fbpx

Kembangkan bisnismu dengan website!

Globalisasi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Layaknya virus, dia mudah menyebar dan diterima oleh masyarakat. Apalagi setelah booming-nya internet pada tahun 2000an yang hingga sekarang memberikan banyak manfaat. Beragam aplikasi bermunculan, mulai dari Snapchat, Friendster, hingga Facebook. Darisana kemudian muncul juga beragam aplikasi bisnis seperti Bukalapak, Lazada dan Tokopedia.

Tahukah kamu bahwa semua aplikasi itu berawal dari sesuatu bernama website? Website yang dalam bahasa Indonesia artinya situs web adalah kumpulan halaman yang bisa diakses oleh semua orang menggunakan internet. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah bisa mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalani. Apalagi di zaman digital seperti sekarang, orang-orang sudah familiar dengan kegiatan digital. Mereka tidak bisa lepas dari gadget dan pc-nya. Yuk langsung cari tahu lebih dalam mengenai hal ini yang akan memberikan segudang manfaat untuk kegiatan bisnis kamu.

Apa Itu Website?

Gambar dari Unsplash

Website adalah kumpulan dari beragam halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses dengan mengunjungi halaman rumah menggunakan browser. Artikel yang sedang kamu baca ini adalah artikel yang dimuat dalam website. Layar yang sedang kamu tatap ini disebut sebagai halaman. Jika kamu ingin mencari tahu tentang hal lain mengenai website ini, tinggal ketik saja URL alamatnya, lalu kamu akan dibawa ke halaman yang dimaksud. Artinya kamu sudah pindah halaman. Ibarat buku lah ya. Kita membuka satu per satu halaman, dari halaman satu ke halaman dua. Hanya saja situs web bentuknya digital. Tinggal klik sana, klik sini dan kita bisa langsung masuk ke halaman yang diinginkan.

Adapun yang dimaksud dengan URL, dikutip dari Niagahoster Blog, URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, istilah lain untuk menyebut alamat situs web. URL ini berfungsi membawa kamu ke sebuah situs web spesifik yang ingin dituju. Biasanya, kamu akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser. Jika sulit mengingatnya, anggap saja URL ini sebagai alamat. Jika kamu ingin pergi ke suatu tempat, maka kalian perlu alamat tempat tersebut. Sama halnya dengan situs web. Jika kita ingin mengunjungi situs web Bootsol misalnya, kita harus tahu URL-nya.

BACA JUGA: YUK DISIMAK, PRICELIST TERJANGKAU DARI BOOTSOL

Apa Manfaat Website untuk Bisnis?

Jika kamu sedang mengembangkan bisnis dan ingin perusahaan kamu lebih banyak dikenal orang, maka pertimbangkanlah untuk membuat website. Saat ini, para pelaku bisnis sedang berlomba supaya perusahaan mereka bisa populer di dunia digital. Situs web dianggap penting karena dapat menampilkan profil perusahaan dengan menarik dan lengkap. Selain itu, jika ada informasi terbaru mengenai perusahaan bisa langsung tersebar dengan cepat. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari situs web, khususnya buat kamu para pebisnis.

Memudahkan Pencarian Informasi untuk Customer

Internet dan situs web memungkinkan para customer untuk bisa mencari informasi tentang produk atau jasa yang sedang kamu jual. Tidak peduli kapan dan dimana, customer bisa mencari tahu tentang perusahaan kamu tanpa harus mendatangi kantor. Hal ini sangat efektif bagi kedua belah pihak, baik “penjual” maupun “pembeli”. Penjual tidak perlu repot-repot menjelaskan perusahaan yang dimiliki, begitupun dengan pembeli yang bisa mengetahui informasi yang diinginkan kapanpun dan dimanapun.

Meningkatkan Kredibilitas

Hingga saat ini pengguna internet kian hari kian meningkat. Internet digunakan sebagai wadah mencari informasi yang tentu saja akan memberikan segudang manfaat untuk para pelaku bisnis. Pelanggan atau pembeli tidak perlu repot memeriksa usaha yang sedang kamu geluti secara manual. Mereka cukup melihat profil perusahaan dari situs web dan segera setelah itu mereka akan memiliki gambaran perusahaan yang kamu miliki. Oleh sebab itu, informasi yang dimuat di situs web hendaknya lengkap dan tidak menimbulkan pertanyaan lebih lanjut. Selain itu, tampilannya juga harus menarik supaya customer bisa semakin yakin untuk melakukan bisnis dengan kamu atau membeli produk yang kamu miliki.

Meningkatnya Popularitas Perusahaan

Karena situs web dapat diakses kapanpun dan dimanapun serta kecepatan internet yang tidak mengenal batas, maka ini menguntungkan bagi kamu selaku pelaku bisnis. Jaringan yang akan kamu bangun akan lebih luas. Hal ini menyebabkan perusahaan kamu akan dikenal secara nasional atau bahkan mungkin internasional. Orang dari dalam maupun luar negeri bisa dengan mudah mengakses informasi perusahaan kamu sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasanya.

Hemat

Memiliki situs web dapat menghemat waktu dan pengeluaran loh. Berbeda dengan cara konvensional yang harus mencetak brosur atau selebaran hingga harus membuat janji untuk sebuah pertemuam yang belum tentu kedua pihak sepakat. Selain itu, bayangkan kamu harus menelpon satu persatu pelanggan, pasti akan menghabiskan banyak waktu dan anggaran. Oleh sebab itu, cara yang konvensional itu dianggap sudah tidak relevan lagi di zaman modern ini karena sudah saatnya untuk membuat situs web.

Bagaimana Cara Membuat Website?

Gambar dari Unsplash

Sayangnya nih guys, buat kamu yang awam, dibalik manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh situs web, untuk membuatnya ternyata memerlukan skill khusus yang mumpuni dan kesabaran ekstra. Jangan menyerah ya. Berikut ini kami sedikit spill bagaimana cara membuat website atau situs web dengan mudah.

  1. Tentukan dulu jenis website yang kamu inginkan. Apakah toko online, blog pribadi, portofolio, atau profil perusahaan untuk melakukan kerjasama.
  2. Selanjutnya adalah menentukan platform atau wadahnya. Kami sarankan untuk menggunakan WordPress karena selain simple, kamu tidak akan berpusing ria berurusan dengan coding dan sebagaingnya.
  3. Tentukan hosting dan nama domain. Hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah yang berlokasi di suatu tempat. Sedangkan domain adalah alamat rumah kamu.
  4. Langkah berikutnya adalah menginstall WordPress.
  5. Terakhir, lakukanlah optimasi pengaturan WordPress agar bisa menghasilkan website yang optimal.

Ribet Ya? Tenang, Boostol Punya Solusinya!

Bootsol adalah Solusi Digital Kamu! Gambar dari sini.

Jika kamu merasa step diatas masih sangat basic dan perlu penjelasan lebih lanjut, mungkin kamu harus berkenalan dengan Bootsol. Dengan Bootsol, kamu tidak perlu pusing dalam membuat website! Cukup duduk santai sambil menikmati kopi dan biarkan Bootsol mengurus semua keperluan website kamu!  

Bootsol adalah online business agency yang menyediakan layanan jasa untuk kegiatan digital kamu, termasuk salah satunya adalah bisnis online. Disana kamu bisa melakukan kerjasama untuk membuat website / web development dengan semua teknologi yang diperlukan. Pastinya, bisnis kamu akan naik ke tingkat berikutnya. Selain itu, Bootsol juga menyediakan layanan jasa desain. Kamu bisa bekerjasama untuk membuat logo bisnis online kamu, tone and style media sosial, business card, hingga T-Shirt.

Dengam memesan pembuatan website di Bootsol, kamu tidak perlu khawatir apalagi pusing. Hasilnya terjamin berkualitas kok karena sudah banyak perusahaan yang bekerjasama dengan Bootsol. Untuk harga dan informasi lengkapnya, kamu bisa kunjungi websitenya disini.

Baca Juga: 6 Excellent Service Bootsol Ini Bakal Mengembangkan Bisnis Kamu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top