fbpx

Dilansir dari Medium, ponsel pintar memiliki lebih dari 1 Milyar pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia serta wadah untuk lebih dari 2.5 Juta aplikasi yang tersedia dan dapat di unduh melalui smartphone kalian. Seiring dengan perkembangan teknologi digital pun, kini terdapat Smartphone yang sudah berjalan dengan jaringan 5G atau biasa disebut dengan Smartphone 5G.

Di era digital sekarang ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone menjadi alat penting bagi hampir seluruh orang di dunia. Dengan adanya smartphone tentu memudahkan banyak orang untuk menjalin komunikasi tanpa adanya hambatan, karena dengan adanya alat komunikasi tersebut lah orang-orang bisa berkabar dengan sanak saudara, keluarga, rekan kerja, sahabat, dll yang mungkin tersebar di berbagai kota dengan secara cepat dan mudah.

Ponsel pintar jenis ini sedang banyak diminati dan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya dalam jangkauan yang lebih luas. Di Indonesia sendiri, masih jarang ditemukan smartphone yang sudah memiliki jaringan tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang menunggu peluncurannya dari berbagai brand ponsel pintar yang sudah banyak kita ketahui, seperti Apple, Samsung, Xiaomi, dll.

Dengan adanya jaringan tersebut pada ponsel pintar, dinilai akan lebih memudahkan para penggunanya untuk berselancar di internet dan juga berkomunikasi. Kekuatan jaringan ini juga dinilai memiliki kecepatan internet yang lebih baik dan juga sinyal yang stabil di berbagai tempat.

Pengertian Jaringan 5G

Smartphone 5G
Jaringan Smartphone 5G (sumber: CapacityMedia)

Jaringan 5G adalah sebuah teknologi nirkabel generasi ke-5. Teknologi ini disebut dapat menyediakan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, serta kapasitasnya yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan 4G LTE. Dengan jaringan ini, data yang ditransmisikan melalui koneksi broadband nirkabel dapat berjalan dengan kecepatan multigigabit, dengan potensi kecepatan puncak setinggi 20 gigabit per detik (Gbps) menurut beberapa perkiraan.

Jaringan dan layanan 5G akan digunakan secara bertahap selama beberapa tahun ke depan untuk mengakomodasi meningkatnya kepercayaan para pengguna pada perangkat seluler dan internet. Secara keseluruhan, jaringan ini diharapkan menghasilkan berbagai aplikasi, penggunaan, dan sebagai media untuk berbisnis baru saat teknologi diluncurkan.

Seperti jaringan seluler lainnya, jaringan ini menggunakan sistem situs sel yang membagi wilayahnya menjadi beberapa sektor dan mengirim data yang disandikan melalui gelombang radio. Setiap situs sel harus terhubung ke pusat jaringan, baik melalui koneksi backhaul kabel atau nirkabel.

Berikut adalah beberapa rekomendasi ponsel pintar yang sudah didukung oleh jaringan 5G yang telah maupun akan rilis, diantaranya adalah:

Ini Dia 3 Smartphone 5G Yang Wajib Kalian Intip!

Iphone 13

Apple: Series Iphone 13 (sumber: YugaTech)

Pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Apple, bukan?

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Perusaan yang berpusat di Cupertino, California ini didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Produk-produk yang dihasilkan oleh Apple seperti Macbook, iPod, iPad, iMac, serta iPhone telah sukses mendunia sejak lama hingga saat ini masih menjadi brand gadget paling banyak diminati diseluruh dunia.

Kini, Apple pun semakin melengkapi seri-seri iPhone terbarunya, seperti seri iPhone 13 sebagai Smartphone 5G yang akan dirilis di Indonesia. Diperkenalkan pada 14 September 2021 dengan empat varian seri yaitu iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro Max, dan iPhone 13 Pro. Smartphone ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 12 Juta hingga Rp. 27 Jutaan.

Apple menggunakan tampilan datar yang sama untuk seluruh jajaran iPhone 13, dan model iPhone 13 memiliki desain bodi yang hampir sama dengan model iPhone 12 sebelumnya. Terdapat bagian depan yang seluruhnya terbuat dari kaca dan bagian belakang yang seluruhnya terbuat dari kaca berwarna-warni yang ditempatkan dalam bingkai aluminium yang diserasikan dengan warna ponsel tersebut.

Baca juga: Amazing! 7 Fakta Iphone 13 yang Harus Kamu Tahu

Dengan didukung oleh konektivitas 5G yang memadai menjadikan iPhone seri ini semakin ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan jaringan Gigabit LTE yang difungsikan pada saat jaringan tersebut tidak tersedia, dan untuk menghemat masa pakai baterai saat menggunakan 5G, Mode Data Cerdas (Smart Data Mode) akan beralih ke koneksi LTE saat kecepatannya tidak diperlukan. Model iPhone 13 baru menawarkan dukungan eSIM ganda dan tidak dilengkapi dengan SIM fisik secara default, tetapi masih ada slot nano-SIM.

Semua model iPhone 13 dimulai dengan penyimpanan 128GB, dan iPhone 13 serta iPhone 13 mini dapat dipesan dengan ruang penyimpanan hingga 512GB. Itu setengah dari ruang penyimpanan maksimum model iPhone 13 Pro, yang hadir hingga 1TB.

Semua model iPhone 13 menggunakan chip A15 terbaru dari Apple, yang menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi dibandingkan chip A14 yang digunakan di iPhone 12. Chip A15 di iPhone 13 dan 13 mini memiliki fitur GPU 4-core, yang satu inti lebih sedikit daripada yang tersedia di iPhone 13 Pro dan Pro Max. Dengan demikian, iPhone 13 Pro dan Pro Max menawarkan kinerja GPU tercepat, tetapi model iPhone 13 standar pun tidak terlalu jauh di belakang.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Tidak kalah dengan perusahaan sebelumnya, Samsung juga merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia dan merupakan brand smartphone terfavorit.

Samsung merupakan sebuah perusahaan manufaktur multinasional Korea Selatan yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan. Terdiri dari banyak bisnis afiliasi dimana sebagian besar dari mereka bersatu di bawah merek Samsung, dan merupakan chaebol (konglomerat bisnis) terbesar di Korea Selatan.

Salah satu pioner dari perusahaan tersebut ialah keberadaan ponsel pintar yang bergengsi, seperti yang baru dirilis yaitu Samsung Galaxy series S (21 Ultra). Samsung dikenal dengan kamera smartphone yang brilian yang dioptimalkan melalui jajaran seri S21. Snap 8K yang ditingkatkan memungkinkan penggunanya mengambil gambar sebening kristal dari rekaman video 8K tersebut.

Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan layar 6.8”2 Dynamic AMOLED 2X — layar paling cerdas yang pernah dibuat oleh Samsung. Dimana untuk pertama kalinya, memiliki fitur kecepatan refresh layar secara otomatis yang menyesuaikan dari 10Hz ke 120Hz untuk memastikan Anda mendapatkan gambar terbaik sambil menghemat baterai. Hal ini sangat cocok untuk para gamers yang membutuhkan pengalaman bermain mobile game favoritnya dengan spesifikasi yang canggih yang dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung ke 5G Ultra Wideband.

Seri Galaxy S21 Ultra 5G ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 13 Jutaan dan tersedia dengan pilihan memori 128GB dan 256GB pada varian warna Phantom Violet, Phantom Gray21, Phantom Pink dan Phantom White. Serta Galaxy S21+ 5G yang hadir dalam 128GB dan 256GB dengan varian Phantom Violet, Phantom Silver, dan Phantom Black. Ponsel pintar seri ini juga menambahkan opsi 512GB dalam Phantom Black dan Phantom Silver. Sebagai tambahannya, tersedia pula Galaxy Buds Pro yang hadir dalam tiga warna: Phantom Black, Phantom Silver dan Phantom Violet sehingga dapat dicocokan dengan varian Galaxy S21 Ultra Anda.

Xiaomi Mi 12 Pro 5G

Tipe Xiaomi Terbaru: Mi 12 Pro 5G (sumber: SajhaTech)

Xiaomi Corporation adalah salah satu perusahaan smartphone yang sedang banyak diminati pula di dunia. Perusahaan ini didirikan pada April 2010 dan terdaftar di Papan Utama Bursa Efek Hong Kong pada 9 Juli 2018 (1810.HK). Produk-produk ponsel pintar dari Xiaomi ini terkenal dengan harganya yang terjangkau namun telah dilengkapi dengan spek-spek yang berkualitas yang tidak kalah bersaing dengan brand-brand smartphone terkemuka lainnya.

Seri terbaru dari smartphone ini ialah Mi 12 Pro 5G yang diperkirakan rilis pada awal tahun 2022 nanti dengan harga sekitar $500 hingga $600 USD. Seri ini memiliki layar LCD Full HD+ IPS 6,81 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Dilengkapi dengan tiga kamera, dimana kamera utamanya adalah 64 megapiksel. Mi 12 Pro 5G memiliki kamera selfie punch hole 20 megapiksel. Smartphone ini juga dilengkapi dual SIM Card yang keduanya merupakan sim card nano.

Smartphone Mi 12 Pro 5G hadir dengan berbagai pilihan konektivitas. Ponsel ini didukung Jaringan 5G serta 4G, 3G, 2G, Wi-Fi 802.11, b/g/n, Hotspot Seluler, Bluetooth, GPS dengan A-GPS, dan USB Type-C. Fitur khusus dari ponsel ini adalah sensor cahaya, spektrum warna, akselerometer, sensor jarak, sensor sidik jari, dan giroskop yang berbeda dari varian smartphone yang dimiliki Xiaomi.

Ponsel pintar ini memiliki varian RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, serta RAM 8 GB dengan penyimpanan 256 GB. Ponsel ini juga memiliki dukungan pengisian cepat (fast charging) 67W dengan baterai 5000mAh.

Keuntungan Menggunakan Smartphone 5G

Ponsel berbasis 5G secara khusus dirancang untuk menangani tuntutan kinerja 5G, dan tentu ada berbagai macam manfaat yang akan didapatkan para pengguna untuk membeli ponsel 5G ini. Mulai dari kecepatan yang lebih baik dan koneksi yang lebih andal, seperti dibawah ini.

Kecepatan Super Cepat

Kecepatan yang didapat saat menggunakan jaringan 5G pada ponsel Anda.

Salah satu keuntungan utama yang di dapat pada saat membeli ponsel 5G adalah kualitas peningkatan kecepatannya yang sangat tinggi. 5G menghasilkan kecepatan jaringan seluler tercepat hingga saat ini, memastikan kinerja yang lebih andal serta pengalaman pengguna yang lebih baik.

Saat Anda menggunakan jaringan 5G pada ponsel dan ingin mengunduh sesuatu, disitulah manfaat yang benar-benar akan lebih didapat dibandingkan pada saat menggunakan ponsel jaringan 4G.

Jaringan 4G saat ini memiliki kecepatan mengunduh maksimum 300Mbps, tetapi dengan 5G akan mencapai hingga 10Gbps – itu lebih dari 200 kali lebih cepat. Dengan kecepatan yang ditingkatkan, akan menguntungkan para penggunanya untuk dapat melakukan streaming dan melihat media resolusi tinggi serta mengunduh konten lebih cepat dari sebelumnya. Dalam hal ini, dengan jaringan 5G, hanya perlu dua detik untuk mengunduh 75 gambar, sekitar delapan detik untuk mengunduh dua seri lengkap acara TV favorit Anda, dan hanya kurang dari satu menit untuk mengunduh film panjang fitur lengkap.

Koneksi Yang Dapat Lebih Diandalkan

Seseorang dengan ponsel 5G-nya

Dengan ponsel 5G, Anda akan menerima koneksi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan 4G. Dengan kekuatan sinyal yang lebih baik, kualitas panggilan yang lebih baik dengan gangguan sinyal yang lebih minim atau bahkan tidak ada sama sekali, serta kecepatan berselancar internet yang lebih cepat bahkan pada waktu sibuk.

Keuntungan besar lainnya adalah peningkatan kapasitasnya. 4G LTE hanya dapat beroperasi menggunakan pita frekuensi yang lebih rendah, sedangkan 5G beroperasi dengan menggunakan 3 pita spektrum yang berbeda. Dapat disimpulkan, 4G hanya dapat mengatasi frekuensi hingga 6GHz, dimana 5G sudah menggunakan frekuensi super tinggi mulai dari 30GHz hingga 300GHz.

Kekuatan dari jaringan ini membuat koneksi data lebih cepat dan lebih dapat mudah dijangkau oleh penggunanya, jadi jika Anda sedang berada di area sibuk atau di acara besar, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan koneksi jaringan.

Merupakan Teknologi Masa Depan

Ponsel 5G dengan beragam keunggulannya

5G adalah sebuah teknologi seluler yang dirancang untuk masa depan, jadi tidak mengherankan jika ponsel 5G akan bersama dengan penggunanya selama bertahun-tahun yang akan datang. Ponsel dengan jaringan terbaru ini tidak hanya dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung ke jaringan 5G, tetapi juga dibuat dengan teknologi dan spesifikasi internal yang ditingkatkan. Dari prosesor yang lebih kuat hingga masa pakai baterai yang lebih baik, ponsel ini dibuat dengan mempertimbangkan segala perkembangan teknologi di masa depan.

Sudah tahu kan keuntungan dari memiliki Smartphone 5G? Pastikan Anda telah mempertimbangkan segala aspek dari beberapa rekomendasi diatas ya! Jangan lupa, sesuaikan dengan budget Anda, karena pada dasarnya semua ponsel pintar yang sudah didukung oleh jaringan tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Selamat memilih, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top