fbpx

Berkembangnya bisnis ke arah digital berkembang juga penyedia digital services (layanan digital) yang siap membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Banyak sekali para pengusaha baru yang cukup awam terhadap media pemasaran digital yang saat ini banyak digunakan. Mereka adalah sekumpulan orang yang memiliki modal dan produk namun masih bingung untuk memasarkan produknya dengan tepat.

Oleh karena itu, berkembang jasa layanan digital yang lebih dikenal dengan nama digital marketing agency. Pertanyaannya adalah mengapa kita perlu menggunakan digital marketing agency untuk membantu bisnis kita? Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan itu cukup mudah, yaitu agar bisnis yang kalian jalankan lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran pada target audiens kalian.

Namun sebelum jauh membahas digital marketing agency, akan lebih mudah bila kalian memahami terlebih dahulu konsep digital marketing. Setelah itu juga kalian perlu mengetahui apa saja strategi yang ada dalam digital marketing. Oleh karena itu, simak terus ulasan artikel Bootsol ini ya!

Apa itu Digital Marketing?

Ilustrasi digital marketing dan digital services
Ilustrasi digital marketing

Singkatnya, digital marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan merek, produk, atau jasa kepada calon konsumen dengan menggunakan media digital. Hal ini juga yang membuat perkembangan digital services atau layanan digital semakin ramai belakangan ini. Namun sebenarnya digital marketing ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu, lho.

Dikutip dari Sasana Digital, digital marketing pertama kali muncul pada tahun 1910 di New York. Melalui stasiun radio, mereka menyiarkan pertunjukan opera secara langsung yang memungkinkan dapat didengarkan oleh masyarakat New York di tempat yang berbeda dengan menggunakan earphone.

Selanjutnya, perkembangan digital marketing semakin cepat dikala berkembang pula internet di seluruh dunia. Semakin banyak para pelaku usaha yang beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Hal tersebut dilakukan pada dasarnya untuk menekan biaya periklanan serta membuat iklan yang lebih efektif. Namun sayangnya untuk mempromosikan iklan melalui media digital tidak semudah yang dibayangkan.

Dari situ, muncul berbagai digital marketing agency yang siap membantu pelanggannya mendapatkan strategi iklan yang terbaik agar sukses mempromosikan merek maupun produk-produknya. Sebelum itu, ada baiknya untuk memahami strategi apa saja yang ada dalam digital marketing saat ini.

Baca juga: 5 Alasan Pilih Bootsol Sebagai Layanan Digital Kamu, Important

Strategi Digital Marketing yang Umum Digunakan

Terdapat banyak sekali strategi yang dapat dilakukan dalam memasarkan produk melalui media digital. Apalagi saat ini cukup tersedia banyak platform media sosial yang juga dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang sangat efektif dan efisien dari segi biaya. Namun, apa saja strategi yang marak digunakan dalam digital marketing saat ini?

1. Email Marketing

Contoh email marketing
Contoh email marketing (Sumber: MailBakey)

Di era yang semakin digital saat ini, pastinya hampir setiap pengguna internet sudah memiliki yang namanya email atau surat elektronik. Email pada mulanya digunakan sebagai media pengirim pesan melalui media elektronik tentunya untuk memudahkan serta mempercepat pengiriman surat itu sendiri.

Namun, semakin berkembangnya zaman, email juga dimanfaatkan sebagai media mempromosikan merek maupun produk dari suatu perusahaan. Dilansir dari Skill Academy, email marketing dalam pemasaran digital digunakan untuk mempertahankan konsumen yang telah ada serta mendapatkan konsumen baru di kemudian hari.

Selain untuk menekan biaya promosi, tujuan utama dari dilakukannya email marketing adalah untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Perusahaan dapat mengirimkan dua jenis email marketing kepada konsumennya yaitu email yang berisi promosi dan email yang berisi informasi.

Email promosi merupakan email yang sengaja ditulis untuk mempromosikan produk-produk yang mungkin sedang mengalami harga diskon untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu juga dapat menawarkan produk-produk terbaru dengan penawaran yang sangat khusus.

Berbeda dengan email promosi, email yang berisi informasi bertujuan untuk mengenalkan perkembangan bisnis suatu perusahaan kepada konsumennya. Selain itu juga biasanya terdapat berita informasi mengenai tips and trick dari suatu konten yang ditulis khusus kepada konsumen melalui email. Semua hal tersebut dilakukan semata untuk lebih menggiatkan lagi pemasaran digital dari suatu perusahaan.

2. Social Media Marketing

Ilustrasi platform media sosial
Ilustrasi platform media sosial

Media sosial marketing atau yang biasa dikenal social media marketing (SMM) merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang saat ini banyak digunakan. Media sosial kita tahu tempat berkumpulnya pengguna internet di dunia maya yang saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Besarnya pengguna media sosial khususnya di Indonesia ini sangat baik dimanfaatkan bagi kalian yang sedang ingin mempromosikan produk kalian secara digital.

Dalam pemasaran digital, penggunaan media sosial menjadi hal esensial untuk meraup keuntungan yang maksimal. Pasalnya, dikutip dari Oberlo, sebesar 71% konsumen yang menilai positif terhadap suatu produk yang mereka beli dari media sosial akan merekomendasikan merek atau produk tersebut kepada kerabat terdekatnya. Hal ini tentunya seseuatu yang sangat perlu dimanfaatkan bagi setiap pelaku usaha jika mereka ingin berkecimpung dalam dunia pemasaran digital atau digital marketing.

Namun juga perlu diingat bahwa tersedianya banyak platform media sosial saat ini dibutuhkan riset yang cukup untuk memasarkan produk kita. Hal ini sesuai dengan data pengguna dan karakteristik tiap media sosial yang berbeda-beda. Seperti halnya pengguna Facebook yang cenderung merupakan orang yang dewasa hingga tua, dan berbeda dengan pengguna Instagram yang cenderung lebih banyak remaja dan perempuan.

3. SEO

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

Menerapkan metode SEO (Search Engine Optimization) dalam sebuah pemasaran digital merupakan keharusan. SEO memungkinkan para pelaku usaha untuk menekan lebih dalam biaya yang diperlukan untuk mempromosikan sebuah merek atau produk kepada calon konsumen. Dapat juga sebut sebagai metode organik karena pada dasarnya tidak memanfaatkan fitur-fitur berbayar seperti memasang iklan.

Pada umumnya metode SEO ini seringkali diterapkan dalam content marketing situs website pribadi perusahaan. Hal ini dilakukan karena SEO memanfaatkan serta memaksimalkan kata kunci yang banyak dicari orang sehingga konten yang dibuat oleh perusahaan akan optimal. Setelah itu, diharapkan traffic audiens yang masuk ke dalam situs website perusahaan akan dikonversikan menjadi pembeli atau pelanggan.

Seperti contohnya kalian mempunyai usaha menjual sepatu dan ingin menerapkan SEO dalam konten yang kalian akan buat. Hal pertama yang kalian perlu lakukan dalam pemasaran digital adalah meriset kata kunci yang memiliki daya tarik tinggi dengan kompetisi yang rendah, misal sepertiny “jual sepatu murah jakarta”.

Setelah kalian telah menentukan kata kunci yang sekiranya memiliki banyak klik oleh audiens, maka kalian perlu menulis konten dengan menerapkan metodeo SEO semaksimal mungkin. Hal ini karena nantinya mesin pencari seperti Google berusaha untuk mencari dan mengurutkan peringkat hasil pencarian berdasarkan mesin algoritme yang mereka gunakan. Oleh karena itu, memahami dan menerapkan metode SEO ini sangat penting bagi pemasaran digital saat ini.

4. Content Marketing

Content marketing menjadi salah satu strategi digital marketing
Content marketing menjadi salah satu strategi digital marketing

Strategi pemasaran digital yang satu ini merupakan cara untuk meningkatkan kesadaran merek bagi calon konsumen dengan membuat konten berupa artikel ataupun video. Content marketing juga erat kaitannya dengan metode SEO yang disebutkan di atas. Hal ini menjadi satu kesatuan lantaran konten yang baik adalah konten yang menerapkan metode SEO di dalamnya.

Jika kalian memiliki bisnis dalam menjual peralatan olahraga, maka sebaiknya kalian dapat membuat konten seputar olahraga, manfaat olahraga, bahkan peralatan yang harus digunakan saat berolahraga. Dengan begitu, audiens akan dapat mengenali merek dan produk kalian dengan membaca atau menonton konten video yang kalian buat.

5. Iklan PPC

Iklan Pay Per Click

Cara yang lazim digunakan dalam pemasaran digital yang selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan layanan iklan pay per click atau PPC. Iklan PPC ini sering kita temui dalam laman hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Ditandai dengan adanya logo bertuliskan ‘iklan’ atau ‘ads’ yang memungkinkan para pelaku usaha lebih cepat untuk mendatangkan traffic ke dalam situs websitenya.

Metode pemasaran digital ini juga memiliki beberapa keuntungan di antaranya yaitu memiliki relevansi iklan yang cukup tinggi, biaya yang relatif terjangkau karena dapat disesuaikan, cepat dalam mendatangkan pengunjung, serta cocok digunakan dalam berbagai jenis bisnis. Penggunaan iklan PPC juga merupakan salah satu cara pendukung dalam mengoptimalkan SEO suatu situs website yang kalian punya.

Iklan PPC memiliki mekanisme membayar tiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna. Artinya, hal ini sangat baik dalam mendatangkan pengunjung karena Anda hanya perlu membayar besaran biaya sebanyak tiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna.

Baca juga: Outstanding 5 Keuntungan Iklan PPC dalam Bisnis Online

Digital Marketing Agency

Seiring berkembangnya penggunaan media sosial, email, dan mesin pencari sebagai media untuk mempromosikan produk dan merek, berkembang pula layanan digital saat ini. Meski banyak para pengusaha baru yang berkecimpung dalam pemasaran digital, banyak di antara mereka yang tidak dapat mengoptimalkan tools serta platform pemasaran digital itu sendiri.

Oleh karena itu Bootsol hadir sebagai digital marketing agency untuk membantu bisnis kalian lebih berkembang dengan cepat. Setidaknya terdapat beberapa keuntungan jika kalian bekerja sama dengan digital marketing agency. Pertama, tim yang profesional dan mahir dalam bidangnya. Kedua, dapat membantu pengembangan bisnis kalian dengan cepat, dan ketiga dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis yang kalian jalani.

Oleh karena itu, terdapat beberapa digital services yang Bootsol tawarkan kepada kalian seperti di bawah ini:

1. Development

Merupakan layanan digital yang diberikan oleh Bootosol untuk membantu membuat pengembangan situs website dengan menggunakan teknologi-teknologi yang diperlukan. Pengembangan website bersama Bootsol juga dilakukan sesuai dengan kaidah SEO, mobile friendly, dan tentunya user friendly.

Hal tersebut tentu merupakan pilar-pilar terpenting dari pengembangan website yang perlu kalian perhatikan pertama kali ketika ingin memulai bisnis dalam membuat situs web pribadi. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka bisnis kalian dijamin akan menjadi next level business.

2. Design

Tidak hanya pada pengembangan situs website, Bootsol juga memberikan layanan digital desain bagi kalian yang membutuhkan desian visual dalam beberpa keperluan. Bootsol menyediakan jasa layanan desain visual seperti pembuatan desain logo, kartu bisnis, desain baju, dan sebagainya.

Pastinya tim Bootsol merupakan orang-orang yang profesional dalam bidangnya dan menyajikan desain yang terbaik bagi para konsumen. Jadi, tunggu apalagi jika kalian menginginkan desain terbaik dari Bootsol, segera hubungi kami.

3. ECommerce

Apakah kalian membutuhkan website ecommerce yang menarik dan mudah diakses bagi siapapun? Bootsol juga menyediakan layanan digital yang satu ini untuk membantu siapapun yang membutuhkan website ecommerce. Selain itu juga Bootsol menyediakan multi vendor website untuk membantu bisnis kalian lebih cepat berkembang.

4. Social Media

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, media sosial menjadi sarana paling penting bagi kalian yang ingin terjun ke dalam pemasaran digital saat ini. Banyaknya pengguna media sosial aktif di Indonesia dapat membantu Anda memasarkan produk Anda kepada siapapun yang membutuhkan melalui platform ini.

Bootsol membantu kalian yang ingin memasarkan produk secara digital melalui platform media sosial seperi Instagram, Facebook, LinkedIn, dan semacamnya, Tim profesional kami akan menganalisis tiap trend dan konten yang baik dan cocok untuk diposting tiap harinya. Kami juga membantu kalian dengan menyediakan laporan tiap bulannya.

5. SEO

Tidak sempurna bila pemasaran digital yang kalian jalankan tidak menggunakan kaidah-kaidah SEO. Bootsol dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan jasa pengoptimasi mesin pencari dengan layanan terbaik kami.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena SEO merupakan kunci bagi kalian yang ingin menekan biaya promosi dalam jangka waktu panjang. Jadi, segera hubungi kami jika kalian ingin mendapatkan pelayanan yang profesional di bidang SEO.

6. Help & Support

Tim Bootsol akan selalu tersedia 24 jam dalam seminggu untuk kalian yang membutuhkan bantuan. Jadi, kalian tidak perlu ragu lagi untuk senantiasa mengirmkan pesan kepada kami.

Nah, itulah beberapa penjelasan Bootsol mengenai digital marketing dan digital marketing agency yang perlu kalian tahu. Kalian juga pastinya sudah tahu kan apa yang harus dilakukan jika memerlukan layanan digital dari suatu digital merketing agency seperti Bootsol. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi tim kami untuk mendapatkan pengalaman layanan digital yang profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top