fbpx
Ilustrasi belajar bahasa Inggris melalui website
Ilustrasi belajar bahasa Inggris melalui website

Siapkah anda menghadapi era globalisasi? Di era globalisasi sebenarnya banyak sekali yang perlu disiapkan agar nanti bisa menyesuaikan keadaan dan mengikuti perkembangan dengan baik. Salah satu yang penting dan perlu disiapkan untuk menghadapi era globalisasi yaitu bahasa yang tak lain ialah Bahasa Inggris. Anda dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing terutama bahasa tersebut. Tentunya harus bisa menguasai dengan baik agar bisa bersaing secara global. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Indonesia harus bisa berkomunikasi dengan baik bukan hanya dengan bangsa sendiri, melainkan juga dengan bangsa asing. Persaingan tak akan berjalan jika kemampuan anda dalam bahasa tersebut minim. Oleh karena itu mulai sekarang perlu mempersiapkan belajar bahasa Inggris.

Pada dasarnya setiap negara memiliki bahasanya masing-masing. Dari sekian banyaknya bahasa yang digunakan di setiap negara, Bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib untuk dipelajari dan dikuasai dengan baik. Bahasa tersebut sudah dianggap sebagai bahasa pemersatu dunia, disebut juga sebagai bahasa internasional. Dimana penggunaan bahasa tersebut digunakan untuk kerja sama berbagai bidang antar negara, seperti pada bidang ekonomi, otomotif, politik, industri, teknologi, dan masih banyak lagi.

Pemakaian bahasa Inggris yang paling dominan digunakan menjadi alasan mengapa kemampuan yang mahir dalam penggunaan bahasa tersebut sangat dibutuhkan, terutama di era globalisasi seperti saat ini. Bisa dibilang syarat utama untuk memulai bersaing bersama negara lain ialah kemahiran dalam bahasa tersebut. Dimana perannya sangat penting untuk alat komunikasi yang paling utama. Selain itu sangat penting juga agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang ada dan menyesuaikan dengan segala kemungkinan bentuk perubahan.

Ketika seseorang bisa menggunakan bahasa Inggris dengan mahir, atau sebutan lainnya fluent, maka bisa dibilang siap untuk bersaing secara global. Melangkah maju dan menjadi terdepan demi meraih tujuan yang diinginkan. Entah itu tujuan terkait jenjang karir, keberlangsungan bisnis, atau pun menambah relasi secara global. Hal tersebut membuat kemahiran berbahasa Inggris akan menjadi kemampuan yang sangat dibutuhkan dan dianggap spesial di era globalisasi ini.

Baca Juga : Boost Engagement di Instagram? Ketahui 5 Cara Extraordinary Ini!

Bahasa Inggris menjadi kebutuhan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini belajar bahasa Inggris menjadi suatu keharusan dan kebutuhan. Bukan hanya karena status dari bahasa tersebut yang merupakan bahasa internasional, melainkan mempermudah mendapatkan pekerjaan. Saat ini sering kali persyaratan yang perlu dipenuhi oleh para kandidat calon karyawan di suatu perusahaan ialah kemampuan berbahasa Inggris. Memang tidak semua mewajibkan untuk fluent tapi paling tidak secara basic mampu mengaplikasikan bahasa tersebut di kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menunjukkan keuntungan mahir menggunakan bahasa tersebut bukan hanya di lingkup global, ternyata di lingkup lokal pun saat ini memang dibutuhkan.

Kita ketahui bersama bahwa mempelajari bahasa baru bukanlah hal mudah. Terutama bagi orang yang memang tidak terbiasa sedari kecil dengan bahasa tersebut. Belum lagi tipe kemampuan seseorang yang berbeda-beda, ada orang yang mudah menyerap bahasa asing, ada juga yang kesulitan. Oleh karena itu muncul lah berbagai tempat yang menyediakan jasa mengajari bahasa asing tersebut. Banyak orang yang berlomba-lomba mengikuti kelasnya, tak sedikit juga yang rela mengeluarkan uang cukup banyak demi bisa menguasai dengan lancar.

Sebenarnya kunci agar jago berbahasa Inggris ialah terbiasa menggunakannya. Sering melafalkan berbagai kosa kata agar lama-lama terbiasa, dan secara otomatis menempel di kepala. Kata “Bisa karena terbiasa” sangat ampuh untuk melatih diri sendiri dalam mempelajari bahasa tersebut. Sayangnya masih ada yang menganggap ketika seseorang menggunakan bahasa asing merupakan orang yang “sok keren”. Sungguh dilematis, satu sisi ingin bisa berbahasa asing dengan baik, di satu sisi risih dengan anggapan tersebut yang sebenarnya sangat salah. Disinilah butuh keberanian lebih untuk menjadi diri sendiri. Berani mencoba melatih diri sendiri untuk terbiasa menggunakan kosa kata atau diaplikasikan dalam percakapan dengan bahasa Inggris yang tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Baca Juga : 8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive

Website untuk belajar bahasa Inggris

Perkembangan teknologi sungguh membantu anda untuk bisa mempelajari bahasa dengan mudah dan lebih murah jika dibandingkan harus kursus. Hadirnya internet yang menyediakan beragam fasilitas sangat menjadi kunci utama. Banyak sekali website khusus untuk mempelajari bahasa asing, terutama bahasa tersebut dan ternyata bisa diakses secara gratis. Anda bisa dengan flexible belajar dimanapun dan kapanpun asalkan bisa memastikan keadaan sekitar mendukung untuk fokus. Berikut 6 rekomendasi website terbaik untuk belajar bahasa Inggris yang bisa diakses secara online dan gratis, yaitu sebagai berikut :

1. Duolingo

Tampilan pada website Duolingo (Sumber : chrome)

Mungkin sebagian diantara kalian sudah tidak asing dengan website yang satu ini. Duolingo merupakan website andalan untuk belajar bahasa Inggris secara online. Website ini bisa diakses secara bebas dan gratis. Hal tersebut sangat memudahkan bagian kalian yang ingin belajar sungguh-sungguh tetapi tak ingin mengeluarkan banyak biaya, cukup dengan menyediakan konektivitas internet yang stabil. Ternyata bukan hanya berupa website, duolingo ini tersedia bentuk aplikasinya dimana bisa didownload di AppStore maupun Playstore. Anda bisa dengan bebas memilih antara versi website atau aplikasi sesuai dengan keinginan dan kenyamanan tentunya. Website ini bisa diakses melalui alamat duolingo.com

Website duolingo menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, sehingga bisa belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Tersedia sistem pembelajaran sesuai dengan tingkatan kemampuan yang anda miliki, mulai dari pengguna basic, intermediate, hingga high level. Semua tingkatan tersebut bisa diakses dengan gratis. Bagi kamu pemula tak harus khawatir mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan awal.

Anda bisa belajar secara bertahap. Mulai dari pengenalan kosa kata yang bisa ditambah setiap harinya, hingga mempelajari percakapan, dan pemahaman lebih dalam. Melalui website duolingo, anda tidak hanya bisa belajar bahasa Inggris, tersedia banyak bahasa yang bisa dipelajari diantaranya bahasa Spanyol, Italia, Jerman, Prancis, dan masih banyak lagi.

2. FutureLearn

Tampilan pada website FutureLearn ( Sumber : futurelearn)

Website untuk belajar bahasa Inggris berikutnya ialah FutureLearn. Website ini memiliki keunggulan dengan memberikan fasilitas terhadap penggunaan untuk berinteraksi menggunakan bahasa inggris secara virtual. Dimana fasilitas tersebut dapat digunakan untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran, sehingga dapat melatih kemampuan anda dari hasil belajar selama ini. Website ini dapat diakses melalui alamat futurelearn.com

Sebagai tempat belajar bahasa Inggris, banyak jenis topik pembelajaran di futurelearn. Anda bebas memilih topik mana yang ingin dipelajari terlebih dahulu. Website ini menyediakan waktu kursus yang bervariasi untuk sampai ketingkat yang anda inginkan. Ada yang 6-10 Minggu, ada juga yang 2-3 minggu. Tergantung dengan kemampuan masing-masing pengguna.

3. Cambridge English Online

Tampilan pada website Cambridge English Online ( Sumber : Cambride English Online)

Website yang cocok untuk belajar bahasa Inggris lainnya yaitu Cambridge English Online. Website tersebut bisa diakses secara gratis melalui alamat cambridgeenglish.org . Tersedia banyak materi pembelajaran bahasa Inggris, mulai dari materi writing, listening, speaking, hingga reading. Semua materi tersebut tentunya dapat diakses dengan mudah dan lengkap.

Anda bisa menyesuaikan kemampuan awal dengan materi yang ingin dipelajari. Website tersebut menyediakan fasilitas untuk mencocokkan kemampuan anda dengan level skill yang bisa dipelajari. Anda juga diberikan fasilitas untuk mengasah kemampuan melalui berbagai tes yang disediakan diwebsite. Dimana anda bisa mengetahui dengan pasti dimana level kemampuan dan tingkat pemahaman terhadap bahasa Inggris.

4. British Council

Tampilan pada website British Council (Sumber : BritishCouncil)

Website bernama British Council merupakan situs belajar bahasa Inggris terbaik lainnya yang bisa diakses secara online dan gratis. Website ini bisa dibilang cukup populer di dunia sebagai tempat belajar bahasa Inggris online, terutama dalam mempelajari bahasa Inggris. Walaupun gratis, website ini tetap memberikan fasilitas pembelajaran secara lengkap. Bahkan dikenal menerapkan sistem pembelajaran yang profesional dan tetap menyenangkan.

Website British Council bisa diakses melalui alamat britishcouncil.org. Materi yang disediakan sangat mempermudah proses pembelajaran. Semuanya memungkinkan untuk belajar secara interaktif. Tersedia banyak sekali materi pembelajaran yang dilengkapi dengan teks, audio, hingga video, sehingga cocok belajar dengan beragam teknik. Kurang lebih hingga saat ini tersedia sebanyak 2000 latihan interaktif. Setiap pengguna dibebaskan saling berinteraksi satu sama lain untuk berdiskusi atau saling mengoreksi.

5. English Grammar

Tampilan pada website English Grammar (Sumber: EnglishGrammar)

Website untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya yaitu English Grammar. Bagi anda yang ingin memperdalam pemahaman terkait grammar makan website ini cocok untuk dikunjungi. Dapat diakses secara gratis melalui alamat englishgrammar.org. Jika ingin mahir berbahasa Inggris tentu jangan melupakan grammar. Banyak yang beranggapan bahwa ketika bahasa Inggris yang lebih penting adalah percaya diri untuk mengucapkan setiap kosa kata dan mampu mengaplikasikan di setiap percakapan, jangan terlalu memperdulikan grammar terlebih dahulu. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, hanya saja perlu diingat bahwa bahasa Inggris bukan hanya untuk berbicara alias speaking. Ada juga writing dimana penerapan grammar harus dilakukan dengan akurat. Untuk itu, pemahamannya pun harus optimal.

Seluruh pengguna dapat mengakses setiap materi terkait grammar dengan mudah melalui website English Grammar. Materi tersedia secara lengkap, mulai dari dasar seperti preposisi, konjungsi, dan pengejaan, hingga yang lebih mendalam seperti penulisan komponen kata atau kalimat yang baik dan benar.

6. Grammaly

Tampilan pada website Grammaly ( Sumber : grammarly)

Serupa dengan website sebelumnya, grammaly merupakan tempat belajar bahasa Inggris secara online yang berfokus pada pembelajaran grammar. Website ini tergolong tempat belajar bahasa Inggris terbaik, selain itu dapat diakses dengan mudah dan gratis melalui alamat www.grammarly.com. Website ini membantu para penggunanya untuk mengasah kemampuan grammar terutama dalam kemampuan menulis.

Bagi anda yang sedang mempersiapkan TOEFL atau IELTS, sangat cocok untuk belajar di Grammaly terlebih dahulu. Website ini dapat membantu anda belajar dengan standarisasi tersebut. Terkait dengan writting skill, Grammaly menyediakan fasilitas untuk mengoreksi grammar pada tulisan anda. Sehingga kesalahan serupa tidak akan terulang kembali.

Itulah 6 website terbaik untuk belajar bahasa Inggris. Bisa diakses dengan mudah dan gratis. Asalkan anda bisa belajar dengan sungguh-sungguh, walaupun dilakukan secara online tetap akan membuat anda bisa belajar dengan optimal dan akhirnya kemampuan anda akan meningkat bahkan mahir.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top