fbpx

Bagi kamu seorang pemilik bisnis cerdas tentu ada sebuah target dan strategi bisnis yang harus selalu berjalan dan berkembang dari waktu ke waktu demi keberhasilan usaha mu, bukan? Apalagi dimasa sekarang ini, banyak para pengusaha yang akhirnya gelar tikar karena tidak sanggup mengikuti alur bisnis yang ada pada saat pandemi. Namun, tentu ada harapan bagi mereka semua agar di tahun 2022 yang akan segera datang ini, bisnis mereka akan berjalan normal dan sukses kembali dengan didukung oleh strategi dan langkah baru yang lebih kuat yang dirancang untuk membantu menaikan lebih banyak prospek, penjualan, serta keterlibatan para pelanggan.

Berbagai evolusi dalam bidang teknologi, model bisnis, dan cara orang berinteraksi dengan suatu brand telah menyebabkan beberapa perubahan revolusioner dalam cara bisnis yang melibatkan para audiens mereka. Terlepas dari semua opsi baru dan beberapa hal penunjang lainnya, namun banyak pemilik bisnis dan pemasar yang masih berjuang untuk menemukan rencana komprehensif yang dapat mencapai keberhasilan usaha mereka.

Terlebih lagi, penting untuk membangun suatu budaya dalam perusahaan kamu dan nilai-nilai yang dapat ditunjukkan kepada pelanggan demi menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan.

Berikut adalah strategi bisnis cerdas yang perlu kamu pahami dan terapkan di tahun 2022 nanti.

Terapkan Strategi Bisnis-mu dengan Konsep “SMART”

Strategi untuk Bisnis Cerdas

Di akhir 2021 ini saatnya untuk mengevaluasi kembali tujuan jangka menengah dan panjang bisnis kamu. Untuk memulai nya, maka perlu mengumpulkan semua laporan dari berbagai departemen yang ada pada perusahaan/bisnis kamu, termasuk keuangan, penjualan, pemasaran, SDM, operasional, TI, dan banyak lagi. Hal ini dimaksudkan sebagai referensi kalian kedepannya dengan tujuan untuk membandingkan kinerja-kinerja sebelumnya serta untuk mengikuti suatu tren yang sedang atau diperkirakan akan marak di kemudian hari.

Perlu diingat pula bahwa dunia bisnis modern terus berkembang, maka dari itu kemungkinan untuk tetap mengandalkan strategi bisnis yang sudah ada akan menghambat kemajuan suatu usaha kalian. Jadi, untuk tetap memajukan suatu usaha diperlukan sebuah strategi baru sehingga tidak ketinggalan dengan hal apapun yang sedang terjadi saat ini. Salah satu strategi yang wajib kalian pahami yaitu dengan menerapkan konsep “SMART”.

Strategi SMART adalah kependekan dari 5 elemen yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timely. Strategi ini digunakan untuk memandu penetapan sebuah tujuan pada suatu bisnis seseorang. Oleh karena itu, peran dari strategi SMART ini untuk menggabungkan semua 5 kriteria tersebut agar dapat membantu memfokuskan upaya para pemilik usaha serta meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan dari usahanya.

Tujuan Strategi SMART

kelima elemen dalam strategi SMART memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, yaitu:

  • Specific (Spesifik) = Didefinisikan dengan baik, jelas, dan tidak ambigu. Maksudnya adalah dengan adanya sebuah tujuan yang spesifik, maka akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dicapai.
  • Measurable (Terukur) = Dengan kriteria khusus yang mengukur kemajuan bisnis kamu untuk menuju pencapaian maksimal. Tujuan dari elemen bisnis cerdas yang satu ini dimaksudkan agar pengusaha memiliki kriteria untuk mengukur kemajuannya. Dengan kata lain, jika suatu usaha bisnis tidak mempunyai kriteria, maka tidak akan dapat menentukan cara bagaimana agar usaha kalian dapat terus maju dengan adanya sebuah tujuan yang ingin dicapai.
  • Achievable (Dapat Dicapai) = Tujuan elemen SMART satu ini maksudnya adalah suatu strategi harus dapat dicapai dan akan tercapai. Indikator ni akan membantu kamu menemukan cara untuk mewujudkan tujuan itu dan bekerja ke arah itu. Pencapaian tujuan harus diperluas untuk membuat kamu merasa tertantang, tetapi didefinisikan dengan cukup baik sehingga setiap pemilik usaha akan benar-benar dapat mencapainya.
  • Realistic (Realistis) = Dalam jangkauan, realistis, dan relevan dengan tujuan bisnis. Pada indikator ini, maka kamu harus realistis karena tujuan dapat dicapai secara nyata dengan sumber daya dan waktu yang tersedia. Seluruh sasaran dari strategi cerdas ini kemungkinan besar akan bersifat nyata jika kamu selaku pemilik usaha yakin bahwa itu dapat dicapai pula.
  • Timely (Tepat waktu) = Dengan garis waktu yang jelas, termasuk tanggal mulai dan tanggal target. Tujuannya adalah untuk menciptakan urgensi, dimana sasaran strategi bisnis cerdas ini harus terikat waktu karena memiliki tanggal mulai dan selesai. Jika tujuannya tidak dibatasi waktu, tidak akan ada rasa urgensi yang menyebabkan kamu kurang motivasi untuk mencapai sebuah tujuan yang sukses.

Atur Strategi Pemasaran yang Kuat

Strategi Bisnis yang Inovatif dan Modern Dapat dengan Cepat Membangun Bisnis Cerdas 2022

Pemasaran digital tentu akan selalu berubah seiring dengan tren pencarian dan periklanan terbaru, itulah sebabnya tujuan kamu saat ini adalah untuk menyelaraskan upaya pemasaran bisnis-mu dengan prakiraan dan peluang yang akan terjadi di 2022. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa dunia digital yang semakin modern ini memaksa para semua pemilik usaha dalam segala bidang harus berani mengatur dan memulai strategi bisnis nya yang lebih baik sehingga menghasilkan suatu bisnis cerdas dan dapat memperluas target pasar juga.

Seperti yang sudah umum, ada beberapa taktik pemasaran digital yang perlu kamu miliki dan terapkan dalam strategi usahamu. Faktor ini termasuk pemasaran konten dan memproduksi konten yang berbasis SEO untuk menaikan visibilitas suatu brand, atau bahkan kamu juga dapat menggunakan layanan iklan berbayar di Google dan media sosial untuk menghasilkan prospek dan akuisisi pelanggan yang lebih luas.

Tidak ketinggalan, kamu juga harus tetap mengedepankan loyalitas dengan terus membangun hubungan sosial yang baik dengan para pelanggan bisnis kamu seperti mengapresiasi dengan memberikan promosi kepada calon pelanggan atau dengan mengikut sertakan mereka dalam beberapa kontribusi dengan tujuan untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan tersebut sehingga kamu selaku pemilik usaha dapat langsung mempertimbangkan evaluasi atau masukan yang ada agar kredibilitas brand kamu pun semakin bernilai baik di mata audiens.

Baca juga: Important 6 Hal Penting Brand Value bagi Bisnis Anda!

Terapkan Teknologi “CLOUD” untuk Mencapai Keuntungan

Strategi Cloud Computing (sumber: GCN)

Lagi dan lagi, kemajuan teknologi digital kini sedang mengambil alih strategi bisnis. Jadi jika kamu belum melakukannya, mungkin di tahun 2022 inilah saatnya semua pengusaha/pemilik bisnis untuk mempertimbangkan proses migrasi bisnisnya ke dalam Strategi Cloud. Strategi bisnis ini mengandalkan sebuah cloud computing dan cocok diterapkan pada usaha kecil dan menengah dimana pada usaha tersebut mungkin masih memiliki keterbatasan pada modal, sumber daya manusia, serta akses untuk mengatur target pasar. Jadi, dengan adanya teknologi “Cloud” ini dapat membantu mereka agar tetap bisa memasarkan usahanya agar dapat menjadikan suatu bisnis cerdas.

Faktor utama yang menjadikan teknologi cloud ini banyak diminati ialah karena dapat diskalakan dan dapat diakses oleh semua jenis bisnis, dan para pemilik bisnis pun dapat membangun dan mengembangkan layanan cloud-nya kepada tim ahli yang dapat menjalankan infrastruktur cloud untuk kamu. Tim cloud IT yang baik dapat menyelaraskan infrastruktur cloud dengan setiap kebutuhan bisnis seseorang serta kebutuhan pelanggannya untuk memberikan produk dan layanan terbaik.

Tujuan Strategi CLOUD

adapun tujuan-tujuan dari strategi ini yang dapat menjadi acuan bagi para pemilik usaha, yaitu:

  • Mengidentifikasi manfaat utama terkait dengan konsumsi layanan cloud yang berlaku untuk organisasi bisnis mu.
  • Menentukan layanan mana yang akan dibangun secara internal dan layanan mana yang akan digunakan dari mitra penyedia cloud publik
  • Mengidentifikasi kemitraan yang dimiliki bisnis kamu (atau sedang dikembangkan) dengan penyedia cloud publik untuk layanan tersebut (penyedia layanan yang disetujui).
  • Menentukan bagaimana usaha kamu akan memberikan kebijakan dan tata kelola yang konsisten di seluruh layanan dan lingkungan yang berbeda, serta lapisan konsumsi dan manajemen yang konsisten.

Atur Ruang Kerja dengan Baik dan Tertata

Website untuk Bisnis Kamu
Workspace ala Rumahan

Dimasa pandemi saat ini, tentu banyak perusahaan dan suatu bisnis yang lebih memilih untuk bekerja dengan sistem remote atau work from home. Meskipun begitu, kamu dan anggota tim perlu mengatur ruang kerja di rumah dengan baik dan senyaman mungkin agar tetap mendapatkan produktivitas yang maksimum. Karena dengan adanya ruang lingkup kerja yang nyaman dapat menaikkan semangat dan motivasi agar tetap fokus kepada suatu pekerjaan.

Membangun Budaya/Kebiasaan Bisnis yang Lebih Baik

Bangun Relasi yang Lebih Baik dalam Tim Bisnis

Di tahun 2022, pasti kamu selaku pemilik bisnis/perusahaan ingin mulai memelihara budaya dan kebiasaan yang lebih positif untuk diterapkan dalam bisnis cerdas mu. Kamu juga harus selalu ingat bahwa membangun suatu kebiasaan baru untuk lebih baik tentu memiliki perbedaan oleh setiap anggota tim bisnis.

Maka dari itu, langkah awal harus dimulai dengan mempersiapkan aturan dan kebiasaan baru tersebut terlebih dahulu, kemudian lakukan wawancara satu per satu dengan seluruh anggota tim kamu untuk mendapatkan feedback yang sangat dibutuhkan. Setelah kamu menemukan apa yang perlu diubah dan ditingkatkan, mulailah menyusun kembali rencana untuk membangun budaya yang lebih baik, dimana biasanya memikirkan kembali akan nilai-nilai yang kamu terapkan dengan tujuan mengupayakan kesetaraan, keragaman, kepercayaan, dan transparansi di dalam suatu bisnis.

Manfaat diciptakannya kebiasaan dan nilai-nilai baru yang lebih baik ini agar seluruh anggota bisnis kamu dapat bekerja sebagai tim yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memajukan bisnis tersebut.

Itu adalah 5 strategi bisnis yang bisa kamu terapkan kedepannya dalam bisnis kamu agar tetap mengikuti alur pada zaman yang semakin modern ini. Dengan menerapkan semua strategi tersebut, diharapkan kalian bisa menciptakan suatu bisnis cerdas yang terus berkembang dan maju.

.

2 thoughts on “Superb 5 Strategi Bisnis di Tahun 2022 yang Wajib Kamu Pahami.”

  1. Pingback: Kenali 5 Strategi AIDAS Buat Iklan Lebih Interesting - Bootsolstrategi aidas

  2. Pingback: SERIOUSLY TRADITIONAL MARKETING: 3 KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA. TRY THE BEST ONE!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top