fbpx

Berikut adalah 5 update digital marketing di 2021 versi Bootsol yang sebagian didasarkan pada habit / kebiasaan baru orang setelah menyesuaikan dengan fenomena pandemi covid-19.

Perkembangan teknologi membuat habit / kebiasaan orang dalam menjalani hidup mengalami pergeseran. Semula kita yang tadinya tidak sama sekali bergantung dengan internet misalnya, kini menjadi sangat ketergantungan. Dalam konteks perkembangan teknologi yang dipicu oleh internet, maka digital marketing memiliki peran penting di dalamnya. Tidak hanya itu, 2021 yang merupakan tahun kedua pandemi Covid-19 pastinya memiliki dampak terhadap trend digital marketing. Perubahan trend tersebut didasarkan pada habit/kebiasaan baru orang setelah menyesuaikan dengan fenomena pandemi. Berikut 5 update digital marketing 2021 yang telah Bootsol kumpulkan.

Update #1: Terjadinya Akselerasi Dalam Adopsi Digital, Khususnya  E- Commerce

Adopsi digital yang merupakan update digital marketing di 2021 yang perlu dipertimbangkan mengingat terjadinya kebiasan pola hidup baru pasca covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal 2020, tentunya menjadi pemicu utama akselerasi digital. Tentu saja hal tersebut karena semua aktivitas kita dibatasi dari segi tempat dan waktu. Oleh karena itu, hasil analisis menunjukkan bahwa orang saat ini berusaha merubah kebiasaan mereka, termasuk dalam hal berbelanja. Sebagian orang yang awalnya berpikir bahwa berbelanja secara offline masih ideal, kini berubah. Apabila memungkinkan, belanja online menjadi opsi utama (mulai dari bahan pokok kebutuhan sehari-hari sampai elektronik atau gadget). 

Hal inilah yang kemudian harus diperhatikan oleh para marketer bagaimana menjangkau para pelanggan secara online, entah dengan bantuan online marketplace atau sistem tersendiri. Mengutip dari thinkwithgoogle, terdapat temuan menarik dimana konsumen memiliki ekspektasi yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya tentang pengalaman serta kemudahan dalam berbelanja online. Maka, inovasi seperti pembayaran non-tunai serta kontak fisik yang minim (sekalipun dengan kurir barang) akan membuat konsumen merasa terpuaskan.

Update #2: Konsumen Akan Memiliki Mindset Untuk Mengutamakan Produk Lokal 

local mindset atau mengutamakan produk lokal

Hikmah yang dapat diambil dari banyaknya regulasi mengenai adaptasi pola kebiasaan hidup baru seperti menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun, memakai masker, pembatasan perjalanan keluar kota atau negeri, kewajiban untuk melakukan swab tes ketika ingin berkunjung dalam sebuah acara yang melibatkan banyak orang (entah itu acara bisnis atau hiburan). Hal tersebut membuat orang-orang lebih sadar dan merasa butuh untuk mengeksplorasi kembali wilayah tempat tinggal mereka, termasuk mencari toko-toko lokal yang menjual kebutuhan mereka.

Pada tahun 2020, temuan yang ada di daerah Australia dan New Zealand menunjukkan adanya pertumbuhan peningkatan sebesar 53% pada penjualan domestik secara online di New Zealand. Sementara di Australia, terdapat peningkatan pencarian sebesar 90% terhadap pembelian lokal, dimana lebih dari 84% penduduk Australia menyatakan bahwa mereka mau membayar lebih terhadap brand lokal Australia.

Hal ini dapat menjadi catatan untuk para marketer agar dapat memberikan nilai dan unsur-unsur lokal yang lebih untuk dapat meraih konsumen saat ini.

Karena, terdapat peningkatan sebesar 95% pencarian terhadap kata kunci “Buatan Indonesia” atau “Made in Indonesia”. Tentu saja ini merupakan peluang besar agar bisnis di Indonesia dapat kembali bangkit, bahkan bertumbuh lebih dari sebelumnya.

Update #3: Chatbots (Mesin pembalas pesan otomatis)

chatbot adalah salah satu update digital marketing yang secara sederhana merupakan mesin pembalas pesan otomatis.

Mesin pembalas pesan otomatis ini memiliki fungsi sederhana namun sangat krusial dalam pertumbuhan bisnis kita. Adopsi digital terutama dalam hal berbelanja online membuat para konsumen menginginkan kecepatan dan kepastian terhadap sebuah produk atau jasa yang telah mereka incar. Terlambat membalas sudah dapat diartikan bahwa kita telah kehilangan pembeli potensial. Maka para marketer perlu mempertimbangkan penggunaan chatbot ini.

Pada penerapannya di Indonesia, kita dapat memakai chatbot yang sudah tersemat di dalam marketplace. Tetapi, terdapat juga jasa layanan pembuatan chatbot yang dapat dirancang untuk kebutuhan perusahaan kita dan diterapkan di banyak platform (website dan mobile app misalnya). Sistem kerjanya mulai dari yang sederhana (hanya akan membalas satu kali dengan template yang sama) sampai yang kompleks (dapat berkomunikasi dengan calon konsumen layaknya manusia). 

Tentu saja hal ini kembali pada strategi yang akan diimplementasikan oleh perusahaan kita, karena terdapat perbedaan biaya yang signifikan antara chatbot sederhana dengan yang kompleks. Keuntungan yang didapat pun juga akan berbeda. Saran dari Bootsol, apabila produk atau jasa yang kita tawarkan bukan merupakan kategori FMCG, maka chatbot sederhana dapat dipakai mengingat terdapat skema seperti pre order atau customized order yang membuat waktu pengerjaan menjadi lebih lama dan konsumen seharusnya sudah menyadari itu. Namun apabila termasuk dalam kategori FMCG atau memiliki fungsi sejenis, maka penggunaan chatbot yang kompleks akan memiliki perbedaan yang signifikan. 

Update #4: SERP (Search Engine Result Pages) Pada Posisi Nol

Zero SERP atau SERP Posisi nol yang merupakan update digital marketing dimana peringkat nol merupakan fitur yang dibuat oleh Google agar orang tidak perlu mengklik website, mempercepat waktu dalam menemukan informasi yang diinginkan

Mungkin terdengar asing, namun Google sebagai mesin pencarian terbesar telah menjalankan fitur ini selama beberapa waktu. Peran SEO disini sangat erat kaitannya dimana sebelumnya peringkat pertama dalam SERP merupakan yang paling relevan dengan kata kunci yang dicari, namun kini peringkat nol memberikan kemudahan dan kecepatan pada pengguna mesin pencari dalam mencari hal yang mereka inginkan tanpa harus membuka website tersebut. Ya, Google akan menyajikan data dalam bentuk poin-poin atau tabel yang berisi informasi dari kata kunci yang sedang kita cari jadi waktu kita akan jauh lebih terpangkas. 

Terdapat indikator yang kemudian dapat meningkatkan kemungkinan website kita berada pada peringkat Nol dalam SERP Google. Indikator tersebut adalah fitur snippet atau cuplikan dalam halaman pencarian Google. Snippet atau cuplikan inilah yang kemudian memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus membuka atau mengkliknya. 

Mengutip dari Singlegrain.com, para marketer dunia saat ini berusaha memfokuskan diri mereka untuk mengoptimalisasi On-SERP SEO dimana aspek seperti peringkat nol dalam SERP dan VSEO (Voice Search Engine Optimzation) menjadi tolak ukur dalam pembuatan konten yang ada pada website mereka. Hal tersebut kemudian membuat semakin sering website mereka muncul dalam hasil laman pencarian, meningkatkan CTR (Click Through Rate) lalu kemudian membuat trafik organik juga meningkat yang kemudian meningkatkan kemungkinan website mereka berada dalam hasil pencarian teratas, utamanya pada posisi Nol.

Update #5: Progressive Web Apps (PWAs)

PWAs merupakan progressive web app yang memiliki fungsi dasar mirip dengan mobile app

PWas sebenarnya telah hadir dalam update digital marketing selama beberapa waktu. Secara sederhana, PWAs merupakan website yang dioptimalkan agar dapat bekerja layaknya mobile app pada smartphone. Mereka memiliki fungsionalitas yang mirip dengan mobile app asli seperti load time yang cepat, mempunyai fitur pemberitahuan, dapat digunakan secara offline, serta dapat bekerja secara optimal pada semua device. Sebagai contoh, apabila kita pernah membuka akun instagram dalam versi desktop atau website, maka akan tetap terasa unsur seperti di dalam mobile app nya meskipun tidak seluruhnya.

Pada akhir 2020, mengutip dari Singlegrain.com, pengguna smartphone telah mencapai angka pengguna sekitar 2,87 Milyar yang mendukung pernyataan bahwa terdapat kenaikan mobile page view sebesar 50 persen tiap tahunnya. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi catatan bagi marketer untuk melihat aspek mobile compatibility dalam tiap platform yang ingin dituju, dalam hal ini konteksnya merupakan website yang dapat diakses dengan smartphone atau versi mobile, beserta optimalisasi PWAs dalam website kita seperti penyematan fitur push notifications (pemberitahuan) serta load time yang lebih cepat. 

Baca Juga: 5 Mobile App yang Simple Tapi Berfaedah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top