fbpx
pentingnya membuat website untuk bisnis
Source: Freepik.com/jcomp

Di era digital saat ini, perkembangan bisnis begitu cepat dan pesat. Banyak orang berlomba lomba untuk terus mengupgrade bisnis mereka menjadi skala yang lebih besar. Untuk mencapai hal itu, maka bisnis owner tentu harus menyiapkan beberapa layanan yang baik dan terpercaya guna menarik banyak pelanggan.

Perkembangan bisnis saat ini juga banyak didukung oleh perangkat digital yang mampu membantu bisnis owner mencapai apa yang diinginkannya. Salah satu perangkat digital yang penting bagi bisnis owner untuk punya dan lakukan adalah membuat webiste. Pentingnya membuat website bagi usaha kamu adalah mengikuti perkembangan zaman agar yang mana itu juga berguna untuk mengikuti trend pasar saat ini.

Berikut ini 5 manfaat website untuk bisnis bagi perkembangan usahamu, antara lain:

1. Memperluas Pasar

Manfaat website bagi bisnis yang pertama adalah memperluas pasar. Dalam menjangkau pelanggan baru setiap waktunya, kamu perlu untuk membuat website. Hal ini mempermudah pelanggan menemukan bisnis kamu lewat gawai mereka. Terlebih lagi kamu bisa menjangkau pelanggan hingga ke mancanegara.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan website, usaha kamu menjadi lebih terlihat professional dan memiliki nilai di mata pelanggan. Banyak orang juga saat ini melihat sebuah bisnis online dengan meilihat website mereka, seperti mengetahui profil perusahaan dan layanan yang mereka tawarkan. Maka manfatkan layanan pembuat website untuk mengembangkan bisnis kamu.

3. Sarana Promosi

Manfaat lain dari pembuatan website adalah kamu bisa melakukan promosi digital yang juga membutuhkan biaya yang hemat. Dengan website, kamu bisa melakukan promosi mengenai produk atau jasa kamu dengan layanan search engine marketing. Contohnya kamu berjualan parfume secara online kemudian calon pelanggan mencari kata, “jual parfume murah” di kolom pencarian, maka kemungkinan produk kamu akan muncul dalam pencarian pelanggan di google.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membangun website

Ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan dalam membangun website bisnis. Hal-hal berikut ini bisa berdampak pada kenyamanan pengguna ketika mengakses website bisnismu, antara lain:

1. Responsive

Responsive dalam sebuah website berarti tampilan website dapat menyesuaikan dengan layar pengguna. Dalam membuat website bisnis, kamu harus memperhatikan tampilan website yang resonsive hal ini meliputi ukuran dan tata letak yang user friendly karena memungkinkan calon pelanggan mengakses situs dengan mudah dan nyaman.

2. User Friendly

Masih berkaitan dengan tampilan website, kamu juga harus memperhatikan bagaimana menu-menu yang bakal tersedia dalam situs kamu. Usahakan dalam menentukan menu, kamu harus seefektif dan seminimal mungkin untuk tidak membingungkan pengguna dengan cara menu yang tidak banyak, melainkan cukup dengan apa yang kamu tawarkan.

Misalnya, kamu punya usaha jualan baju, website kamu tentunya terdapat menu produk, beli, dan bayar. Cukup dengan tiga menu itu maka dijamin pengguna merasa dimudahkan dan pelanggan pun bakalan senang. Contoh website referensi yang cocok seperti heymale.id

Hal lain yang kamu harus perhatikan adalah pemilihan gambar produk atau jasa yang bagus artinya gambar dengan resolusi yang cukup enak dipandang mata dan pencahayaan yang cukup. Selain itu juga pemilihan teks yang baik mampu memanjakan pengguna ketika berselancar dalam website bisnis kamu.

Baca juga: Perhatikan 6 Kriteria Website yang Baik Ini agar Website Anda User Friendly

Source: freepik.com/rawpixel-com

Cara membuat website bisnis tanpa coding dengan mudah

Membuat website bukanlah perkara yang mudah, pasalnya kamu juga membutuhkan keahlian khusus untuk mengelola, menjaga, dan membangunnya. Maka dari itu, ada beberapa perusahaan yang menggunakan jasa pembuat website.

Namun di zaman sekarang ini, sudah banyak platform yang menyediakan beberapa layanan website langsung jadi, jadi bisnis owner tidak perlu juga harus mahir coding. Simal ulasan berikut ini mengenai cara membuat website:

1. Tentukan Platform

Dalam membangun website bisnis, kamu perlu menentukan platform website kamu. Jadi fungisnya platform itu sebagai rumah yang dapat mengatur keperluan website usahamu. Contohnya beberapa platform pembuat website seperti WordPress, Joomla, Drupal. Kamu bisa melakukan research mengenai platform yang cocok untuk website kamu sebelum membuatnya.

2. Membeli Domain

Kini saatnya untuk memilih dan membeli domain, domain itu kurang lebih kayaknya sebuah alamat rumah yang memungkinkan pengguna mengaksesnya. Contoh domain itu seperti bootsol.com, youtube.com, facebook.com dan lain-lain. kamu dapat terlebih dulu untuk menentukan nama domain website sesuai dengan nama usaha kamu.

3. Membeli Hosting

Setelah membeli domain maka langkah selanjutnya ialah membeli hosting. Hosting dalam sebuah website layaknya rumah yang menampung segala isinya, hosting berfungi menyimpan file berupa foto produk, ataupun video produk dan artikel yang relevan dengan produk usaha kamu.

Jadi tanpa hosting, maka website tidak bisa leluasa memiliki fungsinya. Kamu dapat membeli hosting melalui hostinger ataupun layanan hosting lainnya.

4. Mengatur Tampilan Website

Untuk mengatur tampilan website usaha, kamu mungkin dapat melakukan pengaturan tampilan pada platform yang kamu punya seperti contohnya Word[ress dapat kita atur tampilannya dengan beberapa theme yang tersedia secara gratis maupun tidak.

Kamu juga bisa menyewa jasa web designer untuk mengutak atik tampilan website usaha kamu biar lebih apik dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan

Untuk lebih gampangnya, kamu tidak perlu ribet lagi untuk membuat website karena di bootsol.com kami melayani layanan pembuatan website professional untuk bisnis. Banyak varian paket yang dapat kamu coba dengan beberap fasilitas yang beraneka ragam. Dengan harga Rp. 999.000 kamu sudah bisa memiliki website yang mobile dan SEO friendly.

Paket pembuatan website bootsol.com
Paket pembuatan website bootsol.com

Baca juga: Rekomendasi 5 Website Color Palette untuk Desain yang Lebih Colorful

Bagaimana? tertarik untuk menggunakan layanan pembuatan website dari bootsol, segera upgrade bisnis kamu dengan membangun website!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top