fbpx

Handphone atau telepon genggam adalah alat komunikasi elektronik yang tidak harus disambungkan dengan kabel dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Proses terbentuknya telepon genggam ini lumayan unik karena mengedepankan tentang kemudahaan berkomunikasi dengan kenalan atau keluarga tanpa harus menelpon di telepon umum atau di telepon hotel saat sedang berpergian.

1. Sejarah Handphone

Telepon genggam pertama kali ditemukan pada tahun 1973 oleh Martin Cooper, karyawan Motorola. Ada juga yang menyebutkan telepon genggam ditemukan oleh salah satu divisi Motorola yaitu divisi tempat Martin Cooper bekerja. Ide ini diusulkan oleh Martin Cooper sendiri yang memikirkan tentang sebuah alat untuk berkomunikasi yang kecil, dapat dibawa kemana-mana, dan tanpa kabel. Martin Cooper bersama timnya memikirkan bagaimana caranya merangkai sebuah telepon dengan konsep yang lebih mudah dibawa kemana-mana dan tidak menggunakan kabel. Tapi pada tahun 1973 Martin Cooper masih belum bisa meng implementasikannya, barulah pada tahun 1983 telepon genggam pertama kali tercipta. telepon genggam pertama dengan bobot 2kg yang berhasil diciptakan oleh Motorola dan diberi nama DynaTAC 8000X

2. Inovasi Handphone Dari 1973 Hingga Sekarang

 Setelah telepon genggam pertama dibuat, berusaha memasukan ide yang inovatif kedalam perangkat kecil ini. Dengan ketekunannya manusia bisa mengembangkan ponsel dengan sangat cepat dan dapat membantu kehidupan manusia itu sendiri agar memudahkannya. Inilah inovasi-inovasi telepon genggam yang mempelopori smartphone yang kini kita pakai:

DynaTAC 8000X

handphone DynaTAC 8000X

DynaTAC 8000X adalah handphone pertama didunia yang dibuat oleh Motorola. telepon genggam ini pertama kali dijual pada tahun 1983 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. telepon genggam ini tidak bisa mengirim SMS dan hanya bisa digunakan untuk menelepon, dan dengan bentuknya yang besar ini membuat telepon genggam ini tidak bisa dikantongi dan harus dimasukan kedalam tas kalian.

MicroTAC 9800X

handphone MicroTAC 9800X

MicroTAC 9800X merupakan terobosan lanjutan dari DynaTAC 8000X yang diproduksi oleh Motorola pada tahun 1989. MicroTAC 9800X ini memiliki konsep yang berbeda dengan pendahulunya yaitu mengusung tema handphone yang bisa dilipat dan bisa dimasukan kedalam saku. Menariknya lipatan yang ada di handphone ini adalah mikrofon dan antenanya hanyalah hiasan yang tidak bisa digunakan untuk menguatkan sinyal.

Baca Juga : 8 Online Bisnis Yang Sedang Booming Dimasa Pandemi

IBM Simon Personal Communicator

handphone IBM Simon Personal Communicator

Simon adalah handphone dengan layar sentuh pertama yang dirilis pada tahun 1994 yang diproduksi oleh International Business Machines (IBM). Simon dirilis dengan fitur-fitur yang canggih pada zamannya selain berfungsi sebagai posnel yaitu game, email, kalkulator, dan lainnya.

Nokia 7110

handphone Nokia 7110

Nokia 7110 adalah handphone dengan internet pertama dengan menggunakan teknologi 2G. handphone ini dilengkapi dengan WAP yang berfungsi sebagai mobile web surfing. Telepon genggam ini dirilis pada tahun 1999.

Nokia 3210

handphone Nokia 3210

Nokia mengeluarkan handphone tanpa antena pertama yaitu Nokia 3210 yang dirilis pada tahun 2000. Dengan munculnya telepon genggam tanpa antenna pertama ini membuat heboh dan menjadi handphone paling futuristik pada zamannya.

Blackberry 5810

handphone Blackberry 5810

Pada tahun 2002 Blackberry merilis handphone pertama yaitu Blackberry 5810 yang akan berkembang menjadi tren yang sulit untuk dihentikan pada awal tahun 2000. Blackberry mendominasi pasar ponsel dunia selama beberapa tahun.

Iphone 2G

handphone Iphone 2G

Apple mengeluarkan Iphone Pertama yaitu Iphone 2G yang menjadi cikal bakal Iphone-Iphone yang dipakai sekarang. Steve Jobs yang mengumumkan perilisan Iphone pada tahun 2007 mengelurkan ponsel dengan layar besar dan layar sentuh yang merupakan terobosan baru bagi teknologi ponsel dan dengan desain yang sangat futuristic Steve Jobs dapat memaksimalkan teknologi yang sudah ada dan membawanya ke next step dalam dunia handphone.

HTC Dream

handphone HTC Dream

Ponsel Android pertama yang muncul pada 2008 setahun setelah perilisan Iphone pertama yaitu adalah HTC Dream. Hampir sama dengan Iphone yang sudah memakai layar sentuh HTC Dream juga menggunakan layar sentuh dan sudah menggunakan OS Android 1.6 Donut.

HTC Evo

handphone HTC Evo

HTC Evo merupakan ponsel dengan kemampuan 4G pertama yang mempelopori smartphonesmartphone menggunakan kemampuan 4G sebagai standar smartphone masa kini. HTC Evo dirilis pada tahun 2010

Itulah handphonehandphone yang merupakan awal dari smartphone yang kita pakai hingga hari ini. Yang awalnya hanya diperuntukan untuk menelpon berkembang sehingga kita bisa melakukan segalanya dengan smartphone kita. Dengan mengembangkan ide-ide kecil yang diperuntukan untuk mempermudah kehidupan manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top