fbpx

QR Code merupakan singkatan dari quick response code. Banyak cara yang bisa kamu berikan sebagai hadiah atau tanda sayang untuk orang terkasih, dimulai dari hadiah yang mahal sampai yang sederhana seperti ini.

Jika kamu perhatikan, sebenarnya QR Code ini banyak ditemukan di banyak tempat seperti pada menu restoran, brosur, atau bahkan saat ingin masuk ke suatu tempat yang kamu tuju pada peduli lindungi. Selain sebagai salah satu langkah yang praktis, QR Code ini juga unik digunakan saat kamu ingin memberikan sebuah hal yang berbeda untuk orang yang kamu sayangi, memberikan kesan effort lebih dari pada yang lain.

Ilustrasi QR Code.
Ilustrasi QR Code.

Disadur dari glints, QR Code berfungsi dalam menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak ke buku telepon, dan masih banyak lagi dengan kemampuan menyimpan sebesar 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca dan karakter spesial. Kelebihan dari barcode biasa ialah QR Code dapat menyimpan lebih banyak data dengan beberapa bagiannya seperti positioning detection makers, alignment marking, timing pattern, version information, format information, quiet zone, dan error correction block.

Berikut caranya.

1. Siapkan QR Code

QR Code.
Hasil dari QR Code.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka browser di smartphone ataupun dilaptop, kemudiakn ketik QR Code disini atau pada website qrcode-monkey.com. Website ini menyediakan banyak pilihan, tinggal sesuaikan kebutuhan kamu yang mana. Jika kamu ingin buat QR Code untuk hari jadi satu tahun pasanganmu, kamu bisa pakai URL untuk menginput link google drive.

Kamu juga bisa custom warna dan mengunggah logo sendiri. Intinya, sekreatif yang kamu punya. Pilihan custom dari website ini juga banyak variasi yang bisa kamu pilih. Jika sudah, kamu tinggal klik create QR Code untuk liat hasilnya.

Hasil dari QR Code ini bisa kamu download dalam beberapa format seperti SVG, PDF, EPS, dan PNG. Untuk proses pengaplikasiannya kamu bisa meletakan QR Code tersebut pada media yang sudah kamu buat sebelumnya atau akan kamu buat, misalnya artbook untuk memperlihatkan soft file dan hard copynya secara langsung, atau mengaplikasikan pada kaos yang bisa discan pasanganmu.

2. Siapkan Desain

Ilustrasi Aplikasi Desain
Contoh aplikasi desain. Sumber: Adobe.com

Sebenarnya tidak ada batasan dalam mendesain sebab yang kamu butuhkan adalah ide dan eksekusinya. Ingin konsep seperti apa, dan bagaimana caranya. Jika kamu cukup mahir dalam menggunakan aplikasi desain, kamu bisa menggunakan produk adobe seperti illustrator dan Indesign untuk membuat karya-karya seperti desain buku yang berisi mengenai pasanganmu sebagai bentuk apresiasi, membuat mock up untuk produk-produk seperti kaos dan case ponsel.

Baca Juga: Jangan Keliru! Berikut 3 Perbedaan Great Software Desain Sesuai Penggunaannya

Namun jika kamu memiliki keterbatasan dalam mendesain, kamu bisa menggunakan aplikasi website di Canva dengan super mudah dan dapat diakses pada ponsel genggam maupun laptop. Pertama kali kamu perlu login. Setelah itu pada pojok kanan atas klik “create a design” dan pilih A4 document.

Disana kamu bisa custom atau pilih ukuran yang kamu mau karena terdapat banyak variasi pilihan sesuai yang kamu butuhkan. Canva memiliki banyak contoh cover book yang bisa kamu gunakan, namun alangkah bagusnya jika kamu buat sendiri desainmu sebagai gambaran dari originalitas.

Saat mendesain kamu tidak perlu takut akan kesulitan karena di Canva sudah banyak templates, elements, sticker, dan sejenisnya yang bisa kamu gunakan sebagai ide untuk menghiasnya. Kamu bisa langsung memasukkan foto dan tulisan-tulisanmu dengan berbagai jenis font yang banyak ditemukan disana.

Jika kamu membuat buku, bisa kamu isi dengan cerita dari awal kenal, ketemu, pacaran, dan momen-momen special lainnya. Dapat juga kamu tambahkan foto, caption, atau quotes yang menarik. Supaya tidak bosan, kamu bisa memasukkan isinya dengan tts, games, story, atau tebak-tebakan lainnya. Jika dirasa sudah cukup, jangan lupa klik save as ke pdf. Cetak di tempat percetakan terdekat atau bisa melalui e-commerce dengan memberikan soft file tersebut.

Hasil dari soft file ini bisa kamu masukkan ke QR Code tadi untuk kamu berikan ke orang tersayang. Jadi kalaupun tidak dicetak tidak masalah, kamu dapat memberikan QR Code tersebut bersamaan dengan hadiah lainnya, misalnya seperti cokelat. Lebih hemat, namun juga lebih romantis! Tertarik untuk mencoba?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top