fbpx

Muncul dan berkembangnya bisnis makanan saat ini tentu membutuhkan yang disebut pemasaran. Strategi pemasaran produk makanan yang efektif pastinya membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk kepada konsumen. Selain itu, pemasaran yang tepat akan membuat masyarakat lebih sadar terhadap suatu merek.

Strategi untuk melakukan pemasaran memang sebenarnya harus telah dipikirkan bagi semua pebisnis agar produknya memiliki nilai tambah. Strategi pemasaran yang tepat nantinya akan berdampak positif bagi persaingan karena masyarakat dapat melihat dan menilai secara langsung suatu produk yang ditawarkan. Suatu produk atau merek pastinya memiliki keunggulannya masing-masing yang membuat produk tersebut unik.

Melakukan strategi pemasaran pada dasarnya pebisnis harus mengetahui apa saja keinginan konsumen sehingga Anda dapat mengetahui secara persis apa yang konsumen harapkan. Selain itu, dilakukan pula evaluasi berkala apakah produk yang telah dibuat sesuai dengan harapan dan keinginan konsumen atau tidak. Hal ini tentunya akan membuat pebisnis lebih mudah untuk mendapatkan inovasi produk bagi konsumennya,

Nah, pastinya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pentingnya melakukan strategi penjualan terhadap produk yang Anda punya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pentingnya Strategi Pemasaran

Ilustrasi strategi pemasaran
Ilustrasi strategi pemasaran

Pastinya jika Anda membuka suatu bisnis menginginkan produknya dikenal masyarakat luas dan memiliki pelanggan yang setia. Untuk mencapai hal tersebut, tentu harus dilakukan pemasaran dengan mengedepankan berbagai strategi agar merek dan produk Anda tidak kalah saing dengan kompetitor. Namun, masih banyak pebisnis yang masih abai terhadap strategi-strategi penjualan tersebut sehingga pada akhirnya bisnisnya lamban untuk berkembang.

Dikutip dari Kumparan, pentingnya strategi pemasaran yang pertama yaitu untuk mengkomunikasikan produk Anda kepada konsumen agar diketahui kelebihannya, fiturnya, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena jika masyarakat tidak mengetahui produk bahkan merek Anda, maka penjualannya pun akan sulit. Begitu sebaliknya, jika masyarakat telah mengenal dan mengetahui kelebihan serta fitur dari produk Anda, maka penjualan akan meningkat.

Kedua, melakukan strategi pemasaran yang efektif memungkinkan Anda mengetahui posisi produk dan merek Anda dengan kompetitor. Hal ini penting untuk melakukan strategi harga dan strategi promosi agar biaya yang dikeluarkan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, alasan ketiga mengapa strategi pemasaran perlu dilakukan yaitu untuk memahami keinginan konsumen. Tentunya Anda menjual produk yang nantinya akan dibeli oleh para konsumen, namun jika produk tersebut tidak dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat akan menjadi masalah. Oleh karena itu, dengan melakukan beberapa strategi penjualan seorang pebisnis akan lebih mudah memahami keinginan dan kebutuhan konsumen.

Keempat, melakukan strategi pemasaran penting untuk membangun sebuah merek. Kesadaran merek dari konsumen sangat penting karena konsmen cenderung lebih memilih merek yang mereka sudah ketahui. Mereka tidak mau lagi repot-repot untuk menelusuri asal muasal sebuah merek dan mengetahui kelebihan serta kekurangannya.

Kelima, salah satu hal yang terpenting mengapa Anda perlu melakukan strategi penjualan yaitu untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Pada dasarnya mempertahankan pelanggan lebih mudah dilakukan dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu, degan melakukan taktik pemasaran yang tepat akan membuat konsumen Anda setia kepada merek dan produk Anda.

6 Strategi Pemasaran Produk Makanan

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya melakukan strategi dalam pemasaran, saatnya kita bahas apa saja cara kita memasarkan produk jenis makanan agar konsumen tertarik. Memang saat ini banyak sekali pebisnis membuka usaha di bidang makanan dan minuman yang memiliki pasar sangat luas. Hal ini didasari oleh kebutuhan primer manusia yaitu mendapatkan makanan dan minuman.

Namun, jika Anda tidak melakukan strategi pemasaran yang benar, biaya yang Anda keluarkan untuk promosi dan kegiatan lainnya tidak cukup optimal. Padahal banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh setiap pebisnis agar mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal dari cara pemasaran yang tepat. Apa saja strategi pemasaran yang perlu diperhatikan dalam menjual produk makanan? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Super Helpful! 5 Strategi Branding untuk Bisnis Kecil yang Mudah Diterapkan

1. Berikan Tampilan Foto Produk yang Menarik

Salah satu strategi pemasaran produk makanan yang paling penting
Salah satu strategi pemasaran produk makanan yang paling penting

Dilansir dari Harmony, membuat tampilan foto produk menjadi hal yang penting untuk menarik orang membeli produk yang Anda jual. Foto produk yang menarik seakan-akan meghipnotis konsumen untuk segera membelinya apalagi ditambah dengan teknik copywriting yang atraktif. Tentu konsumen akan menilai produk Anda baik meskipun belum pernah membeli atau mengetahui kualitas produk secara langsung.

Jika Anda memiliki keterbatasan dalam ilmu fotografi, Anda dapat meminta bantuan atau mencari jasa fotografi untuk produk Anda. Hal ini nantinya menjadi strategi branding yang sangat efektif karena dapat menarik orang banyak untuk melihat dan membeli produk yang Anda jual. Foto produk yang menarik akan membuat produk Anda terlihat berbeda dan fresh jika dibandingkan dengan merek-merek lainnya.

2. Gunakan Kemasan Produk yang Atraktif

Kemasan produk yang atraktif
Kemasan produk yang atraktif

Strategi pemasaran produk makanan yang kedua ini tidak kalah penting dengan poin pertama. Visualisasi ini menjadi sesuatu yang vital karena sebagian besar konsumen menilai kemasan produk makanan yang menentukan apakan patut dibeli atau tidak. Bisa saja produk makanan yang Anda jual memiliki cita rasa yang lezat namun jika tidak diiringi dengan kemasan produk yang menarik akan membuat konsumen tidak membeli kedua kalinya.

Memilih dan menentukan warna pada kemasan produk makanan juga harus sangat diperhatikan. Saat ini banyak sekali produk makanan yang menggunakan kemasan dengan warna yang cerah agar menarik perhatian kalangan muda. Namun, juga terdapat produk makanan yang berbeda lainnya dengan target-target konsumen tertentu.

3. Gunakan Pemasaran Media Sosial

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Salah satu strategi pemasaran yang saat ini sedang digemari oleh hampir semua pebisnis adalah memasarkan produknya di media sosial. Mengapa media sosial? Karena di media sosial banyak sekali calon konsumen yang siap melihat bahkan membeli produk Anda. Media sosial memiliki jumlah pengguna yang sangat besar khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, hal ini sangat baik jika Anda memanfaatkannya secara maksimal.

Melalui media sosial seperti Instagram dan FB Anda akan lebih mudah menentukan target konsumen Anda. Selain itu, strategi branding ini mempermudah Anda untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen Anda. Jadi, Anda akan mendapatkan umpan balik secara real-time jika konsumen Anda menilai ada yang kurang atau sudah baik dari merek Anda.

4. Melakukan Endorse

Endorsement
Endorsement (Sumber: Kapanlagi Plus)

Melakukan endorse merupakan strategi branding yang sudah cukup banyak digunakan di kalangan media sosial. Menurut Hubster, endorse merupakan salah satu strategi pemasaran yang memungkinkan produk Anda dipromosikan oleh seorang influencer yang biasanya memiliki jumlah pengikut dan impresi yang besar.

Namun, Anda perlu memilih influencer yang tepat dan sesuai denga produk makanan yang Anda jual. Contohnya, jika Anda menjual produk makanan kue, maka yang perlu Anda cari adalah seorang influencer yang terbiasa mereview produk makanan. Jika memungkinkan, produk yang Anda promosikan sesuai dengan kesukaan influecer tersebut.

5. Promosi yang Memikat Konsumen

Strategi promosi
Strategi promosi

Membuat promosi yang menarik memang sudah hal yang wajib dilakukan bagi setiap pebisnis. Hal ini tentu dapat mendatangkan calon konsumen denga berbagai tawaran yang menarik. Melaukan promosi merupakan strategi pemasaran agar barang atau produk yang Anda jual tidak banyak menumpuk.

Dalam melakukan promosi ini, Anda juga harus paham bagaimana cara melakukan penawaran yang baik dan sesuai dengan nilai produk makanan yang Anda jual. Sebagai contoh, Anda dapat menuliskan promo seperti “beli 2 gratis 1”, “diskon 50% di hari Sabtu”, dan lain sebagainya. Intinya, strategi pemasaran yang satu ini menitikberatkan pada lalu lintas konsumen agar sadar dengan merek dan produk yang Anda jual selain menghabiskan stok barang.

6. Buat Website Bisnis

Website bisnis
Website bisnis

Strategi pemasaran produk makanan yang terakhir yaitu dengan membuat website khusus bisnis makanan Anda. Cara ini tergolong jarang digunakan bagi pebisnis yang masuk dalam bidang makanan dan minuman. Padahal, dengan membuat website bisnis pribadi menandakan merek dan produk yang Anda jual terkesan high quality serta memiliki pelayanan yang baik.

Website pribadi untuk bisnis membuat kostumer lebih percaya terhadap produk Anda. Merek Anda lebih dipandang profesional dan serius karena memiliki website khusus bisnis. Meskipun demikian, banyak pebisnis yang belum memiliki website khusus bisnis makanannya.

Bootsol menyediakan jasa pembuatan website bisnis dengan tim yang profesional. Terdapat tiga varian Silver, Gold, dan Platinum yang siap membuat bisnis makanan Anda menjadi satu level di atas kompetitor. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi tim Botosol sekarang juga!

Itulah 6 strategi pemasaran produk makanan yang dapat Anda jalankan untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Kalian juga sudah tahu kan pentingnya pebisnis melakukan strategi pemasaran yang efektif. Jika Anda membutuhkan jasa pembuata website bisnis, segera hubungi kami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top