kamu analisis lebih dalam seperti apa yang kurang dari kompetitor dan yang harus kamu tambahkan dalam produk kamu yang nantinya tidak memiliki kesalahan yang sama dengan kompetitor.

3. Buat Konten Relevan dan Menarik

Langkah berikutnya adalah konten yang relevan, dengan konten yang relevan mengenai apa yang kamu tawarkan maka kamu telah melakukan langkah yang benar dalam social media marketing, karena salah satu ujung tombak teknik ini adalah konten yang di update dengan baik dan tentunya relevan.

Dalam membuat konten di sosial media, kamu tidak dibenarkan untuk memposting asl-asalan, ada tekniknya yaitu caption yang persuasif, konten yang memanjakan mata, dan terus konsisten untuk selalu uptade agar tercipatanya brand awarness pada calon pelanggan kamu.

4. Menggunakan Ads

Cara yang terakhir ini cukup mempuni karena dengan menggunakan Social media ads kamu bisa menargetkan calon pelanggan lebih tepat, dan menjangkau pelanggan hingga global.

Teknik penggunaan ads ini bisa kamu lakukan di tiap-tiap social media. Contohnya seperti instagram yang memiliki instagram ads, dan facebook memiliki facebooks ads. Namun, teknik social media marketing ini berbayar, dan kamu perlu melakukan pembayaran untuk mengkampanyekan iklanmu di sosial media.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top