fbpx

Cara endorse di instagram semakin berkembang seiring meluasnya produk dan target dari beberapa pihak tertentu. Instagram sendiri merupakan platform media sosial yang digemari oleh banyak kalangan. Hal ini membuat Instagram menjadi salah satu tempat yang efektif untuk pemasaran barang atau jasa atau yang biasa kita sebut dengan endorsement. Para era ini, endorsement di Instagram menjadi langkah yang menjanjikan untuk perkembangan usaha yang sedang kita jalani.

Cara endorsement di Instagram beserta budget penentunya.

Menurut Fimela.com, endorsement merupakan taktik bisnis yang dilakukan produsen untuk menambah daya tarik kepada konsumen. Promosi melalui endorsement dapat dilakukan dengan membayar maupun tidak berbayar sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Berikut ini 3 cara endorse di Instagram yang bisa kamu lakuin sesuai dengan budget yang kamu punya!

1. ENDORSE MELALUI SELEBGRAM

Untuk kalian yang sudah punya budget besar, cocok banget nih untuk melakukan endorsement langsung ke selebgram-selebgram yang ternama di Indonesia. Beberapa selebgram yang dianggap memiliki engagement yang tinggi seperti Rachel Vennya, Awkarin, Keanuagl, dan Fadil Jaidi bisa jadi pilihan kamu kali ini. Tentunya mereka juga memasang rate yang cukup tinggi untuk sekali endorsement.

Untuk sekali melakukan endorsement kepada selebgram-selebgram tersebut, biasanya kamu harus siap menggocek budget antara 3juta-25juta, bahkan lebih daripada itu. Hal itu tergantung bagaimana kesepakatan antara kedua belah pihak dan berapa lama durasi yang akan dibuat untuk mempromosikan produk tersebut. Misalnya kamu memilih promosi lewat insta story, bisanya dihitung berapa lama waktu yang kamu pilih. Semakin lama konten yang dilakukan, pasti semakin tinggi harga endorsement tersebut.

Salah satu cara endorsement di Instagram melalui Rachel Vennya.

Saat kesepakatan endorse disetujui kedua belah pihak, kamu harus mengirimkan produk yang akan dipromosikan. Setelah itu pihak kedua harus menunjukan postingan menggunakan produk tersebut di Instagram pribadinya. Sebelum itu jangan lupa untuk memiliki kesepakatan mengenai review apa saja yang harus diungkapkan oleh pihak kedua. Baik itu honest review atau membawakan script sesuai dengan keinginanmu.

Saat ingin melakukan endorsement, pastikan bahwa produk yang akan kamu pasarkan memiliki nilai jual agar banyak peminat maupun pembeli melalui endorsement tersebut.
Selain itu ada baiknya untuk mengecek keaktifan followers, rate, engagement, atau likes dan comment dari selebgram yang kamu pilih.

2. ENDORSE MELALUI AGENSI

Berbeda dengan selebgram-selebgram yang sudah disebutkan diatas, endorse melalui agensi biasanya menggunakan para talent yang memiliki followers 5k-20k. Dari agensi ini, produk kamu akan dipasarkan oleh beberapa talent dalam agensi tersebut sesuai dengan kesepakatan kamu di awal.

Salah satu agensi dalam endorsement.

Walau tidak seterkenal selebgram ternama di Indonesia, pastinya pihak dalam agensi ini sudah memiliki pasarnya sendiri. Tetapi tetap penting untuk melakukan research bagaimana tingkat keuntungan dalam menggunakan jasa mereka.

Banyak online shop yang menyatakan bahwa mengendorse melalui agensi lebih terjangkau. Prosedur dan kesepakatan yang dilakukan juga lebih mudah dibandingkan memilih selebgram ternama. Hal ini juga menjadi bahan yang harus kamu pertimbangan sebelum kamu menetapkan pilihan dalam endorsement.

3. PAID PROMOTE

Walau endorse dan paid promote memiliki pengertian yang berbeda, tetapi paid promote cocok banget nih karena kamu hanya perlu mengirimkan materi iklan tanpa mengirimkan produk kepada pihak yang bersangkutan. Paid promote lebih mengutamakan konten karena kamu bisa menyertakan foto, video, atau screen record yang menunjukan feeds Instagram dan produk-produk terbaik kamu. Pastikan juga kamu memberikan iklan yang menarik untuk dipromosikan.
Lalu apa saja sih, yang harus kamu perhitungkan dalam memilih selebgram atau influencer dalam paid promote ini?

Tentunya kamu harus melihat kredibilitas dari pihak tersebut. Selain itu, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana pembawaan dan kreatifitas orang tersebut dalam menyampaikan review kepada penonton story instagramnya. Kamu bisa tau apakah ia cocok atau tidak untuk mempromosikan iklan kamu berdasarkan story sehari-hari yang ia buat.

Selain melalui influencer atau selebgram, biasanya kampus-kampus yang akan mengadakan event membuka paid promote dengan harga yang lebih terjangkau lagi. Kamu hanya perlu membayar dengan 10k-50k, dan iklan kamu akan diposting melalui insta story atau dipost di feeds instagram. Bagi penyedia jasa seperti ini, biasanya mereka akan mencantumkan contact person yang akan menjadi pihak penghubung kedua belah pihak.

Contoh budget yang harus dikeluarkan untuk paid promote di Instagram.

Keuntungan yang kamu dapat dalam paid promote ini adalah kamu mengeluarkan lebih sedikit pengeluaran dan kamu dapat menyesuaikan semuanya sesuai dengan budget yang kamu sediakan, sementara kekurangan dari paid promote ini terkadang beberapa pihak memposting di akun yang private sehingga kurangnya antusias dari penonton iklan karena terbatasnya orang yang melihat.

Baca juga : https://bootsol.com/bootsol-misc/tiktok-vs-instagram/

Dari tiga cara diatas, tentunya semua memiliki tingkat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu memiliki budget yang mencukupi dan sudah matang dalam mempertimbangkan beberapa hal dalam proses endorsement, kamu bisa memilih selebgram ternama sesuai dengan target pasar yang kamu tuju. Dan jika kamu merupakan owner dari online shop yang baru berkembang, kamu sangat bisa menggunakan jasa para talent di agensi atau paid promote di instagram.

Di balik itu, untung atau ruginya dalam proses endorsement ini tergantung pada faktor internal dan eksternal yang ada. Misalnya keunikan dan nilai jual yang kamu miliki, atau bagaimana minat penonton story dalam menilai produk kamu dan cara pihak kedua dalam mempromosikan barang atau jasa yang kamu berikan.

1 thought on “3 Cara Endorse di Instagram Sesuai dengan Budget Kamu!”

  1. Pingback: Cool! 5 Alasan Instagram Sebagai Digital Marketing Masa Kini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top