fbpx

Ilustrasi Strategi SEO untuk E-commerce
Ilustrasi Strategi SEO untuk E-commerce

Sudahkah anda menerapkan strategi SEO untuk e-commerce? Agar semakin paham, mari simak pembahasan berikut :

Akhir-akhir ini tren e-commerce semakin merajalela. Orang-orang lebih tertarik untuk membangun usaha melalui internet. Bahkan tak sedikit pelaku usaha yang mulai merambah ke dunia internet.

Bisnis online memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan banyak keunggulan yang diberikan. Mulai dari modal yang dikeluarkan lebih sedikit karena tak memerlukan kantor hingga sistem penjualan yang bisa dilakukan lebih fleksibel.

Akhir-akhir ini perkembangan usaha di dunia internet atau yang sering disebut e-commerce, semakin berkembang pesat. Masyarakat Indonesia semakin terbiasa menjual produk maupun menawarkan jasa melalui e-commerce, selain itu pemenuhan kebutuhan sehari-hari pun sudah beralih dengan berbelanja di online shop. Jika awalnya e-commerce dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon, eBay, dan lain-lain. Namun kini usaha kecil hingga menengah berhasil berkembang melalui e-commerce, dengan memiliki website bisnis masing-masing.

Baca Juga : Fantastic! Teknologi Buatan Indonesia yang Super Useful, Simak 5 Contohnya

Pengertian e-commerce

Mengutip dari wikipedia Wikipedia Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Pentingnya SEO untuk e-commerce

Semakin banyaknya e-commerce maka semakin berat persaingan untuk dikenal calon konsumen. Untuk itu SEO dibutuhkan demi meningkatkan eksistensi suatu toko online. Para pelaku usaha mau tidak mau harus berlomba-lomba mengoptimalkan SEO demi perkembangan bisnisnya.

Saat ini memang masih banyak orang yang belum menyadari seberapa penting SEO. Paham saja belum menyeluruh apalagi mengoptimalkan. Faktanya penggunaan SEO memang berpengaruh besar bagi kesuksesan suatu bisnis online.

Bagi yang sudah menerapkan teknik SEO pasti sudah mengetahui, teknik tersebut memang sangat berguna untuk menambah traffic. Pada akhirnya traffic yang meningkat akan berpengaruh pada bertambahnya pelanggan.

Bertambahnya traffic ditimbulkan oleh pengaruh SEO yang bisa menempatkan website anda ke posisi teratas di mesin pencarian. Orang-orang akan memulai aktivitas berbelanja mereka dengan mengetik kata kunci atau sesuatu yang ingin dibeli di search engine. Mayoritas diantara mereka akan memiliki produk atau jasa yang berada di posisi teratas, karena terkesan lebih terpercaya. Hal tersebut membuat penerapan SEO menjadi penting demi menciptakan kepercayaan para pengguna internet yang kelak menjadi calon pelanggan setia.

Baca Juga : 5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda

Strategi SEO untuk e-commerce

EO tidak bisa diterapkan asal-asalan atau hanya sebagai formalitas. Ada langkah-langkah tertentu yang perlu dipahami dan dipelajari terlebih dahulu, agar penerapannya bisa optimal. Berikut strategi yang bisa digunakan bagi para pelaku usaha e-commerce dalam menerapkan SEO :

1. Riset keyword

Ilustrasi Keyword
Ilustrasi Keyword

Bisa dibilang dalam hal keyword, penerapan Strategi SEO untuk e-commerce tetap sama dengan jenis strategi lainnya. Keyword merupakan hal pertama yang perlu dipahami sehingga dibutuhkan langkah riset terlebih dahulu, agar bisa memilih keyword yang paling sesuai. Strategi SEO sehebat apapun tidak akan berpengaruh jika tidak menggunakan keyword. Walaupun bukan merupakan komponen terpenting, tapi setidaknya keyword tetap bagian penting dari penerapan SEO untuk e-commerce. Sama halnya dengan jenis strategi SEO yang lain, SEO untuk e-commerce pun harus dimulai dengan riset keyword.

Mulai penerapan SEO dengan langkah yang benar yaitu dengan menetapkan SEO yang sesuai. Perlu kepekaan yang tinggi dalam memilih keyword yang tepat. Hal tersebut pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat perhatian targe konsumen anda.

Untuk urusan keyword konten e-commerce, perlu riset mendalam agar tidak tertukar dengan keyword website pada umumnya. Hati-hati, faktanya keyword untuk e-commerce sedikit berbeda dengan keyword website pada umumnya. Walaupun sedikit perbedaannya harus tetap dipahami dengan baik agar penerapan SEO sesuai dengan tujuan.

Bagi yang sudah tidak asing dengan SEO, pasti sudah mengetahui bahwa keyword untuk website pada umumnya akan menitikberatkan pada isi konten yang sedang dibahas. Berbeda dengan konten website e-commerce, website harus lebih menitik beratkan pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Perlu dipahami bahwa tujuan keyword untuk website pada umumnya untuk menginformasikan, sedangkan untuk website e-commerce untuk membujuk, agar lebih menarik perhatian. Untuk itu jangan lupa memilih keyword fokus pada produk maupun jasa yang ditawarkan. Tentu saja ada sedikit perbedaan dalam proses riset keyword untuk konten sebuah website dan e-commerce website.

Site Architecture

Ilustrasi Site Architecture
Ilustrasi Site Architecture

Site architecture disini bukan berarti arsitektur pada umumnya. Kata tersebut menunjukkan pengaturan yang disusun di website anda. Bagaimana halaman website anda disusun dan diatur. Sudah seberapa menarik penempatan komponen-komponen pendukung di website anda. Hal seperti ini merupakan salah satu strategi SEO yang sangat penting, sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

Pembeda antara website pada umumnya dengan website e-commerce merupakan tata letak. Website e-commerce memiliki lebih banyak page dibandingkan jenis website yang lain. Banyaknya page disesuaikan dengan banyaknya variasi produk atau jasa yang ditawarkan. Terutama bagi anda yang memiliki website e-commerce dengan jumlah page yang banyak, anda harus pandai mengatur tata letak produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut bertujuan agar calon pembeli bisa dengan mudah mencari hal-hal yang mereka butuhkan. Selain itu juga berpengaruh pada pelanggan anda agar lebih mudah mencari halaman paling penting dari website tersebut.

Sebagai sang pemilik website e-commerce, anda perlu mengetahui dengan baik rate dari produk atau jasa yang ditawarkan. Pastikan anda mampu mengurutkan dengan baik mulai dari yang terfavorit, terpopuler, hingga yang paling banyak dicari.

Banyak yang belum sadar bahwa site architecture menjadi salah satu strategi SEO untuk e-commerce yang sangat penting. Website yang terlihat lebih tertata akan mempengaruhi daya tarik calon pembeli. Jangan sampai tampilan website anda menyulitkan calon pelanggan kesulitan mencari produk atau jasa yang mereka inginkan.

On-Page SEO

Ilustrasi On-page SEO
Ilustrasi On-page SEO

Sama halnya dengan keyword, strategi SEO pada On-Page atau disebut juga On-Page SEO untuk website e-commerce lebih difokuskan untuk halaman kategori dan produk. Faktanya diantara banyaknya halaman website e-commerce, kategori dan produk menjadi halaman yang paling berpengaruh meningkatkan traffic website tersebut. Tak heran strategi SEO perlu lebih dioptimalkan di kedua halaman tersebut, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penjualan di bisnis anda.

Itulah tiga strategi SEO yang sangat penting bagi anda pelaku usaha e-commerce. Penerapan strategi SEO tersebut perlu dilakukan dengan tepat. Pastikan setiap usaha yang anda lakukan baik dan benar.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top