fbpx

Salah satu perangkat aksesoris pelengkap smartphone adalah earphone. Benda satu ini memiliki fungsi untuk mendengarkan audio dari perangkat smartphone, laptop ataupun tablet. Tapi tunggu dulu, itu disebutnya earphone atau headset ya? Atau mungkin headphone? Jangan-jangan sebutannya handsfree lagi. Duh, banyak juga ya sebutannya. Ternyata benda-benda itu memiliki bentuk yang berbeda dengan fungsi yang beragam juga loh. Yuk langsung simak perbedaan headset, headphone, earphone dan handsfree di bawah ini.

HEADPHONE

Gambar via Unsplash

Pada dasarnya, headphone adalah perangkat untuk mendengarkan audio yang lebih dulu muncul dari apa yang ada dalam daftar ini. Benda ini mungkin sering kalian lihat di warung internet atau warnet. Headphone terdiri dari dua buah speaker yang terpasang menutupi telinga. Dua buah speaker tersebut dihubungkan oleh plastic melengkung yang membuatnya nampak seperti bando. Benda ini akan memberikan pengalam pribadi ketika kamu sedang mendengarkan musik atau menonton film di smartphone, tablet dan hingga laptop.

Perangkat ini memang dirancang secara khusus hanya untuk mendengarkan audio, artinya tidak bisa digunakan untuk komunikasi ketika ada yang menelpon. Karena fungsi khususnya ini, para developer biasanya membuat headphone dengan kualitas audio yang sangat bagus sehingga bisa memberikan pengalaman yang luar biasa untuk para pengguna. Selain itu, headphone juga dirancang supaya hanya memindahkan sedikit udara di sekitar telinga pendengar. Hal ini akan menciptakan panggung suara yang lebih terbatas dan lebih personal.

Headphone terdiri dari dua jenis yaitu open-back dan close-back. Sesuai dengan namanya, jenis open back memiliki desain housing (cup di telinga) yang terbuka, artinya terdapat beberapa lubang yang dapat mengalirkan suara dari speaker. Desain seperti ini memungkinkan orang-orang yang ada di sekitar bisa mendengarkan lagu apa yang sedang kamu dengar. Sementara itu, jenis close-back adalah kebalikannya, housingnya tertutup dan suara dari luar bisa diredam dengan baik. Selain itu, efek bass-nya juga akan lebih terasa.

BACA JUGA: 3 RECOMMEND TABLET MINI

HEADSET

Gambar Via Unsplash

Bagai pinang dibelah dua, headphone dan headset memiliki bentuk yang sama. Perbedaan yang cukup esensial yaitu headset dilengkapi dengan mikrofon untuk berkomunikasi ketika ada seseorang menelpon. Ini sangat berguna bagi kamu yang sering mengadakan meeting atau pertemuan secara daring karena selain suara yang di dengarkan bisa sangat jernih, suara kamu yang dihasilkan dari mikrofon biasanya juga tidak kalah bagus sehingga orang lain bisa mendengar suara kamu dengan jelas. Mikrofon headset dapat berupa mikrofon boom yang bisa digerakkan dan diposisikan sesuka hati. Ada juga variasi lain yaitu fitur mikrofon in-line. Mikrofon jenis ini biasanya terpasang pada kabel yang menghubungkan headset ke komputer atau perangkat lainnya.

Perangkat ini sangat ideal untuk komunikasi voice over IP seperti ketika menggunakan Skype, Zoom, Google Meeting dan lainnya. Apalagi sekarang kan sekolah atau kerja lebih banyak dilakukan di rumah kan? Headset juga adalah perangkat yang sempurna untuk bermain game online dengan komunikasi suara secara langsung. Pendengar bisa saja tenggelam dalam pengalaman mendengar mereka.

EARPHONE

Gambar via Unsplash

Nah ini yang sering disebut sebut oleh banyak orang, earphone. Memang benar, earphone adalah perangkat untuk mendengarkan audio yang biasa kalian lihat. Bentuknya kecil, buds-nya bisa langsung dimasukkan ke dalam telinga. Karena ukurannya yang kecil ini, earphone sangat praktis untuk dibawa kemanapun, tidak memerlukan banyak ruang, bahkan bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam saku.

Sekarang banyak bermunculan earphone yang kualitas suaranya tidak kalah dengan headset maupun headphone loh. Apalagi karena penggunaanya yang langsung dimasukkan ke dalam lubang telinga, membuat suara lebih fokus dan mampu meredam noise dari luar.

Perangkat ini cocok buat kamu yang suka bepergian alias travel addict. Bayangkan momen disaat kamu sedang diperjalanan dan mendengarkan musik favoritmu. Pasti akan menambah pengalaman mendengarkan yang lebih dalam.

HANDSFREE

Gambar via Unsplash

Selanjutnya ada handsfree. Sebagian dari kalian mungkin agak asing ya dengan istilah ini, tapi kami jamin kalian pernah sesekali melihatnya. Bentuknya sangat mirip dengan earphone, hanya saja handsfree memiliki tombol fungsi dan mikrofon. Penggunaannya lebih mirip seperti headset, cocok untuk melakukan komunikasi lewat telepon dan sejenisnya ditengah sibuknya melakukan aktivitas. Misalnya ketika

kamu sedang memasak sambil menelpon seseorang dan terlalu sibuk untuk memegang smartphone, maka bisa memakai handsfree ini karena terdapat beberapa tombol fungsi untuk mengangkat atau memutus panggilan hingga mematikan dan menyalakan audio yang ingin diputar. Sangat praktis bukan?

Nah sekarang udah tahu perbedaanya, jangan sampe salah sebut lagi ya …

BACA JUGA: Super Keren! Kelebihan HP yang Ada NFC, Mulai dari Cek Saldo Hingga Terkoneksi ke Mobil Otomatis, 2021 Wajib Tau

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top