fbpx

Walaupun Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah menunjukkan angka penurunan, beberapa sektor masih merasakan dampaknya, seperti sektor pendidikan hingga ekonomi. Kebijakan pemerintah untuk memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) memberikan dampak yang signifikan untuk banyak pihak, salah satunya adalah para pelaku bisnis. Tidak sedikit pelaku usaha yang merasakan pemasukan mereka berkurang secara drastis selama pemberlakuan PPKM ini. Wajar saja karena para pembeli juga dibatasi untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Oleh sebab itu, melakukan bisnis online bisa menjadi salah satu solusi untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Bisnis online adalah alternatif untuk menghasilkan rupiah dikala pandemi. Kemudahan yang ditawarkan membuat kegiatan ini menjadi cukup populer belakangan ini. Para pelaku usaha tidak perlu keluar rumah untuk menawarkan barang dagangan atau jasa mereka sehingga transaksi bisa dilakukan dengan aman tanpa melanggar kebijakan PPKM. Namun memang untuk memulainya perlu melakukan riset yang dalam supaya tidak merugi. Simak tips sukses memulai bisnis online berikut ini.

TIPS SUKSES MEMULAI BISNIS ONLINE

Sosial Media Bisa Digunakan Untuk Mengetahui Kebutuhan Pasar
  • Cari Tahu Apa yang Dibutuhkan Oleh Masyarakat

Dalam hal ini, riset menjadi satu hal yang penting. Cobalah untuk mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu apa yang sedang populer atau menjadi trend. Produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan pasar. Pertanyakan hal ini kepada diri kamu: jika kamu bisnis online dengan menjual baju atau makanan, apakah hal tersebut bisa menyelesaikan masalah konsumen?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk riset. Kamu bisa menggunakan media sosial, marketplace, forum review, hingga masuk ke berbagi group Facebook. Tidak perlu ragu berhadapan dengan sampel pasar demi mendapatkan insight langsung dari orang orang yang menghadapi masalah tersebut.

Setelah mengumpulkan data-data, kamu bisa memilih satu permasalahan konsumen yang memiliki potensi besar untuk dijadikan bisnis online. Ingat ya, tidak semua kebutuhan masyarakat atau masalah konsumen cocok untuk dijadikan peluang.

  • Lakukan Riset Pasar
Ilustrasi dalam Melakukan Riset Pasar

Setelah menemukan masalah yang potensial untuk dijadikan bisnis online, langkah selanjutnya adalah kamu harus menentukan ide apa yang harus dijual. Kamu bisa menggunakan layanan pencari keyword seperti Google Trends, Semrush, atau Ubersuggest untuk melihat apa saja yang sedang diperbincangkan oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa melihatnya di media sosial. Media sosial merupakan tempat yang sempurna bagi para netizen untuk mengeluarkan keluh kesahnya. Disana tidak jarang orang yang mengulas atau menilai sesuatu.

Baca Juga: Brilliant, 5 Alasan Bisnis Online Kamu Perlu Menggunakan Layanan Bootsol

  • Menentukan Target Pasar
Ilustrasi dalam Menentukan Target Pasar

Target pasar disini tentu saja berkaitan dengan konsumen. Apakah produk yang kalian jual ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah dewasa, anak-anak atau keduanya. Setiap kegiatan bisnis online memiliki pasarnya masing-masing. Dengan menentukan target pasar yang lebih terperinci, kamu bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan apa yang dituhkan oleh pasar.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengelompokkan target pasar berdasarkan dua daktor utama, yaitu demografi dan psikografi. Faktor demografi meliputi umur, lokasi, gender, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor psikografi meliputi ketertarikan, hobi, hingga nilai-nilai yang dianut.

  • Buatlah Strategi Pemasaran yang Tepat

Setelah menentukan produk yang akan dijual beserta target pasarnya, saatnya untuk melakukan penjualan. Tentu saja hal ini memerlukan strategi yang tepat untuk menggaet para konsumen. Cobalah untuk menggunakan Google My Business (Google Bisnisku). Aplikasi ini memiliki fitur yang mempermudah para konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya, mulai dari nama bisnis, email perusahaan, alamat perusahaan, jam operasional, hingga ulasan pelanggan. Hal ini sangat informatif bagi para konsumen dan memacu pelaku usaha untuk terus menjual produk atau jasa yang berkualitas.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization). SEO memungkinkan bisnis online kamu berada di laman paling atas hasil pencarian Google dan hal ini merupakan keinginin setiap pelaku usaha. Oleh sebab itu kamu akan bersaing dengan ribuan website lain. Kamu bisa meminta bantuan jasa SEO Specialist untuk melakukan optimasi SEO.

  • Buatlah Website

Memiliki produk untuk dijual tanpa memiliki website akan terasa kurang. Apalagi ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sebanyak 56% konsumen tidak percaya pada pelaku bisnis online jika tidak memiliki website. Hal ini memungkinkan mereka akan lari ke competitor. Dengan adanya website, kamu bisa meyakinkan konsumen bahwa usaha kamu adalah nyata dan tidak bersentuhan dengan penipuan. Jika kamu kerepotan untuk membuat website, kamu bisa meminta bantuan pembuat website, salah satunya adalah Bootsol.

APA ITU BOOTSOL?

Bootsol adalah solusi digital kamu. Sumber gambar klik disini.

Bootsol adalah online business agency yang menyediakan layanan jasa untuk kegiatan digital kamu, termasuk salah satunya adalah bisnis online. Disana kamu bisa melakukan kerjasama untuk membuat website / web development dengan semua teknologi yang diperlukan. Pastinya, bisnis kamu akan naik ke tingkat berikutnya. Selain itu, Bootsol juga menyediakan layanan jasa desain. Kamu bisa bekerjasama untuk membuat logo bisnis online kamu, tone and style media sosial, business card, hingga T-Shirt.

Diatas sempat disinggung salah satu cara supaya bisnis online bisa sukses adalah optimasi SEO. Bootsol juga menyediakan hal tersebut baik off-page maupun on-page. Online business kamu akan lebih dikenal dan menarik lebih banyak perhatian konsumen. Masih banyak hal luar biasa yang bisa dilakukan oleh Bootsol untuk membantu kegiatan digital kamu. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan untuk klik link berikut.

BOOTSOL – FASTEST AND AUTHENTIC DIGITAL SERVICES

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top