fbpx

Membuat video iklan adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam proses pemasaran. Hal ini dikarenakan, video cenderung terlihat lebih menarik dan mudah di pahami, serta penyebarannya yang cepat serta menjangkau lebih luas. Namun, bagi beberapa pemasar, membuat video menjadi salah satu tantangan, karena prosesnya yang terbilang cukup memakan waktu. Entah itu dari pembacaan target audiens, pembuatan konsep video, hingga proses pembuatan serta penyebaran video.

Pada dasarnya, iklan merupakan bentuk pesan promosi benda, seperti barang, jasa, produk jadi, hingga ide yang disampaikan melalui beragam media dan ditujukan kepada masyarakat. Oleh karena itu, iklan merupakan salah satu titik penting dalam strategi promosi secara keseluruhan. Ada beragam bentuk iklan yang sering kita temui, seperti iklan audio, audio visual, billboard, poster, dan masih banyak lagi yang mana media penyampaiannya juga beragam seperti tv, radio, koran, majalah, dan media lainnya.

Illustrasi Pembuatan Video Iklan
Illustrasi Pembuatan Video

Salah satu yang paling banyak digunakan sebagai media promosi iklan adalah, video. Video cukup di gemari mengingat pada proses pemasarannya, memiliki dampak cukup luas. Setidaknya ada tiga elemen yang menjelaskan mengapa membuat konten video iklan penting untuk dilakukan.

3 Hal Mengapa Membuat Video Iklan Penting Dilakukan

Meningkatkan branding secara keseluruhan

Membuat video yang menarik adalah salah satu upaya untuk membranding perusahaan, produk, atau benda/jasa yang ingin di pasarkan. Video-video iklan yang menarik tentu akan menumbuhkan resonansi dalam konsumen sehingga mudah mengingat produk yang sedang di pasarkan. Selain itu, dengan pembuatan konten video iklan yang menarik, juga mencerminkan bagaimana perusahaan tanggap atas kebutuhan konsumen saat ini.

Baca juga: Awesome Yuk Simak 5 Tips Melakukan Social Media Marketing!

Penyebaran yang begitu cepat

Video cenderung memiliki proses penyebaran yang begitu cepat, terlebih video-video unik dan menarik sangat digemari masyarakat saat ini. Setidaknya pemasar bisa memanfaatkan beberapa media yang bisa dijadikan platform penyebaran video iklan seperti media sosial yakni Instagram, Facebook, TikTok, hingga YouTube. Atau pemasar juga bisa memanfaatkan media mainstream seperti televisi, namun tentu memiliki pertimbangan biaya dan target audien yang ingin dicapai

Nilai yang lebih besar jika dibandingkan dengan teks

Video cenderung lebih mudah diterima jika di bandingkan dengan teks. Meskipun tidak semua orang sependapat, namun visualisasi dari video iklan cenderung lebih mudah dipahami dan di terima oleh audiens, sehingga nilai yang diberikan juga lebih besar jika dibandingkan iklan-iklan melalui teks saja.

Sehingga, dari hal tersebut kita menjadi mengerti bagaimana keuntungan-keuntungan pembuatan video sebagai sarana promosi produk atau jasa kita. Namun dalam beberapa hal, ada kendala-kendala yang ditimbulkan selama proses pembuatan video. Mengingat, tidak semua orang paham akan bagaimana membuat konten video yang bisa menarik dan cocok digunakan sebagai media promosi iklan.

Karena hal itu, yuk simak 5 tips membuat konten video iklan untuk pemasaran!

Tentukan Jenis Video Yang Tepat

Illustrasi Jenis Video Iklan Yang Tepat
Illustrasi Jenis Video Yang Tepat

Ada beragam jenis video yang bisa kamu gunakan sebagai konten yang tepat dalam pembuatan video iklan. Bisa seperti monolog, interview dengan pengguna brand/produk, tutorial, video story, atau video yang benar-benar menjelaskan tentang produk dan brand. Namun tentu tidak semua jenis video harus di buat.

Sebagai pemasar, harus peka terhadap video seperti apa yang banyak digemari masyarakat kini. Sehingga melihat trend atau sesuatu yang viral menjadi salah satu point penting dalam menentukan video seperti apa yang harus di buat.

Kamu juga bisa melihat beberapa video iklan yang sukses dalam melakukan pemasaran produk. Kamu bisa menjadikan itu sebagai referensi sehingga bisa meningkatkan/improve video iklan promosi. Namun, jangan sampai video yang kamu buat menjiplak video karya brand atau perusahaan lain, karena orisinalitas menjadi hal yang penting.

Tujuan Video Iklan Harus Jelas

Tujuan Video Iklan Harus Jelas
Illustrasi Pembuatan Tujuan Video Iklan Yang Jelas

Membuat iklan video juga harus jelas. Apakah kamu membuat video iklan untuk mendorong audiens membeli produk/jasa? Atau hanya menumbuhkan kesadaran merek/brand awareness? Nah tujuan dari pembuatan video harus jelas sehingga kamu bisa membuat kreasi video sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan

Kamu bisa membuat video yang berisikan cerita dengan pesan moral didalamnya, atau interview dengan pengguna brand/produk, atau bisa membuat social experiment terkait brand/produk kamu untuk meningkatkan brand awareness pada masyarakat

Baca juga: Cool 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android!

Atau kamu bisa membuat iklan video yang berkonsep menjelaskan kelebihan produk/brand, serta testimoni pengguna untuk mendorong audiens melakukan pembelian terhadap produk/brand kamu. Nah tentu ada banyak video yang bisa kamu buat tergantung tujuan dari pembuatan video iklan.

Target Audiens Yang Tepat

Illustrasi Menentukan Target Audiens Yang Tepat pada Video Iklan
Illustrasi Menentukan Target Audiens Yang Tepat

Selanjutnya adalah target audiens yang tepat. Selain membuat tujuan video yang jelas, target audiens juga menjadi salah satu elemen penting dalam proses pembuatan video promosi. Hal ini terkait bagaimana nanti video dibuat, trend apa yang digunakan, serta media apa yang digunakan selama proses promosi.

Hal ini mengingat tidak semua audiens memiliki karakteristik yang sama. Kamu tidak bisa menyebarkan video iklan di Facebook jika target audiens mu adalah anak remaja. Kamu bisa menggunakan Instagram atau TikTok  untuk target audiens yang masih berusia remaja.

Sehingga memperhitungkan target audiens harus jelas sehingga membuat proses pemasaran serta penyebaran video promosi lebih efektif dan tepat sasaran.

Isi Konten Yang Menarik

Illustrasi Pembuatan Isi Konten Yang Menarik Video Iklan
Illustrasi Pembuatan Isi Konten Yang Menarik

Pada dasarnya, dalam membuat isi konten yang menarik kamu harus peka terhadap elemen-elemen yang sebelumnya sudah di jelaskan. Namun dalam hal ini, ada beberapa poin yang harus diperhatikan sehingga membuat isi konten video lebih menarik.

Gambar dan tulisan dalam iklan harus tampak jelas. Gambar dan tulisan adalah elemen pendukung dalam video yang harus bisa dilihat dengan jelas, terlebih hal tersebut digunakan sebagai iklan maka membuat konten video harus memperhatikan apakah gambar dan teks yang di tampilkan sudah bisa dilihat secara jelas.

Selain itu, gambar, tulisan, dan apapun yang di tampilkan dalam video juga harus proporsional. Kamu tidak bisa hanya menampilkan teks saja, atau hanya gambar saja, atau bahkan hanya suara saja. Elemen dalam video harus di tampilkan secara proporsional

Dan isi video harus sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin membuat video yang berisikan interview dengan pengguna produk/brand, kamu cukup fokus pada hal tersebut. Tidak perlu menjelaskan produk/brand secara detail karena konsep video iklan sudah jelas dan di tentukan.

Dilakukan Secara Berkelanjutan

Illustrasi Membuat Konten Secara Berkelanjutan
Illustrasi Pembuatan Konten Secara Berkelanjutan

Dan yang terakhir adalah promosi dengan video harus dilakukan secara berkelanjutan. Kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika video dibuat hanya sekali dan tidak diteruskan. Kamu harus banyak berkreasi sehingga bisa membuat konten video yang beragam dalam upaya promosi produk/brand. Sehingga kegiatan promosi juga bisa dilakukan secara berkelanjutan dan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Nah itu dia lima tips bagaimana membuat konten video dalam kegiatan promosi. Tentunya selama proses pembuatan, kamu akan bisa melihat sisi lain selain lima hal yang sudah disebutkan untuk memaksimalkan produksi video iklan kamu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top