fbpx

Sebagai pemilik usaha kecil, kamu mungkin akan berpikir bahwa adanya sebuah “merek” merupakan sesuatu yang tidak diharuskan dalam tahapan awal. Tetapi kenyataannya adalah baik dalam sebuah bisnis besar maupun kecil, hal ini merupakan suatu penunjang terbesar dalam kelangsungan bisnismu kedepannya. Jadi, mulai sekarang kamu perlu memikirkan bagaimana strategi branding bisnismu.

Suatu bisnis yang sudah besar tentu memiliki anggaran yang lebih besar pula untuk keperluan brandingnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebagai seorang pemilik bisnis pemula, kamu juga bisa untuk membangun strategi branding yang efektif dari awal. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu bisnismu menonjol, menarik perhatian pelanggan, dan membuat sebuah “merek” yang berkesan tanpa harus menghabiskan anggaran yang gede.

Sebelum kita menuju pada pembahasan utama, ada baiknya kita mengetahui dulu seberapa pentingnya branding untuk sebuah bisnis.

Simak penjelasan dibawah ini.

Pentingnya Suatu Branding Bagi Bisnis

Pentingnya suatu branding bagi sebuah bisnis

Membentuk sebuah citra pada bisnis sebenarnya lebih penting daripada yang mungkin kamu pikirkan. Terlepas dari sebuah branding yang banyak dikaitkan hanya dengan beberapa elemen seperti logo dan warna, tetapi nyatanya suatu “merek” merupakan pilar dari seluruh identitas bisnis kamu. Jadi singkatnya, sebuah branding dapat menunjukkan kepribadian dan tujuan bisnis seseorang.

Lalu, apa saja ya alasan membangun suatu branding itu penting bagi bisnis?

Lebih Banyak Orang yang Akan Mengenali Bisnis Kamu

Salah satu alasan paling jelas mengapa bisnis membutuhkan branding adalah untuk membantu kehadiran bisnis tersebut menjadi lebih sering dikenali banyak orang. Jika kamu memiliki branding yang kuat untuk bisnis mu sendiri, maka orang secara alami akan lebih memperhatikannya dibanding dengan melihat suatu bisnis lain yang belum diketahui kepastian mengenai citra nya. Bisnis yang tidak benar-benar memiliki branding yang kohesif tidak akan bertahan lama di benak seseorang. Jadi suatu pembentukan citra untuk bisnis sangatlah penting.

Dapat Membantu Membangun Kepercayaan

Kepercayaan dari audiens dan pelanggan bisnis kamu adalah salah satu alasan pentingnya suatu branding yang baik. Tetapi hal ini tidak selalu mudah diperoleh karena pesatnya persaingan antar bisnis yang menjadikan para pemilik usaha tersebut kehilangan elemen kunci branding mereka dimana itu akan semakin sulit membuat orang mempercayai keberadaan mereka. Oleh karena itu pada saat membangun suatu branding, kamu selaku pemilik usaha harus bisa memiliki inovasi disetiap elemen-elemen pendukung.

Pada dasarnya, branding adalah sesuatu yang sangat penting untuk menunjang bisnis seseorang dalam industri apapun. Sehingga jika ada suatu bisnis yang tidak membangun brandingnya, maka sangat kecil kemungkinan untuk mendapat kepercayaan dari target pasar yang lebih luas.

Dapat Menciptakan Pelanggan yang Loyal

Tentu memiliki pelanggan yang loyal merupakan harapan bagi semua pemilik usaha, bukan? dimana mereka bukan hanya mengetahui brand bisnis mu, tetapi juga akan selalu membeli dan menggunakan produk/jasa tersebut.

Dengan adanya branding yang baik, kamu bisa memberikan citra yang baik pula kepada pelanggan bisnis mu. Dalam hal ini, kamu dapat menarik emosi orang melalui branding tersebut dan membuat mereka merasa lebih terhubung dengan perusahaan/bisnismu. Faktor ini memungkinkan para pemilik usaha membangun hubungan dengan para audiensnya, yang pada akhirnya dapat mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Kamu dapat membuat sebuah strategi branding yang benar-benar bisa menarik perhatian banyak orang serta tetap menempatkan diri kamu sebagai pemilik usaha dan juga seseorang yang dapat mewakili suara dan kemauan audiens-mu.

5 Strategi Branding Super Helpful untuk Bisnis Kecil

Semakin cepat kamu mulai mengembangkan strategi branding yang komprehensif dengan menunjukkan identitas yang kuat, semakin cepat bisnis kamu akan menuai banyak manfaat dan keuntungan.

Dibawah ini adalah strategi yang bisa kamu coba untuk memulai mengembangkan suatu citra dan identitas bisnis kecil mu tanpa mengeluarkan anggaran yang besar, namun tetap berpengaruh bagi perkembangan bisnis.

Menciptakan Sebuah “Branding” yang Autentik

Ilustrasi saat menentukan strategi branding

Karena pentingnya suatu branding untuk bisnis, baik bagi yang baru memulai atau yang sedang mengembangkan bisnis yang sudah ada, investasi branding terpenting yang dapat kamu lakukan ini tidaklah memerlukan biaya sepeser pun. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah waktu serta pemikiran ide dan inovasi kamu untuk berinvestasi dalam menciptakan dan mendefinisikan sebuah merek yang benar-benar menggambarkan usaha kamu tersebut.

Dengan menciptakan sebuah merek yang autentik, berarti suatu bisnis sudah benar-benar bisa mengambil perhatian para audiensnya (baik berupa kepercayaan dan juga loyalitas mereka) dimana branding tersebut tetap bisa dipertahankan dengan sendirinya (diikuti usaha selanjutnya) karena adanya konsumen yang telah suatu bisnis miliki. Pemilihan branding yang autentik ini akan datang secara alami karena para audiens dan target pasarmu akan termotivasi oleh nilai-nilai dan identitas bisnismu yang digambarkan secara nyata oleh keberadaan “merek” tersebut. Jadi untuk menciptakan “merek” autentik, kamu harus meluangkan waktu untuk memikirkan hal-hal seperti:

  1. Apa yang membuat bisnismu ini unik dan berbeda dengan kompetitor lainnya
  2. Apa yang membuat produk/layanan dari bisnismu ini menarik untuk dicoba
  3. Sifat dan nilai kepribadian apa yang benar menggambarkan suatu tujuan bisnismu?

Dikarenakan langkah awal ini merupakan hal yang GRATIS (dimana kamu mungkin tidak perlu mengeluarkan anggaran), maka kamu harus benar-benar memanfaatkan langkah ini sebagai awal dari gambaran branding bisnismu.

Menciptakan Nama Merek Bisnis yang Kuat dan Mudah Diingat

Pentingnya suatu branding untuk menarik perhatian audiens

Strategi branding yang kedua ialah menciptakan nama untuk bisnismu. Suatu nama bisnis adalah perwakilan paling mendasar dari merek usahamu. Meskipun tidak mungkin untuk mengontrol keseluruhan citra suatu brand (dimana brand tersebut sepenuhnya merupakan persepsi publik yang awalnya juga sebuah pilihan yang telah pemilik bisnis tetapkan), namun kamu tetap bisa mengendalikan bagaimana nama bisnismu akan diciptakan.

Berikut adalah hal-hal yang menjadi alasan mengapa kamu selaku pemilik usaha harus menciptakan nama yang kuat untuk brand bisnismu, antara lain yaitu:

  1. Orang-orang akan mengidentifikasi dan mengingat bisnismu melalui nama brand tersebut
  2. Mereka akan mencari bisnismu secara online berdasarkan namanya
  3. Mereka akan merekomendasikan atau menyebarluaskan mengenai bisnismu kepada orang lain dengan menyebutkan nama brandnya

Jadi pada intinya, penentuan nama “merek” dalam sebuah bisnis merupakan faktor terpenting dalam membangun strategi branding untuk keberlangsungan bisnis seseorang.

Membangun Sebuah Merek Visual yang Unik

Contoh dari sebuah visual branding lengkap dengan elemen logo serta pemilihan warna

Manusia adalah makhluk visual. Dimana sebagian besar dari kita mengandalkan mata kita untuk menavigasi dunia dan hidup kita. Jadi, setiap bisnis diuntungkan ketika mampu menghadirkan merek visual yang dapat dikenali dan diidentifikasi oleh banyak orang.

Faktanya, jika kamu sedang memulai bisnis atau sedang mengerjakan rencana bisnis, maka dalam hal ini calon investor dan pemberi pinjaman akan mengevaluasi kekuatan merek visual bisnismu saat ingin memutuskan apakah melakukan suatu investasi dalam brandmu akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak atau tidak. Faktor visual yang sangat mendukung langkah ini adalah dengan adanya sebuah logo serta pemilihan warna dan ilustrasi yang sangat menggambarkan bisnismu.

Baca juga: Super Interesting! 5 Arti Warna Logo Berdasarkan Psikologi Warnanya

Menciptakan Sebuah Platform Online untuk Bisnismu

Contoh suatu bisnis furniture yang memiliki sebuah situs web

Strategi branding yang satu ini tentu sangat dibutuhkan di era digital sekarang. Pada strategi ini, tentu kamu selaku pebisnis harus mengeluarkan sebuah anggaran untuk membangun sebuah platform online, baik sebuah website ataupun media sosial lainnya.

Sebuah situs web bukan hanya mewakilkan identitas utama suatu merek bisnis, namun juga merupakan alat penjualan dan pemasaran yang fungsional. Jadi, dengan adanya situs web ini merupakan investasi berbayar yang nantinya akan mengembangkan bisnismu kedepannya.

Setiap situs web bisnis harus cepat dimuat dan mudah dinavigasi demi menunjang pentingnya suatu branding. Situs web ini juga yang memperkenalkan identitas suatu merek, dimana harus bisa membantu orang mengenal bisnismu, memberikan arahan mengenai produk/jasa apa yang ditawarkan, serta untuk meyakinkan para pengunjung web tersebut bahwa mereka telah menemukan bisnis yang mereka cari.

Baca juga: Lengkapi Bisnis Kamu dengan 3 Penawaran Exclusive Web Development dari Bootsol!

Membangun Slogan Merek Bisnis yang Unik

Contoh proses penentuan sebuah slogan

Seperti yang kita ketahui, brand-brand besar seperti McDonalds tidak hanya berkomunikasi dengan adanya grafik. Mereka juga berkomunikasi melalui sebuah teks dan kata-kata yang ditujukan untuk para audiensnya untuk memperkenalkan bisnisnya.

Dan, kata-kata yang kamu pilih harus selaras dengan kepribadian dan nilai-nilai yang ditanamkan brand bisnismu. Pentingnya suatu branding dalam hal pembuatan slogan ini akan menciptakan kesan bahwa bisnis kamu memiliki identitas yang konsisten.

Jadi, setiap salinan situs web, postingan media sosial, pesan email, desain kemasan (jika ada), dan bahasa disetiap kata-kata untuk menarik perhatian pelanggan semuanya harus terdengar seperti berasal dari “orang” yang sama. Yaitu BRAND bisnismu.

Tentukan beberapa kata sifat dan rangkai menjadi sebuah kata-kata untuk menggambarkan sebuah “suara” dari merek kamu. Dengan menentukan dan membangun sebuah slogan yang menarik, unik, serta mudah untuk dimengerti oleh audiens merupakan faktor pendukung lainnya yang tidak kalah penting dalam strategi branding ini.

Nah, setelah mengetahui beberapa strategi dan pentingnya suatu branding untuk membangun serta meningkatkan suatu bisnis kecil, diharapkan bisa kamu jadikan peluang awal dalam memulai kesuksesan bisnismu tersebut. Dan, tentu harus tetap berusaha serta berinovasi untuk langkah berikutnya.

Selamat mencoba!

1 thought on “Super Helpful! 5 Strategi Branding untuk Bisnis Kecil yang Mudah Diterapkan”

  1. Pingback: IMPORTANT ECOMMERCE: 3 HAL PENTING YANG HARUS TAHU

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top