fbpx

Suatu organisasi/perusahaan yang paling sukses tentu sangat memahami bahwa tujuan dari bisnis apapun adalah dengan sebuah value creation (menciptakan nilai) bagi pelanggan, karyawan, dan investor, serta mengerti bahwa kepentingan ketiga kelompok ini berkaitan erat.

Sejatinya, value creation ini sangat berpengaruh bagi pelanggan suatu bisnis. Dimana bagi pelanggan, hal ini berarti suatu usaha untuk membuat produk dan menyediakan layanan yang menurut pelanggan bermanfaat secara konsisten sesuai dengan nilai-nilai yang telah bisnis tersebut ciptakan. Terlebih lagi dimasa sekarang ini, penciptaan nilai seperti itu biasanya didasarkan pada inovasi produk dan proses pemahaman kebutuhan pelanggan yang unik dengan kecepatan dan presisi yang terus meningkat. Jadi, bisnis kamu akan tetap mendapatkan tempat terbaik dari audiens dan pelanggan.

Yuk simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini!

Pemahaman Value Creation untuk Bisnis

Jika tujuan suatu usaha bisnis adalah untuk menciptakan nilai terhadap hal-hal didalam bisnisnya, maka misi perusahaan/bisnis tersebut harus bisa mendefinisikan kaitannya dengan aktivitas dan cara bagaimana untuk memfokuskan yang paling utama mengenai nilai-nilainya.

Definisi penciptaan nilai pada suatu bisnis adalah memberikan sesuatu yang berharga untuk menerima sesuatu lainnya yang lebih berharga bagi perusahaan/bisnis seseorang. Pengertian dari value creation ini sangat luas dan mencakup biaya serta banyak manfaat. Dimana hal ini berlaku untuk sang pemilik, pelanggan, dan juga karyawannya.

Penciptaan nilai-nilai dalam bisnis ini terjadi ketika bisnis atau organisasi menggunakan pekerjaan dan sumber dayanya untuk menciptakan sesuatu yang bernilai yang dijual kepada target pasar dan pelanggannya, dengan harapan bisnis tersebut akan memperoleh keuntungan dari apa yang telah dibuat. Dan juga dari sisi pelanggan, keinginan dan kemauan mereka terhadap suatu bisnis tersebut dapat terpenuhi.

Hal-Hal yang Menjadi Fokus Value Creation

Apa tujuan bisnismu? Mungkin beberapa akan mendefinisikannya sebagai profitabilitas, arus kas, keamanan, atau kebebasan. Akan tetapi, tujuan bisnis yang paling utama adalah untuk menerapkan nilai-nilai dalam bisnis yang telah ditetapkan di awal. Tujuannya adalah agar tidak mudah hilang dalam dunia persaingan bisnis.

Lalu, apa saja macam-macam value creation yang paling penting sebagai kunci kesuksesan suatu bisnis?

Penciptaan Nilai untuk Pelanggan (Value for Customers)

Pentingnya sebuah nilai yang diciptakan kepada pelanggan

Value creation adalah dimana kamu menciptakan sebuah nilai bisnis untuk mendapatkan kembali nilai tersebut dalam hal yang baik dan menguntungkan. Bisnis seseorang pada dasarnya hanya akan berhasil jika pemilik usaha memberikan nilai yang besar di awal bagi pelanggan dan karyawannya. Sebaliknya, bisnis akan gagal ketika mereka tidak dapat menghasilkan nilai bagi pemilik dan pelanggan.

Pada satu contoh, kamu dapat membuat produk dengan nilai tinggi yang ditujukan hanya karena keinginanmu sebagai pemilik bisnis, tetapi pelangganmu justru tidak melihat kebutuhan dan ketertarikan untuk itu, maka dari hal ini saja kamu mungkin tidak berhasil menghasilkan penjualan dengan lancar, yang berarti kamu tidak menciptakan banyak nilai-nilai dalam bisnismu terhadap konsumen.

Tentu sangat mudah untuk terjebak dalam beragam ide untuk menciptakan nilai tinggi yang kamu kira akan berpotensi hebat. Namun, nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya menjadi kunci sukses bisnis, karena tetap yang terpenting ialah value yang kamu tawarkan kepada pelangganmu.

Penciptaan Nilai dari Bagaimana Kamu Membangun Bisnis

Tujuan suatu bisnis akan sukses jika didalamnya ada tim yang suportif

Seorang pemilik usaha tentu mengharapkan hal-hal baik dalam kelangsungan bisnisnya, namun tak jarang juga yang masih belum berkomitmen pada nilai dan tujuan yang akan dijalankan kedepannya sehingga banyak yang terjebak dalam harapan bisnisnya itu.

Sebagai penunjang keberhasilan bisnis, kamu tentu perlu tim yang suportif yang dapat membantumu untuk menuangkan ide dan nilai-nilai dalam bisnis itu. Dalam mencapai tujuan, kamu sekiranya tidak sendirian. Perusahaan/bisnis besar yang telah sukses pun tetap membutuhkan dukungan mentor, kontraktor, dan karyawannya. Begitu pula jika kamu adalah seorang pemilik usaha kecil atau yang baru saja merintis, tentu dukungan dan pembelajaran dari orang lain sangat dibutuhkan.

Dalam suatu bisnis, value creation bukan saja terpaku akan kepuasan pelanggan, namun kamu sebagai pemilik usaha harus tetap memperhatikan kesejahteraan anggota tim bisnismu juga.

Baca juga: Superb 5 Strategi Bisnis di Tahun 2022 yang Wajib Kamu Pahami.

Penciptaan Nilai dari Membeli atau Membangun Aset

Nilai-nilai dalam bisnis yang juga harus ditanamkan ialah berani berinvestasi di awal.

Seorang pemilik bisnis pasti sering menciptakan sebagian besar keuntungannya sebelum melakukan penjualan. Maksudnya ialah pebisnis harus berani dalam berinvestasi terlebih dahulu sebelum melakukan penjualan produk/layanan bisnisnya. Hal ini tentu menjadikan lebih banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan menemukan produsen/properti dengan harga rendah daripada kemampuan untuk menjual dengan harga premium.

Karena pada dasarnya, harga penjualan terhadap suatu barang/layanan akan memengaruhi kinerja untuk mencapai target pasar. Jadi, jika kamu berani untuk berinvestasi lebih banyak diawal, maka selanjutnya akan lebih mudah untuk menentukan harga, nilai, dll nya.

Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan memecah seluruh sistem menjadi beberapa bagian dengan membayangkan setiap proses menjadi berhasil terbangun. Proses mana yang lebih stabil dan menguntungkan? Di mana peluangnya? Ada beberapa cara untuk memperkirakan hal tersebut, antara lain:

  1. Perkirakan keuntungan sebagai biaya setiap proses dibandingkan dengan peningkatan nilai produk dari proses itu.
  2. Bandingkan biaya proses atau produk yang kamu ingin tawarkan dengan rata-rata harga industri yang sesuai bidang bisnismu. Efisiensi yang lebih besar menciptakan keuntungan yang lebih besar pula.

Penciptaan Nilai dari Penjualan dan Pemasaran

Value creation dalam hal pemasaran

Dalam hal ini, pemilik bisnis harus bisa mengkomunikasikan nilai-nilai dalam bisnisnya kepada pelanggan sehingga mereka mengenalinya dan tertarik untuk membeli/membayar produk atau layanan tersebut. Keuntungan datang dari value creation dalam produksi atau penyampaian layanan dan komunikasi nilai melalui proses penjualan itu.

Manfaat penjualan bisa menjadi peluang terbesar yang mungkin terlewatkan jika kamu hanya fokus untuk menciptakan nilai besar dalam produk atau layanan tetapi kurang berinvestasi pada pemasaran. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah branding pada bisnismu.

Proses penjualan dan pemasaran adalah saat pelanggan pertama kali mempelajari nilai-nilai dalam bisnis yang kamu berikan kepada mereka. Dimana dalam hal ini, kamu harus bisa menyampaikan perihal apa yang bisnismu tawarkan.

Baca juga: Super Helpful! 5 Strategi Branding untuk Bisnis Kecil yang Mudah Diterapkan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top