fbpx

Belakangan ini banyak seller yang menjual produk-produk smartphone bekas seperti iPhone second dan menjadi hal yang lumrah bahkan terdapat tukar tambah untuk mengupgrade ponselnya, misalnya dari iPhone 6 ke iPhone 8.

Ilustrasi iPhone Second
Ilustrasi iPhone Second.

iPhone merupakan salah satu brand smartphone yang populer dan digandrungi oleh banyak lapisan masyarakat di berbagai negara. Kemenkominfo memaparkan bahwa 89% dari penduduk Indonesia menggunakan smartphone. Berdasarkan jumlah tersebut, tak heran banyak dari mereka yang tak ragu untuk mengonsumsi produk second dari smartphone. Alasannya beragam, mulai dari gengsi, gaya hidup, sampai memang cocoknya menggunakan produk-produk apple.

Tips sebelum membeli iPhone second

Ilustrasi iPhone second.
Ilustrasi iPhone Second.
  • Cek Fisknya

Sebelum masuk ke unit dalam dari iPhone, perlu diperhatikan pula bagian luarnya apakah masih layak dipakai atau tidak. Jika kamu membeli iPhone yang masih terdapat home button, periksa kondisinya apakah masih bisa dipencet atau tidak, lihat juga tombol volumenya agar kamu tidak menyesal saat membeli kemudian fitur tersebut tidak dapat berfungsi.

Lain halnya jika kamu membeli dengan kondisi baret-baret tipis karena bekas masa pemakaian sebelum kamu. Dapat kamu akali dengan memakai case ponsel agar menutupi kekurangan barang yang kamu beli sekaligus melindungi smartphone kamu agar tetap aman, terlebih produk apple ini termasuk ringkih. Jadi harus kamu jaga baik-baik.

  • Cek Baterai Healthnya

Jangan beharap kamu akan mendapatkan baterai health 100 persen dan patut curiga jika kamu mendapatkan angka setinggi itu sebab apabila bekas maka kecil kemungkinan baterai health masih benar-benar penuh. Kamu cukup mencari baterai health dengan angka 80 persen keatas karena masih terhitung oke namun juga tidak terlalu rendah (masih tahap wajar).

Ketika orang yang baru mau mencoba atau menggunakan iPhone, mereka mungkin berpikir atau hanya tau satu charger yang aman, yaitu charger bawaan iPhone itu sendiri. Padahal banyak yang MFI (Made For iPhone) denga sertifikat harga jauh lebih murah.

Kalau kamu gamer, ada cara untuk membuat baterai kamu jadi lebih aman jika menggunakan spliter. Spliter ini merupakan jantungnya para gamer mobile. Banyak yang salah saat menggunakan ini dalam keadaan baterai low, padahal pada saat kondidi baterai dibawah 20 persen, arus listrik dari kepala charger bakal besar banget di posisi lowbat.

Penggunaan spliter lebih baik digunakan saat posisi baterai dalam keadaan 80 persen karena arus listriknya cenderung lebih kecil dibandingkan saat di posisi 20 persen tadi. Makanya saat kamu colok di posisi 20 persen, iPhone kamu pasti akan panas dan membuat keadaan baterai gampang hancur dan stress.

Baca Juga: Amazing! 7 Fakta Iphone 13 yang Harus Kamu Tahu

  • Cek Imei Match

Kamu perlu memastikan iPhone second yang kamu beli match atau cocok antara box dan unitnya. Buka pengaturan pada ponsel kamu, pilih ‘About Phone’, atau bisa kamu cek di sini oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Jangan sampai dibodohi dengan seller yang nakal, sebab ada beberapa kasus yang imeinya hanya berlaku 90 hari saja. Untuk yang beli secara resmi sudah pasti aman, namun untuk second internasional harus dua kali lebih diperhatikan dan hati-hati. Biasanya yang beli second inter diatas 15 september 2020 itu sudah pasti aman karena dapat pemutihan. Intinya, jangan tergiur sama harga yang terlalu miring karena kasus seperti ini kemungkinan besar untuk turis.

Salah satu ciri imei diblokir biasanya ponsel kamu mengalami hilang sinyal. Kamu perlu untuk cek dial di *#06#, kemudian imei akan muncul. Jika tidak, maka ada yang bermasalah disana (hardware) dan harus di service.

  • Cek True Tone

True tone merupakan fitur iPhone yang ditemukan pada iPhone 8 keatas. Fungsinya dapat menyesuaikan warna dan intensitas cahaya sesuai dengan lingkungan kamu. Ketika true tone diaktifkan, maka layar akan menyesuaikan dan membuat mata kamu tidak gampang lelah serta dapat membuat baterai kamu lebih awet.

LCD yang pernah diganti biasanya true tone nya nonaktif, kamu perlu curiga kalau unit iPhone second kamu sudah tidak original lagi.

  • Cek Dengan 3UTools

Dengan kamu melakukan pengecekan dengan 3UTools, kamu bisa lihat score iPhone second kamu pernah diganti atau tidak dalamnya seperti kamera, baterai, dan lainnya dengan cara menyambungkan iPhone ke laptop yang sudah ada aplikasi 3UToolsnya. Aplikasi ini akan melakukan pengecekan apakah iPhone yang akan kamu cek merupakan iPhone refurbish (rekondisi) atau masih original.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top