fbpx

Salah satu tools marketing dalam sebuah bisnis adalah dengan memiliki akun media sosial. Salah satu media sosial yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis adalah Instagram. Bagaimanakah cara membuat konten Instagram yang menarik bagi sebuah akun bisnis? Baca sampai akhir!

Instagram

Media sosial Instagram adalah salah satu hal penting bagi sebuah bisnis

Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang telah melekat pada kehidupan setiap orang. Maka dari itu, Instagram menjadi salah satu alat digital marketing bagi suatu bisnis. Pada tahun 2016, Instagram meluncurkan fitur untuk akun bisnis. Fitur gratis ini ditujukan bagi pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya. Melalui akun IG ini, pebisnis dapat dengan mudah menjangkau audiens dan mendapatkan feedback mengenai usahanya.

Dalam fitur akun bisnis di Instagram, terdapat pula istilah insight. Insight merupakan informasi yang dapat kita peroleh mengenai perkembangan akun kita berkaitan dengan audiens atau followers. Semakin tinggi angka insight, maka semakin berkembang akun bisnis tersebut.

Tips membuat konten Instagram yang menarik

Konten Instagram adalah hal yang harus diperhatikan
Ikuti tips dibawah ini agar akun bisnis kamu semakin wow!

Untuk memperoleh insight yang tinggi, kita perlu memperhatikan konten Instagram yang akan dilihat oleh audiens. Simak langkah-langkahnya!

1. Menentukan tone warna feeds

Kita pastinya pernah melihat feeds sebuah akun Instagram dan mengatakannya ‘estetik’. Hal tersebut disebabkan oleh tone warna foto yang senada. Tips membuat konten Instagram yang pertama adalah menentukan tone yang senada karena hal ini akan menjadikan feeds lebih rapi dan menarik untuk dilihat.

Contohnya adalah dengan mengedit foto dengan unsur warna tertentu. Tidak harus keseluruhan foto berwarna sama namun bisa juga dengan menggunakan tema yang sesuai dengan brand bisnis kamu atau menentukan tema warna seperti contohnya earth tone untuk memperindah tampilan feeds.

2. Bermain pola pada feeds

Tampilan pola feeds yang menarik akan membuat audiens memberi nilai yang positif saat pertama kali mereka mengunjungi akun Instagram bisnis kita. Tips membuat konten yang kedua adalah bermain pola pada feeds. Terdapat banyak cara untuk membuat pola pada feeds, diantaranya adalah:

  1. Tiles : tampilan konten diatur secara selang seling membentuk pola papan catur.
  2. Puzzle : tampilan setiap konten saling menyambung satu sama lain.
  3. Grid diagonal : konten membentuk pola diagonal.
  4. Mix white border : konten di posting dengan menggunakan border putih.

Dan masih banyak lagi pola-pola feeds untuk mempercantik akun Instagram bisnis kamu!

3. Foto dan video produk

Cara paling umum adalah memposting foto atau video mengenai produk yang kamu jual agar audiens memahami apa yang bisnis kamu lakukan. Namun hal ini harus dilakukan dengan baik agar tidak terkesan spamming.

Salah satu cara agar foto atau video yang diunggah bervariatif adalah dengan menunjukkan produk kamu dari segala sisi. Misalnya jika produk yang dijual adalah baju, fotolah dengan close up material dan model baju tersebut agar audiens mengetahui detail dari produk kamu. Atau jika menjual makanan, foto atau videokan produk makananmu dengan properti pendukung yaitu komposisi dan bahan-bahan yang digunakan.

Selanjutnya adalah gunakan background yang senada dan simple agar fokus utamanya tetap pada produkmu. Dengan begitu audiens akan menyukai tampilan akun Instagram bisnis kamu.

4. Gambar berkualitas tinggi

Konten Instagram yang baik harus memiliki kualitas gambar yang baik. Sangat baik jika konten difoto atau divideokan dengan menggunakan kamera profesional, namun hal tersebut tidak wajib dilakukan jika tidak memungkinkan. Yang pasti kamu perlu mengambil konten yang jelas dilihat oleh mata atau berkualitas tinggi agar bernilai baik di mata audiens.

Bila kamu mengedit foto atau video, pastikan editan tersebut jangan sampai menurunkan kualitas gambar. Namun alangkah baiknya jika editan tersebut menambah kualitas gambar menjadi lebih baik.

5. Konten interaktif

Tips membuat konten selanjutnya adalah dengan membuat konten interaktif. Cara ini sangat ampuh untuk menaikkan insight akun instagram bisnismu. Konten interaktif ini bermaksud untuk melibatkan followers kamu agar lebih tertarik akan bisnis kamu.

Contoh konten interaktif yang memanfaatkan fitur Instagram adalah dengan membuat game atau quiz di InstaStory seperti this or that. Contoh lain dari konten interaktif adalah mengadakan tanya jawab mengenai bisnis atau produkmu atau mengadakan giveaway dengan syarat-syarat tertentu. Dengan begitu akun Instagram bisnis kamu akan membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya.

6. Konsisten memposting

Konsisten dalam memposting konten merupakan hal yang penting. Jangan biarkan audiens berpikir bahwa akun bisnismu mati karena jarang aktif. Cara untuk membuat postingan yang konsisten adalah dengan membuat jadwal untuk memposting contohnya setiap hari senin memposting foto, hari selasa instastory, hari rabu konten interaktif, atau setiap sebulan sekali mengadakan giveaway.

Melalui cara ini, audiens akan penasaran dan menunggu konten Instagram yang akan kamu unggah berikutnya.

7. Konten atau meme yang trending

Selain konten tentang produk kamu, sesekali perlu juga konten hiburan untuk menghibur audiens. Biasanya audiens akan lebih tertarik dengan apa yang sedang trending contohnya adalah kamu dapat membuat konten/meme yang berkaitan dengan Squid Game karena film tersebut sedang booming di masyarakat.

Selain membuat audiens terhibur, konten yang relevan dengan sesuatu yang sedang trending akan membuat audiens berikir bahwa kita up to date dengan situasi terkini.

Baca juga : Wow! Intip Fitur Instagram Reels yang Katanya Mirip Tiktok di 2021 Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top