fbpx

Apa itu blog? Pada tahun 1994, definisi blog adalah sebagai buku harian digital yang dibagikan secara online, sehingga orang-orang bisa melihatnya.

Dalam jurnal online ini, Anda bisa menulis apa pun yang Anda sukai. Misalnya berbicara tentang hobi Anda, aktivitas Anda sehari-hari, tips and trick¸dan sebagainya.

Dengan membagikan cerita Anda, maka orang-orang dapat berkomunikasi dengan Anda lewat informasi yang Anda sebarkan.

Jika Anda seorang pengusaha bisnis, Anda juga bisa menggunakan blog sebagai media marketing Anda. Anggap brand Anda memiliki karakter yang memiliki tujuan, cerita, serta wawasan yang ingin dibagikan terkait bidang usaha.

Maka, Anda dapat memperkenalkan brand usaha Anda tersebut kepada masyarakat online secara luas.

apa itu blog untuk media marketing
photo from Unsplash

Apa itu Blog?

Memahami apa itu blog, sebagai kependekan dari “weblog”, merupakan jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik.

Postingan akan selalu muncul di halaman teratas Blog. Dalam blog, Anda bisa berbagi informasi atau pandangan Anda mengenai sesuatu, atau sebagai media Anda untuk memasarkan produk bisnis Anda.

Sampai sekarang, terdapat 570 juta blog di Internet. Jumlah blogger di Amerika, mencapai 31,7 juta pengguna pada tahun 2020.

Photo from Unsplash

Tujuan Blog Bagi Penggunanya

Sebenarnya Anda bisa menggunakan blog untuk beragam tujuan, baik itu untuk kepentingan pribadi, atau kepentingan bisnis.

Aktif melakukan blogging¸ apalagi jika untuk kepentingan bisnis, maka website Anda bisa naik peringkat di SERP (Search Engine Results Page) Google.

Saat peringkat website naik di SERP, maka banyak orang yang akan mengunjungi blog Anda. Tentu banyaknya orang mengunjungi website Anda, maka blogging bisa dimanfaatkan pula untuk bisnis.

Sebagai bisnis, Anda bisa menggiring orang-orang sebagai calon konsumen saat mengunjungi blog Anda. Buat mereka tertarik untuk membeli produk dan layanan Anda lewat blog Anda.

Jika bisnis Anda masih baru, maka Anda bisa mengjangkau konsumen dengan cara menarik perhatian mereka. Beritahu informasi seputar perusahaan Anda dan apa  yang Anda jual.

Tanpa blogging, usaha Anda akan terlihat oleh orang-orang, Anda butuh memasang wajah perusahaan Anda di internet untuk bisa dicari orang dan ikut berkompetisi dengan bisnis lainnya.

Jaid, tujuan utama blog adalah menghubungkan Anda dengan audiens yang relevan dengan topik yang Anda bahas di Blog.

Tujuan lain dari blog adalah untuk meningkatkan traffic website Anda, lalu mengirim arahan berkualitas ke website Anda.

Semakin sering Anda menulis, membuat konten di Blog Anda, maka semakin memungkinkan bagi website Anda untuk ditemukan di SERP dan dikunjungi oleh audiens.

Tambahkan CTA (Call to Action) pada blog, agar audiens semakin terdorong untuk membeli produk dan jasa Anda lewat blog.

Sebuah blog juga memungkinkan Anda menunjukkan otoritas niche Anda dan membangun merk.

Pastikan konten dan informasi yang Anda buat sangat menarik, sehingga membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

Kemampuan blogging yang hebat membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel. Hal ini sangat penting dilakukan jika usia bisnis Anda masih muda dan belum banyak dikenal.

Struktur Tampilan Blog

Tampilan blog sebenarnya sudah berubah dari waktu ke waktu, namun Anda dapat memahami apa itu blog dengan memahami struktur tampilannya.

Berbagai macam item dan widget juga sudah disediakan. Sebagian besar blog masih menyertakan beberapa fitur dan struktur standar.

Berikut adalah fitur umum yang akan disertakan oleh blog biasa:

  • Header dengan menu atau bilah navigasi
  • Ruang konten utama dengan postingan blog popular atau terbaru
  • Sidebar dengan profil social, konten favorit, atau ajakan bertindak.
  • Footer dengan tautan yang relevan dengan kebijakan privasi, halaman kontan, dan sebagainya

Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan mendasar antara apa itu blog dan website, yaitu kalau blog harus selalu diperbarui, sedangkan website tidak perlu selalu diperbarui.

Artinya website lebih cenderung bersifat statis dibandingkan blog. Mungkin blog sering membagikan konten tentang cerita perusahaan, sedang website hanya memberikan informasi umum tentang perusahaan.

Blog

Blog dapat melibatkan audiens ketika membaca konten. Audiens dapat berkomentar, bersuara, mengemukakan pendapat mereka kepada perusahaan melalui blog.

Yang pasti, blog harus selalu dimasukkan postingan baru terus-menerus. Sedang, website menghadirkan halaman statis yang kontennya jarang di-update.

Postingan blog dapat diindentifikasi melalui catatan tanggal penerbitan, referensi penulis, kategori, dan tag dalam byline.

Meskipun tidak semua postingan blog memiliki semua elemen byline tersebut, sedangkan halaman website tidak memiliki item ini.

Website

Pengunjung mungkin berpikir konten situs statis tidak akan berubah dari satu kunjungan ke kunjungan berikutnya, namun website tetap akan diperbarui oleh perusahaan untuk memberikan informasi terbaru.

Informasi yang diberikan oleh website biasanya hanya seputar company profile, produk dan layanan. Oleh karena itu jarang sekali diperbarui.

Jika blog, maka konten blog harus diperbarui dalam waktu dekat, misalnya dalam hitungan bulan, minggu, atau bahkan hari.

Keterampilan Blogging

Istilah blogging mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh blogger di blog. Istilah ini muncul pada tahun 2000-an, ketika beberapa blog politik lahir.

Pada tahun tersebut, Blog adalah media bagi segelintir lembaga untuk membagikan beritanya secara digital.

Dari sini, lembaga menyadari terdapat perbedaan antara jurnalisme dan blogging, namun bisa diintegrasikan.

Blogging adalah keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan dan mengawasi blog. Seseorang membutuhkan konsistensi untuk melengkapi halaman website-nya.

Beberapa kegiatan blogging, diantaranya adalah proses penulisan, posting, menautkan, dan berbagi konten lebih mudah di internet.

Keuntungan Blog untuk Pribadi dan Perusahaan

Blog adalah platform yang biasa digunakan, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan bisnis perusahaan.

Untuk kepentingan pribadi, blogging adalah cara yang baik untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat kita mengenai topic tertentu.

Sementara untuk dunia bisnis, blog bisa menjadi sarana untuk menggiring audiens menjadi calon pelanggan baru.

Berbagai macam platform bisa Anda gunakan, seperti WordPress, Blogger, dan Zyro. Tiga contoh platform ini bisa Anda bangun dalam hitungan menit tanpa kebingungan masalah teknis.

Lihat manfaat blog berikut ini:

1. Membagikan Wawasan Anda

Banyak orang membuat blog untuk berbagi pengalaman mereka tanpa harus tergantung pada jurnalis atau perusahaan media. Dalam hal bisnis, Anda bisa berbagai wawasan mengenai bidang bisnis yang Anda jalankan.

Ketika bisnis memilki platform resmi, mereka dapat mengontrol persona, gaya Bahasa, dan informasi apa yang ingin mereka muat di blog mereka.

2. Membangun Brand Image

Platform blog, bisa menjadi ruang yang bagus untuk Anda menunjukkan karakter brand Anda.

Anda dapat memposting campaign marketing Anda, hasil porfolio kerja tim, bercerita tentang bagaimana awal mula bisnis berdiri serta visi dan misi perusahaan.

3. Menghasilkan uang

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blogging, tentu Anda membutuhkan banyak sekali pembaca setia di blog Anda.

Anda bisa menggunakan strategi SEM, seperti sponsor dan iklan untuk secara instan menaikkan peringkat Anda di SERP.

Kesimpulan

Pada dasarnya definisi apa itu blog, yakni sebuah platform online yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan bisnis maupun pribadi.

Jika untuk pribadi, maka Anda bisa mengekspresikan diri Anda melalui blog. Sedang untuk bisnis, maka bisa menjadi media bagi Anda untuk menggiring lebih banyak audiens sebagai calon pelanggan.

Untuk memaksimalkan blog, Anda butuh keterampilan blogging yang maksimal. Terus konsisten menulis konten, agar blog Anda menjadi kredibel dan terpercaya di mata pembaca.

Anda bisa bekerjasama dengan Bootsol untuk mengembangkan blog bisnis Anda, bersama tenaga profesional mengembangkan konten berkualitas untuk meningkatkan trafik blog perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top