fbpx

Jika kamu mencari cara yang terbukti tepat untuk meningkatkan traffic, maka kamu butuh video marketing plan. Bagi kamu yang tidak pernah membuat konten video untuk pemasaran, mungkin kamu akan merasa kesulitan dan bertanya bagaimana caranya. Tetapi, jika kamu sudah memiliki strategi yang tepat maka akan membuat kamu lebih mudah untuk membuat video marketing. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips video marketing yang benar-benar akan meningkatkan traffic kamu. Kita juga akan membahas manfaat pemasaran video dan membantu kamu membuat strategi video marketing yang skalabel dan dapat diulang. Namun, apa sih, yang dimaksud dengan video marketing?

Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran di dalam marketing online yang memanfaarkan media video. Video marketing adalah salah satu strategi pemasaran bisnis atau brand terbaik yang dapat dilakukan di zaman serba digital ini. Salah satu alasannya adalah bila pemasaran video sudah terkonsep dan hasilnya menarik, maka video tersebut mampu menampilkan gambar dan juga audio secara bersamaan agar mudah dimengerti oleh audiens, sekaligus mampu mengubah audiens menjadi pelanggan. Yuk, simak 5 tips pemasaran video yang dapat meningkatkan lalu lintas dan konversi kamu.

Baca Juga: 10 Langkah Awesome Strategi Pemasaran Melalui YouTube yang Bisa Kamu Ikuti

Buat Cerita Menarik

Video Marketing - Buat Cerita Menarik

Sebagai permulaan, cerita yang kamu buat harus menarik. Kebanyakan orang menilai dari apa yang mereka lihat terlebih dahulu. Jika kamu hanya mengambil konten yang sama yang sudah kamu buat dalam situs web kamu dan hanya menambahkan beberapa klip video, kamu mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Kamu perlu fokus untuk menambahkan nilai pada kehidupan audiens kamu dengan memberikan saran yang dapat ditindaklanjuti daripada langsung mempromosikan produk atau layanan kamu.

Seperti halnya posting blog, pemasaran video adalah kesempatan sempurna untuk memanfaatkan kekuatan mendongen dan memicu emosi yang kuat. Misalnya, kamu dapat menyajikan contoh kehidupan nyata tentang bagaimana produk kamu membantu memecahkan masalah yang mendesak. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hampir 80% orang lebih menyukai merek yang menceritakan kisah sebagai bagian dari pemasaran mereka.

To the Point dalam Waktu Kurang dari 10 Detik

Video Marketing - To the Point Dalam Waktu Kurang dari 10 Detik

Video 3 menit kamu yang berpotensi memenangkan penghargaan tidak ada artinya jika kamu tidak memikat orang dalam 5-10 detik pertama. Benar sekali, pengguna internet tipikal kamu memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Faktanya, sekitar seperlima dari audiens kamu akan mengklik video dalam 10 detik pertama, kecuali jika kamu membuatnya sangat jelas sejak awal tentang apa yang akan mereka peroleh dari menonton konten kamu. Pastikan video kamu menjawab pertanyaan “Mengapa saya harus menontonnya?” dalam 10 detik pertama. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu dapat membuktikan nilai video kamu dan menyatakan fakta-fakta yang sebenarnya. Sederhananya, lakukan apa pun untuk menarik mereka langsung, atau video Anda tidak akan ditonton.

Sertakan Closed Captions

Video Marketing - Sertakan Closed Captions

Menurut infografis, 85% video di Facebook ditonton tanpa suara. Tren ini juga terjadi pada platform Instagram dan Twitter. Sekarang, Facebook menghasilkan lebih dari 8 miliar tampilan video per hari dan posting ini memiliki jangkauan organik 135% lebih tinggi daripada posting foto biasa, menurut penelitian ini. Jadi yakinlah, sebagian besar ROI pemasaran video kamu akan berasal dari Facebook. Selain itu, penelitian dari Facebook sendiri menunjukkan bahwa ada kemungkinan tidak ada yang memahami video kamu, karena pengalaman media sosial seluler dirancang untuk menghilangkan suara.

Jadi, jika kamu merasa sudah memaku pemasaran media sosial kamu dengan posting video yang menakjubkan, kemungkinan besar kamu dapat lebih meningkatkan ROIdengan menambahkan closed captions (atau subtitel). Dengan cara ini kamu akan meningkatkan keterlibatan, klik-tayang, dan prospek. Closed captions akan membantu upaya pemasaran YouTube kamu juga, karena dapat membuat videomu dapat diakses oleh audiens yang lebih luas. Closed captions memungkinkan mereka untuk lebih menikmati konten kamu. Selain itu, kamu dapat menerjemahkan teks dan memiliki subtitel multibahasa untuk audiens yang tidak berbahasa Inggris, yang semakin meningkatkan cakupan konten kamu

Optimalkan Konten Kamu

Video Marketing - Optimalkan Konten Kamu

Luangkan waktumu untuk mempelajari tentang SEO video marketing kamu. Search Engine Marketing (baik, berbayar dan organik) merupakan bagian besar dari strategi pemasaran digital apa pun. Sementara konten teks seperti posting blog, whitepaper, dan studi kasus dibuat khusus untuk mencapai peringkat tinggi di Google, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan konten video kamu di sana. Belum lagi, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Dengan demikian, mengoptimalkan konten video kamu untuk 2 mesin pencari teratas dapat membawa ROI pemasaran video kamu ke tingkat yang lebih tinggi. Google sekarang dapat mengekstrak cuplikan tertentu dari video kamu dan menampilkannya untuk kata kunci penelusuran yang relevan. Akibatnya, memiliki transkripsi kaya kata kunci adalah suatu keharusan.

Menyertakan deskripsi yang dibuat dengan baik memiliki dua tujuan, yaitu membuat konten video kamu dapat diakses oleh mereka yang mengandalkan pembaca layar atau tunarungu. Kamu juga dapat menggunakan peta situs video atau umpan mRSS untuk memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran konten video kamu.

Bagikan Video Kamu Di Mana Saja

Video Marketing - Bagikan Video Kamu Di Mana Saja

Posting video-video kamu dimana audiens kamu tertarik dengan video kamu. Video yang dibuat dan diunggah harus menarik perhatian audiens dengan memiliki isi yang matang dalam 10 detik pertama agar audies kamu tidak merasa bosan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top