fbpx
Ilustrasi engage customer di media sosial
Ilustrasi engage customer di media sosial

Penggunaan media sosial semakin lama semakin bertambah. Orang-orang berlomba-lomba membuat akun media sosial dan berbagi momen sebagai update status. Banyaknya pengguna media sosial, dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan dagangannya. Terutama dalam hal ini ialah mendapatkan engage customer dari media sosial

Tidak bisa dipungkiri saat ini penggunaan media sosial memang semaki meluas. Media sosial sudah digunakan oleh beragam kalangan, mulai dari muda hingga tua. Bahkan banyak diantara mereka yang menjadikan kegiatan berselancar di media sosial sebagai salah satu rutinitas sehari-hari.

Kita ketahui bersama bahwa media sosial memang banyak memberikan manfaat. Bahkan kini, tak jarang orang mengais rezeki melalui media sosial. Tak heran semakin lama menggunakan media sosial menjadi suatu kebutuhan.

Terutama bagi para pelaku usaha yang sangat terbantu dengan hadirnya media sosial. Mereka dapat melalukan upaya agar mendapatkan engage dari customer melalui media sosial, seperti, Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok , dan masih banyak lagi.

Faktanya media sosial bisa berpengaruh baik pada suatu  bisnis. Bahkan usaha kecil bisa terus berkembang dengan hadirnya media sosial. Kini baik usaha besar maupun kecil sama-sama menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi berdagang agar bisa memperluas jangkauan calon customer yang berpotensi. 

Keuntungan lain dari media sosial adalah dari segi harga. Menggunakan media sosial berarti Anda tidak perlu membayar iklan koran. Anda tidak perlu menyewa perusahaan media untuk membeli waktu tayang di radio dan TV.

Anda hanya perlu mengeksploitasi kesempatan gratis dan minim biaya yang disediakan media sosial. Dan tentunya, Anda perlu menciptakan konten dan informasi untuk diposting yang akan tetap membuat pelanggan Anda tertarik.

Baca Juga : Super Helpful! Tren Digital Marketing Indonesia Remarkable, di 2021

Pengertian engagement customer

Mengutip dari wikipedia, engagement customer atau yang bahasa Indonesianya keterlibatan pelanggan merupakan interaksi yang dibangun antara pelanggan dengan penjual. Proses keterlibatan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai metode, baik offline maupun online.

Seiring dengan berkembangnya zaman, Hubungan interaksi antara pelanggan dan penjual banyak dilakukan di dunia internet alias melalui media sosial. Cara yang saat ini banyak dilakukan oleh para pelaku usaha ialah membuat akun media sosial yang berisi tentang identitas bisnis. Mereka berlomba-lomba dan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan engage customer dari media sosial tersebut.

Tips mendapat engage customer dari media sosial

Bermedia sosial terutama bagi para pelaku usaha perlu dilakukan dengan beragam strategi. Terutama jika terkait dengan mendapatkan engage customer dari media sosial. Banyaknya kompetitor membuat para pelaku usaha berlomba-lomba mengoptimalkan upaya agar tujuan tercapai. Berikut tips mendapatkan engage customer dari media sosial, yaitu sebagai berikut :

  1. Temukan target pasar yang sesuai
Ilustrasi menemukan target pasar
Ilustrasi menemukan target pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan agar mendapatkan engage customer dari media sosial ialah menemukan target pasar yang sesuai. Sebelumnya anda sebagai pemilik suatu usaha sudah seharusnya menentukan target pasar, mulai dari jenis kelamin, rentan umur, tingkat ekonomi, dan lain-lain. Dengan begitu, anda bisa lebih fokus menemukan target pasar yang paling sesuai.

Ketika Anda sudah menemukan target pasar yang sesuai, maka akan lebih mudah menentukan flatform mana yang paling banyak digunakan. Hal tersebut akan mempermudah anda mendapatkan engage customer dari media sosial yang dituju. Bisa dibilang pendekatan dengan mudah dilakukan di tempat yang paling sering customer kunjungi.

Saat ini, cara yang paling efektif untuk mengetahui dari flatform mana yang paling banyak dikunjungi customer dengan asumsi menjadi asal customer tersebut, yaitu dengan closed loop marketing. Hal tersebut membuat anda dengan mudah melacak pelanggan, dari sumber lead ke pelanggan.

Anda mungkin mengira situs yang paling banyak lead jadi yang terbaik, tapi nyatanya tidak selalu seperti itu. Saat ini cukup mudah untuk menerapkan close the loop karena banyak paket software marketing menyediakan pelayanan ini.

2. Menambahkan Pelanggan Ke Network Atau Jaringan Anda

Ilustrasi network
Ilustrasi network

Hal selanjutnya setelah menemukan target pasar yang sesuai ialah menambah potensial customer ke Network anda. Hal ini dilakukan demi mendapatkan engage customer dari media sosial. Langkah ini membuat Anda lebih mudah menarik perhatian, mendekati, dan melibatkan mereka.

Satu cara yang paling sederhana untuk menambah customer ke jaringan anda yaitu membuat grup tertentu dimana anda bisa berinteraksi dengan customer, biasanya dilakukan di website. Anda bisa memberikan informasi detail terkait terbentuknya grup tersebut. Jangan lupa untuk memberikan feedback agar customer tersebut tertarik berinteraksi di grup tersebut. Sebenarnya selain membuat grup, anda juga bisa mendapatkan engage customer dari media sosial dengan promosi di laman Facebook, LinkedIn, dan lain-lain.

Baca Juga : Top 5 Aplikasi Pembuat Stiker WA Biar Chattingan Lebih Seru

3. Membagikan konten yang menarik

Ilustrasi konten
Ilustrasi konten

Ketika mencoba mendekati dan melibatkan pelanggan, jangan hanya fokus melakukan promosi. Anda juga memiliki kewajiban membagikan konten yang menarik.

Pastikan anda bisa memberikan konten yang bernilai. Perlu diketahui juga bagaimana cara meningkatkan posisi konten di laman Google. Konten yang anda berikan bukan hanya menarik, tapi harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keinginan untuk melihat maupun membaca konten, sehingga akan terus berkunjung. Melalui konten tersebut anda bisa menyelipkan pesan marketing agar pembaca terbujuk membeli produk yang ditawarkan. Beberapa contoh konten yang perlu Anda buat:

  • Tips menggunakan produk anda
  • Manfaat menggunakan produk anda
  • Variasi produk
  • Dan lain-lain

4. Ramah dan Terkesan Akrab dengan Pelanggan

Ilustrasi ramah dengan pelanggan
Ilustrasi ramah dengan pelanggan

Jika membuat konten menarik bisa menambah potensial customer, maka bersikap ramah dan akrab menjadi upaya mempertahankan customer. Membuat kesan pertama yang baik melalui konten memang penting, namun jangan sampai lupa untuk terus bersikap ramah dan akrab dengan customer lama. Hal tersebut dilakukan dengan harapan membuat nyaman para customer.

Sebagai penjual yang baik anda harus siap mendengarkan segala jenis komplain. Bersikap ramah menjadi hak utama menghadapi customer. Berikan juga kesan akrab sehingga lebih mencairkan suasana. Bukan hanya tentang komplain, sesekali anda bisa ajak berdiskusi para customer melalui grup atau forum chat lainnya. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mendapatkan engage customer dari media sosial.

5. Dengarkan Pelanggan Anda

Ilustrasi mendengarkan pelanggan
Ilustrasi mendengarkan pelanggan

Tips terakhir agar mendapatkan engage customer dari media sosial yaitu menjadi pendengar yang baik.
Baca semua komentar di halaman media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Lihat apa yang orang katakan tentang Anda, industri, dan kompetitor Anda. Dengan begitu, anda bisa memperbaiki pelayanan dan pada akhirnya membuat customer senang.

Itulah lima tips mendapatkan engage customer dari media sosial. Media sosial hadir dengan segala fitur dan kelebihannya, jangan lupa untuk memanfaatkan hal tersebut dengan baik, terutama bagi para pelaku usaha.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top