fbpx

Berbagai produk smartphone murah akan terus bermunculan tanpa henti, dari yang membuat persaingan antar brand dengan cara meluncurkan produk-produk smartphone dengan price to performance menarik, juga dengan cara memberikan jaminan dan gift lainnya, seperti pemberian softcase gratis, garansi resmi, maupun jaminan pembaharuan sistem yang up-to-date.

Smartphone low-end bermain pada kisaran 1 Jutaan dan ditujukan untuk mereka yang baru memulai menggunakan berbagai macam fitur pada smartphone, anak-anak muda, maupun mereka yang mencari smartphone dengan budget tertentu. Rekomen hp 1 jutaan 2020 menjadi search yang paling banyak dicari karena adanya beberapa fitur yang menarik pada smartphone low end tentu saja dapat menjadi pertimbangan yang lebih untuk memilikinya dengan hanya merogoh kocek 1 Jutaan. Berikut ini beberapa rekomendasi smartphone yang masih powerful di tahun 2020 versi bootsol.com:

1. Samsung A10s: Smartphone murah seperti lini seri ‘A’ lainnya?

rekomendasi smartphone

Source: Samsung A10s

Pada awal kehadirannya, rekomendasi smartphone pertama ini dibandrol dengan harga 1,9 hingga 2 jutaan. Posisi seri A pada samsung ditujukan untuk mereka yang ingin merasakan sensasi flagship dari brand Samsung namun dengan beberapa fitur dan build quality yang sedikit berbeda. Adanya pemangkasan fitur maupun pemilihan material smartphone dirasa sebagai pilihan yang tepat untuk memberikan smartphone di range harga 1 jutaan. Sampai saat tulisan ini dibuat, harga Samsung A10s sudah turun di kisaran harga 1,7 jutaan saja.

Smartphone yang mengusung unibody dan menggunakan slot hybrid (pengguna harus memilih untuk menggunakan dual sim sekaligus atau satu sim dan micro sd) ini nampaknya menggunakan layar berjenis TFT. Mungkin sebagian dari kita mengharapkan penggunaan layar Amoled khas Samsung yang mungkin hadir pada seri A lainnya, namun menurut penulis, penggunaan layar TFT pada smartphone Samsung A10s ini tidak menjadi kendala yang berarti.

One UI yang tertanam pada smarphone ini memberikan user experience yang cukup menyenangkan, nampaknya One UI ini masih menjadi yang terbaik dari sistem UI lain yang ada. OS Android terbaru juga disematkan pada smartphone ini, android 9 (Pie) yang tentu saja upgradable to android 10 yang nantinya akan diberikan secara bertahap.

Pada sektor chipset, penggunaan Mediatek MT6762 Helio P22 menurut penulis cukup fair, dengan range harga yang ekonomis, penggunaan chipset ini cukup umum digunakan pada beberapa brand smartphone lain. Dengan fabrikasi 12 nm diharapkan bisa membuat efesiensi daya baterai yang berkapasitas 4000 mAh ini menjadi lebih irit.

Untuk penggunaan kasual, chipset ini cukup bisa diandalkan. Scrolling sosial media, nonton youtube, maupun game-game terkini seperti; PUBG mobile maupun lite, Free Fire, maupun mobile legends masih dapat berjalan dengan cukup lancar, tentu dengan settingan rata kiri dan beberapa stutter pada scene tertentu, semisal pada saat main bar-bar dengan beberapa squad. Untuk sektor daya? Jangan khawatir, SOT yang bervariasi dan berkisar pada 6 Jam menurut penulis cukup bisa diandalkan untuk bermain smartphone seharian.

Pada sektor kamera tentu saja dapat diandalkan untuk penggunakan outdoor pada siang hari, hasil kamera yang diberikan masih cukup bisa diterima untuk sekedar upload di sosial media. Kita tidak bisa berharap banyak pada penggunaan malam hari, noise pasti menghiasi gambar yang kita ambil.

Untuk pilihan warna, smartphone ini memiliki pilihan warna Blue, Green, Red, dan Black . Harga dari smartphone ini berkisar di 1,7 hingga 1,8 jutaan.

2. Realme C3: Rekomendasi Smartphone murah khusus gaming?

rekomendasi smartphone
Source: Realme C3

Smartphone yang diluncurkan pada awal tahun 2020 ini masih menjadi rekomendasi yang tepat untuk artikel rekomendasi smartphone ini. Realme yang merupakan anak perusahaan Oppo memiliki beberapa karakteristik yang mirip, karena sebelumnya banyak konsumen yang mencari hp oppo termurah dan bagus , realme nampaknya mencoba membuat terobosan untuk membuat smartphone yang lebih affordable. Smartphone bongsor ini memiliki layar 6,5 inch!.

Cukup memanjakan mata jika kita menggunakan smartphone ini untuk membaca, menonton film, atau aktivitas lainnya yang memerlukan layar yang luas. Sayangnya, kita harus puas dengan resolusi HD saja, tentu saja tujuan pemangkasan ini untuk memberikan harga yang murah. Penggunaan proteksi layar Corning Gorilla Glass 3 ini juga terdengar menarik, pasalnya beberapa brand lain tidak memberikan keterangan lengkap terkait penggunakan proteksi layar pada smartphone mereka.

Hal yang menarik dari rekomendasi smartphone kedua ini adalalah penggunaan chipset yang powerfull untuk penggunaan berat, yakni Mediatek Helio G70!. Chipset octa core dengan fabrikasi 12 nm serta daya baterai sebesar 5000 mAh menjadi komposisi yang pas sebagai daily driver orang yang membutuhkan smartphone ngebut dan irit. Slot yang diberikanpun juga menggunakan dedicated slot, sehingga kita tidak harus dipusingkan untuk menggunakan dual sim dan micro sd secara bersamaan.

Untuk gaming tentu saja tidak ada hambatan yang berarti, meski beberapa pengguna mengeluhkan delay touch, namun kita harap Realme akan segera memperbaiki bug ini. Dalam sektor kamera, menurut penulis Realme C3 ini masih bisa diterima hasilnya pada saat siang maupun malam, meskipun noise masih tetap menghiasi gambar yang kita ambil.

Untuk pilihan warna, smartphone ini memiliki pilihan warna Frozen blue dan Blazing red . Harga dari smartphone ini berkisar di 1,8 hingga 1,9 jutaan. Tak heran ada di deretan rekomendasi smartphone murah yang terbaik!

3. Redmi 8: Smartphone murah dalam segi performa atau daya?

rekomendasi smartphone
Source: Redmi 8

Rekomendasi smartphone ketiga besutan Xiaomi ini menjadi penerus lini ‘Redmi’ yang pada saat ini menjadi sub brand dari Xiomi, yang mana hanya berfokus pada seri Redmi dan Redmi Note saja. Smartphone yang mengusung layar bongsor sebesar 6,22 inch ini juga memberikan informasi detail terkait proteksi yang digunakan, yakni Corning Gorilla Glass 5. Meskipun kita harus terima dengan resolusi yang ditawarkan, yakni hanya HD saja, namun masih tetap nyaman pada saat kita berlama-lama menatap layar smartphone ini. Dengan OS bawaan Android 9 dan MIUI 11 yang akan mendapatkan pembaharuan ke MIUI 12, anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan jaman jika anda berniat membeli smartphone ini.

Mungkin dari kita bertanya-tanya alasan Xiaomi menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 439 setelah suksesor sebelumnya, yakni Redmi 7 yang mendapatkan tempat di hati para penggemarnya dengan chipset yang diusung, yakni Qualcomm Snapdragon 632. Namun Xiaomi meyakinkan para penggemarnya dengan menonjolkan sisi baterai yang lebih besar, yakni 5000 mAh. Ukuran baterai jumbo yang lumrahnya ditemukan pada serian Mi Max, namun saat ini digunakan pada smartphone redmi 8.

Bagaimana dengan pengalaman gaming? Tentu saja tidak jadi masalah, penggunaan intens yang padat tidak membuat kita khawatir dengan frame drops maupun kehabisan daya.  Game-game terkini bisa dilibas dengan cukup lancar, namun dengan settingan grafis rendah atau rata kiri. Mungkin ini bisa menjadi referensi atau rekomendasi smartphone gaming murah, meskipun harus sedikit mengorbankan sektor grafis. Dalam sektor kamera, sama halnya dengan seri smartphone low end lainnya, produk ini tidak didesain untuk fotografi, namun lebih ke aktivitas yang memerlukan daya tahan baterai yang awet.

Untuk pilihan warna, smartphone ini memiliki pilihan warna Onyx black, Ruby red, Sapphire blue, dan Phantom red . Harga dari smartphone ini berkisar di 1,8 hingga 1,9 jutaan.

4. Vivo Y12, Rekomendasi Smartphone Rajanya selfie!

rekomendasi smartphone
Source: Vivo Y12

Smartphone yang juga mengisi lini low end kali ini datang dari brand Vivo. Brand asal tiongkok ini sudah lama mengisi sektor smartphone yang berfokus pada swafoto atau biasa disebut Selfie Expert, terkait banyak pula respon dari netizen yang berpendapat smartphone ini sebagai hp yang bagus kameranya dan murah. Banyak pula konsumen yang mengharap hp vivo murah dan bagus, mungkin rekomendasi smartphone yang satu ini adalah jawabannya.

Smartphone berbadan bongsor ini mengusung layar HD dengan proteksi yang tidak diketahui, berukuran 6,35 inch, serta memiliki dedicated slot. Sama hanya dengan beberapa smartphone low end lainnya, Vivo Y12 mengusung chipset P22 dengan fabrikasi 12 nm, ditemani dengan GPU PowerVR GE8320, serta tersedianya pilihan RAM dan Internal yang bervariasi, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB.

Selfie camera yang dibawa mungkin hanya 8 MP dengan bukaan aperture f/2.2, namun smartphone ini bisa anda andalkan untuk sektor swafoto atau selfie. Untuk kebutuhan sosial media, smartphone ini juga dapat diandalkan, baterai sebesar 5000 mAh membuat pengalaman bersosial media kita menjadi lebih menyenangkan. Rekomendasi smartphone yang tepat buat pecinta selfie!

Tidak perlu khawatir dengan penggunaan sehari-hari, karena daya baterai terbilang cukup besar. Dalam pengalaman gaming mungkin terdengar biasa-biasa saja, karena GPU maupun chipset yang dibawa terbilang pas-pasan, namun dengan harga yang cukup terjangkau, tidak ada salahnya anda mencoba pengalaman Funtouch UI pada rekomendasi smartphone ini.

Untuk pilihan warna, smartphone ini memiliki pilihan warna Aqua blue dan Burgundy Red . Harga dari smartphone ini berkisar di 1,8 hingga 1,9 jutaan.

5. Infinix Hot 9 Play: Serius nggak mau beli?

Tidak banyak memang pengguna infinix jika dibandingkan dengan rekomendasi smartphone di atas, namun tidak ada salahnya anda mempertimbangkan smartphone ini untuk dimasukkan kedalam wishlist.  Infinix Hot Play 9 menjadi breaker bagi kompetitornya, baterai yang diusung juga tidak tanggung-tanggung, yakni 6000 mAh!. Anda mungkin tidak perlu pusing untuk mengecas smartphone ini untuk 2 hari kedepan.

Dalam sektor performance, infinix terdengar biasa-biasa saja, smartphone ini mengusung chipset Mediatek MT6761 untuk varian 2/32 GB dan Helio A25 untuk varian 3/32 GB dan 4/64 GB. GPU yang diusung juga terdengar biasa, yakni PowerVR GE8320. Memang rekomendasi smartphone ini memiliki keunggulan pada sektor daya yang terbilang irit dan sangat cocok untuk anda yang memerlukan smartphone dengan daya yang terbilang ‘tidak biasa’ ini.’

Smartphone ini juga mengusung dedicated slot, dimana anda tidak harus pusing untuk menggunakan dual sim dan micro sd. Bagaimana dengan desain dan layar yang diusung? Sangat menarik sekali, karena smartphone ini memiliki ukuran yang tidak biasa, yakni 6,82 inch!. Dengan ukuran cukup besar, mungkin lebih tepatnya jika smartphone ini masuk ke dalam kategori phablet. Sayangnya, kita harus mencicipi layar smartphone ini dengan resolusi yang hanya HD saja.

Untuk pilihan warna, rekomendasi smartphone terakhir ini memiliki pilihan warna Midnight black, Quetzal Cyan, Violet, dan Ocean Wave. Harga dari smartphone ini berkisar di 1,5 hingga 1,6 jutaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top