fbpx
Mengenal Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan 3 Jenis CMS Terpopuler
Content Management System (CMS)

Bagi Anda yang ingin memiliki website namun terhalang ketidakmampuan coding, Content Management System (CMS) dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. CMS seperti WordPress telah menjadi salah satu platform pembuatan website paling populer akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan pembuatan dan penggunaannya yang tergolong mudah. CMS telah menjadi platform pembuatan website dengan perkembangan tercepat. Mulai dari pengguna individu, blogger, pemilik usaha UMKM, hingga perusahaan besar telah menggunakan CMS sebagai platform pilihan untuk website mereka.

Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai Content Management System lebih jauh, di artikel ini Bootsol akan menghadirkan pembahasan lengkap mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer

Pengertian Content Management System (CMS)

Content Management System atau yang biasa disingkat menjadi CMS adalah sebuah software komputer untuk mengatur, membuat, dan memodifikasi konten digital di dalam website atau blog sesuai dengan maksud dan tujuan user. Perkembangan CMS yang begitu signifikan telah menghadirkan berbagai kemudahan bagi para user. Salah satunya adalah kemudahan untuk berkolaborasi antar sesama content creator karena dalam CMS user dapat menambah user lain agar dapat log in ke dalam website. Selain itu, CMS memudahkan Anda untuk mengelola keseluruhan platform content marketing yang telah miliki karena CMS memiliki fitur untuk mengintegrasikan berbagai macam platform mulai dari E-mail, aplikasi mobile, blog, hingga media sosial.

Fungsi Content Management System (CMS)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi CMS yang paling utama adalah untuk mengatur, membuat, dan memodifikasi konten digital di dalam sebuah situs website. Tapi terdapat keunggulan lebih yang ditawarkan oleh CMS yakni pengguna diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi lebih dalam mengatur konten yang dimuat dalam sebuah website. Hal ini dikarenakan berbagai fitur yang dimiliki oleh CMS, diantaranya adalah:

  • Managemen konten
  • Preview konten pre-publish dalam berbagai perangkat mulai dari dekstop PC, tablet, hingga smartphone
  • Integrasi berbagai platform
  • Commerce
  • Personalisasi yang berfungsi untuk menargetkan konten yang relevan berdasarkan karakteristik audience
  • Analisis
  • Tata kelola

Berkat fitur-fitur diatas, CMS menghadirkan berbagai kemudahan dibanding platform lainnya. Salah satunya adalah kemudahan dalam proses penyortiran konten seperti artikel blog yang lebih mudah dan praktis. Selain itu, Anda dapat lebih fokus terhadap pembuatan konten karena telah terdapat pengembangan dan layout yang telah tersedia oleh masing-masing platform.

Fungsi andalan CMS yang lainnya adalah CMS dapat menjaga desain dan tampilan website tetap menarik meskipun penggunaannya tidak memerlukan keahlian coding sama sekali. Hal ini tentunya sangat penting agar pengunjung tidak merasa bosan sehingga dapat berlama-lama membaca atau bahkan kembali ke website Anda.

Jenis-jenis Content Management System (CMS) Terpopuler

Seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai trend website di 2021, terdapat 3 jenis Content Management System terbaik dan terpopuler saat ini yaitu WordPress, Joomla, dan Drupal. Pemilihan ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya adalah kemudahan dalam mempublish konten baru, kemudahan penyortiran konten, fungsi penyuntingan konten dan halaman, serta komunitas pengguna yang aktif. Berikut ini adalah informasi mengenai masing-masing jenis Content Management System terpopuler.

1. WordPress

Mengenal Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan 3 Jenis CMS Terpopuler
WordPress

Sejak kemunculannya di tahun 2003, WordPress telah menjadi platform CMS andalan untuk membuat website dan blog. WordPress dibuat oleh dua orang developer bernama Matt Mullenweg dan Mike Little yang merasa kesulitan untuk mempublikasi konten digital secara online setelah fitur B2 dan Cafeblog dihentikan. Keduanya kemudian menciptakan layanan publikasi online dengan cara mereka sendiri hingga terciptalah WordPress. Dalam versi pertamanya, WordPress masih sangatlah sederhana. Saat ini yang masih tersisa dari versi pertama hanya fitur editor. Kini WordPress telah mengalami perkembangan yang signifikan sehingga dapat menjadi platform CMS nomor 1 di dunia dengan persentasi pengguna 39,5% dari keseluruhan pengguna website di dunia.

Keunggulan WordPress:

  • Opsi publikasi dan editor yang powerful dan intuitif sehingga mudah digunakan
  • Konfigurasi plugin dan tema yang mudah dan berragam
  • Memiliki komunitas pengguna yang solid dan aktif

Kelemahan WordPress:

  • Perlu waktu dan pembiasaan untuk menggunakannya
  • Mix & match plugin untuk meningkatkan performa dan tampilan website atau blog

Baca Juga: 4 Tips Mudah Membuat Website Gratis WordPress dengan Mudah

2. Joomla

Mengenal Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan 3 Jenis CMS Terpopuler
Source: Joomlart

Joomla dirilis pada tanggal 17 November 2005. Dibandingkan dengan kompetitornya seperti Mambo, PrestaShop, PHPNuke, dan masih banyak lagi, Joomla adalah CMS yang unggul karena paling mudah digunakan. Meski penggunaan Joomla belum semudah WordPress, CMS ini dinilai lebih fleksibel. Joomla juga memiliki keunggulan “custom post type” yang menjadikannya platform yang ideal bagi Anda yang ingin mempublish konten dengan format bervariatif. Selain itu Joomla juga menawarkan fitur pengelolaan dan manajemen user sehingga membuatnya platform yang tepat untuk website berbasis membership.

Keunggulan Joomla

  • Support fitur custom post type yang optimal
  • Fitur multibahasa
  • Opsi user management tingkat lanjut
  • Dapat menggunakan template yang berbeda di setiap halaman

Kelemahan Joomla

  • Tidak mudah digunakan oleh pemula
  • Ekstensi dan template yang terbatas
  • Pengaturan tampilan yang lebih rumit sehingga Joomla lebih direkomendasikan kepada developer yang lebih berpengalaman

3. Drupal

Mengenal Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan 3 Jenis CMS Terpopuler
Source: Ember

Last but not least, jenis CMS terpopuler diurutan ke-3 adalah Drupal. CMS yang diciptakan oleh developer asal Belgia bernama Dries Buytaert ini hadir akibat ketidaksengajaan sekitar tahun 1998-1999. Hal ini dilakukan Dries bersama teman-teman kampusnya saat sedang belajar internet nirkabel di bangku kuliah. Seiring berkembangnya Drupal, Dries memutuskan untuk membuat software-nya menjadi open source sehingga setiap orang dapat bereksperimen menggunakan Drupal. Hingga saat ini jutaan pengguna telah menggunakan software ini sehingga Drupal meraih peringkat nomor 3 sebagai CMS dengan jumlah pengguna paling banyak.

Meski belum sepopuler WordPress dan Joomla, Drupal memiliki keunggulan yang serupa dengan Joomla. Terutama dalam hal custom post type yang fleksibel, user management tingkat lanjut, serta opsi multibahasa. Keunggulan dan kelemahan CMS Drupal adalah sebagai berikut.

Keunggulan Drupal

  • Custom post type dan manajemen konten yang fleksibel dan powerful
  • Fitur user management dan pengaturan permission tingkat lanjut
  • Opsi multibahasa
  • Sistem pengakategorian (taksonomi) yang lebih detail dibanding WordPress dan Joomla
  • Sistem keamanan lebih terjamin sehingga membuatnya unggul untuk kebutuhan enterprise dan bisnis

Kelemahan Drupal

  • Serupa dengan Joomla, Drupal cukup sulit untuk digunakan oleh pemula
  • Menghabiskan banyak resource dan server

Manfaat Content Management System (CMS)

Mengenal Content Management System: Pengertian, Fungsi, dan 3 Jenis Terpopuler - Manfaat Content Management System
Manfaat Content Management System (CMS)

Terdapat berbagai manfaat yang dihadirkan oleh penggunaan content management system dibanding platform lainnya seperti HTML & CSS atau Website Builder. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu proses bisnis tanpa harus belajar bahasa pemrograman
  • Mengoptimalkan fungsi kerja website dengan lebih efektif
  • Memudahkan dalam hal manajemen konten

Itulah informasi lengkap mengenai Content Management System (CMS) mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga manfaat menurut Bootsol. Bagaimana menurut Anda? Silahkan tulis di kolom komentar.

Baca Juga: 2021 Masih Belum Buat Blog? Ini Beragam Manfaat Blog untuk Bisnis yang Powerful

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top