fbpx

Istilah Mobile Marketing tentunya bukan sesuatu yang asing lagi, apalagi bagi anda yang memiliki bisnis di bidang Pemasaran Digital. Seperti yang anda ketahui di era digital ini, semua orang tidak dapat lepas dari smartphone. Hal itu disebabkan karena besarnya pengaruh smartphone dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga, kita telah terbiasa untuk mencari informasi, berkomunikasi bahkan berbelanja via Handphone. Melihat pengaruh smartphone sekarang ini, anda selaku pebisnis tentunya dapat memanfaatkan peluang yang ada bukan? Bootsol yakin, sebagai pebisnis anda perlu mengikuti tren supaya, anda dapat unggul dari para pesaing. Nah, lalu, kira-kira apa saja strategi pemasaran yang powerful bagi bisnis anda? Berikut Bootsol jelaskan terkait hubungan dan strategi Pemasaran Mobile yang powerful dalam bisnis.

Apa Itu Mobile Marketing?

Merupakan salah satu strategi pemasaran atau suatu strategi digital marketing yang bertujuan untuk menjangkau target audiens melalui smartphone atau perangkat seluler lainnya. Selain itu, dapat melalui situs, email, media sosial maupun aplikasi.

Mengapa Mobile Marketing Penting dalam Bisnis?

Dunia Marketing berkembang seiring perkembangan teknologi. Sehingga, pemasaran produk dinilai lebih efektif jika dilakukan secara digital. Ditambah lagi, dengan adanya smartphone yang berakibat pada kemunculan jenis pemasaran spesifik yang disebut dengan istilah mobile marketing. Pengaruh smartphone cukuplah besar sehingga, telah menjadi sesuatu yang penting. Oleh karena itu, pebisnis seharusnya, memprioritaskan pemasaran melalui sarana “mobile”. Sehingga, suatu brand dapat lebih mudah untuk menjangkau konsumen secara cepat dan tepat.

Dengan kreativitas tinggi, hubungan yang lebih personal antara brand dan konsumen, serta segmentasi yang lebih tepat sesuai kebiasaan online para pengguna perangkat mobile, tak diragukan jika mobile marketing bakal menjadi cara pemasaran yang efektif untuk para brand mendekatkan diri ke konsumen secara lebih personal. 

-Merdeka.com

Strategi Mobile Marketing Powerful untuk Bisnis Anda

Terdapat berbagai strategi pemasaran mobile yang patut anda coba. Namun, untuk menentukan mana yang paling cocok perlu dipertimbangkan berdasarkan industri bisnis anda. Di antara lain seperti, Audiens, jenis bisnis dan budget.

1. Pemasaran Di Aplikasi

Melakukan pemasaran berupa mobile campaign di aplikasi seluler. Strategi ini merupakan salah satu strategi powerful karena menurut penuturan Kompasiana, pengguna smartphone menghabiskan sekitar 80% waktunya dengan mengakses aplikasi seluler. Lalu, anda tidak perlu memiliki aplikasi sendiri untuk mengiklankan produk/ brand anda. Melainkan, dua aplikasi berikut dapat mendukung anda dalam membuat Mobile Campaign. Dimana, akan muncul dalam aplikasi seluler penggunanya.

– Google Ad Mob

– Facebook

Jika anda membuat iklan di Facebook, iklan tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi Facebook. Untuk formatnya biasanya clickbait berupa news sehingga, kerap kali penggunanya tidak sadar jika mereka sedang melihat iklan.

Social Media

Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk menjaring dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Selain itu, menjalankan Social Media Marketing seperti memasang iklan di aplikasi media sosial.

Baca juga Seberapa Penting Website Mobile Friendly di Era 4.0

2. Pemasaran di Aplikasi Games Seluler

Apakah and tahu bahwa, pengguna seluler kerap kali bermain Games di handphone ataupun perangkat lainnya. Nah, sebagai pebisnis anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan memasang iklan di aplikasi games. Selanjutnya, terdapat beberapa macam format iklan berupa gambar, video yang muncul dan pop-up banner. Berdasarkan jenis iklan yang telah dibahas di atas, menurut anda mana yang paling tepat untuk bisnis anda?

Mari simak penjelasannya di sini

3. Penggunaan Quick-response barcode (kode QR).

Penggunaan QR code bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam menerima informasi. Lantaran, konsumen dapat mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas dengan tampilan lebih sederhana. Selain itu, kesannya pun dianggap lebih santai karena informasi dapat diakses dimana dan kapan saja. Lalu, untuk cara kerja QR code sendiri juga cukup mudah untuk dilakukan. Konsumen hanya perlu memindai QR code menggunakan kamera ponsel kemudian, konsumen akan langsung diarahkan menuju website and akun social media bisnis anda.

Berikut, Bootsol berikan contoh tampilan QR code :

4. Voice Marketing

Strategi Mobile Marketing Powerful lainnya versi Bootsol adalah Voice Marketing. Strategi yang memanfaatkan penggunaan konten audio dalam memasarkan produk/ brand ini ternyata telah menjadi tren sejak tahun 2020 loh. Lalu, apakah jenis pemasaran ini sama seperti radio? jawabannya tidak. Meskipun, keduanya berfokus pada audio namun, Voice Marketing dianggap lebih fleksibel karena, anda dapat memilih konten sesuai keinginan anda dan didengarkan kapan saja. Selain itu, strategi pemasaran mobile jenis ini juga didukung oleh riset Google. Dimana dinyatakan bahwa sekitar 72 persen orang suka mendengarkan audio dalam rutininas harian, sebagai contohnya podcast.

Yuk! coba lakukan salah satu atau keempat strategi powerful Mobile Marketing dari sekarang. Bootsol harap artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, khususnya bagi para pebisnis, supaya dapat unggul dalam persaingan dan dapat terus berkembang mengikuti tren di era Digital ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top