fbpx

Berkembangnya gaya hidup ke arah digital membawa perubahan cara orang berbelanja melalui website ecommerce. Kini, hampir seluruh masyarakat di dunia berbelanja melalui website ecommerce yang dinilai lebih memudahkan. Banyak sekali fitur yang diberikan kepada pelanggan melalui website toko online tersebut.

Namun sayangnya, tidak semua pelaku usaha dapat membuat sebuah situs ecommerce karena tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Untuk menjawab tantangan itu, muncul banyak sekali digital marketing agency yang saat ini kian marak. Bootsol merupakan salah satu digital marketing agancy yang siap membantu kliennya mengatasi berbagai permasalahan yang diminta.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk memahami apa itu website ecommerce dan apa pentingnya pelaku usaha membangun dan mengembangkan website tersebut? Simak terus ulasan Bootsol berikut ini!

Apa itu Website ECommerce?

Ilustrasi website ecommerce
Ilustrasi website ecommerce

Web ecommerce merupakan sebuah situs yang memungkinkan orang untuk membeli barang fisik, layanan, serta produk digital melalui layanan internet. Website atau situs tersebut dapat menerima pesanan, pembayaran, hingga pengembalian barang tanpa melalui pertemuan fisik. Hampir setiap orang yang terhubung dengan jaringan internet di dunia ini pernah melakukan kunjungan bahkan pembelian melalui website ecommerce.

Hal tersebut tentunya sangat membantu masyarakat dunia saat ini dalam hal berbelanja. Kita tidak perlu lagi mengunjungi toko fisik dan mencari produk yang ingin kita cari. Cukup dengan mengunjungi situs toko online tersebut dan semua barang yang mereka tawarkan ada dalam satu genggaman tangan.

Rasanya sanga sulit jika tidak ada kehadiran situs ecommerce yang sangat membantu hampir semua orang di dunia saat ini. Kita dapat memesan pakaian, makanan, buku, perabotan rumah tangga, dan lainnya hanya melalui website ecommerce. Hal ini juga diikuti dengan meluasnya penjualan smartphone di dunia semenjak 2010.

Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah apa pentingnya pelaku usaha memiliki situs ecommerce pribadi? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pentingnya Memiliki Website ECommerce

Mengembangkan dan memiliki web ecommerce pribadi merupakan suatu hal yang sangat baik jika Anda ingin memutuskan membangun bisnis di era digital seperti saat ini. Begitu banyak manfaat dan kemudahan yang Anda dapatkan jika web ecommerce Anda ramai dikunjungi pelanggan. Tentunya hal tersebut memberikan eksposur yang baik untuk bisnis Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial. Simak beberapa hal pentingnya memiliki website ecommerce.

1. Dapat Menargetkan Pelanggan

Seperti halnya Anda memiliki toko fisik, web ecommerce dapat melihat serta menargetkan produk kepada pelanggan yang potensial jauh lebih efektif. Dengan mengetahui email pelanggan yang masuk ke situs Anda, maka Anda akan dapat menawarkan berbagai macam produk serta promo yang membuat pelanggan tersebut tertarik untuk berkunjung bahkan membeli produk di toko Anda.

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling umum namun sangat efektif digunakan saat ini. Selaini itu, Anda akan jauh lebih mudah mempertahankan pelanggan yang ada karena dapat berkomunikasi melalui email pelanggan yang telah Anda ketahui. Dengan memaksimalkan cara ini, maka Anda tidak perlu takut jika tidak mendapatkan pelanggan baru dalam jumlah yang besar.

2. Memperkuat Branding

Branding merupakans salah satu hal yang wajib dalam dunia bisnis. Website ecommerce tentunya dapat melaksanakan tugas ini dengan cara membuat kesan baik kepada setiap pelanggan yang mengunjungi website ecommerce tersebut. Menurut ShipBob, para pelanggan yang membeli produk Anda tidak akan mengingat Anda melainkan pasar.

Seharusnya Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar pelanggan yang telah dan sedang memikirkan produk yang mereka beli selalu mengingat merek Anda. Jadi, pelanggan tersebut tahu harus kemana jika mereka membutuhkan sesuatu barang atau jasa dengan kategori tertentu. Hal inilah yang menjadi celah untuk dimanfaatkan melalui cara branding. Membangun website ecommerce yang menarik, responsif, memiliki support 24/7 merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan bagi setiap pelaku usaha.

3. Dapat Memahami Audiens Lebih Dalam

Ketika Anda memiliki website ecommerce, maka di situlah Anda perlu dan dapat memahami target audiens Anda. Tidak semua orang yang berkunjung ke sebuah situs toko online selalu memasukan produk ke dalam keranjang dan segera membelinya. Anda harus pahami mengapa seseorang dapat menyukai produk tertentu sementara yang lainnya tidak. Anda juga dapat memahami mengapa mereka tidak segera menyelesaikan pembayaran mereka.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab ketika Anda sudah memiliki website ecommerce yang tepat. Anda akan sedikit banyak mengetahui karakteristik pelanggan Anda dengan melihat berbagai data yang ada, Anda juga dapat menawarkan produk-produk terbaru atau promo menarik melalui email pelanggan ketika Anda ‘sudah’ mengetahui apa yang mereka butuhkan saat itu. Tentu ini merupakan hal yang sangat esensial dalam mengembangkan website ecommerce bagi bisnis.

Baca juga: Web Design & Development? Yuk Lihat 3 Penawaran Bootsol Yang Super Cool!

Jasa Pembuatan Website ECommerce oleh Bootsol

Bootosl merupakan digital marketing agency yang berusaha membantu setiap pelanggannya mencapai solusi dalam setiap permasalahan dalam digital marketing. Bootsol menawarkan beberapa pelayanan seperti pengembangan web, desain, social media, SEO, SEM, serta ecommerce web.

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya web ecommerce untuk keperluan bisnis, maka jangan ragu lagi untuk menghubungi kami jika ingin mengembangkan website ecommerce. Berikut beberapa fase desain dan pengembangan web yang Botosol tawarkan kepada pelanggannya:

1. Mengumpulkan Info

Mengumpulkan informasi dari klien
Mengumpulkan informasi dari klien

Pada tahapan pertama ini, tim Bootsol akan berdiskusi kepada pelanggan terkait informasi apa saja yang diinginkan atau diperlukan dalam pengembangan website. Beberapa hal yang paling disoroti dalam tahapan ini adalah maksud dan tujuan dari pembuatan website tersebut, siapa target audiensnya, serta bagaimana konten yang akan dibuat nanti.

Anda bebas memberikan ide seluas-luasnya sesuai dengan keperluan Anda sendiri. Tim Bootsol akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan ide tersebut agar tercipta sebuah website ecommerce yang baik dan sesuai dengan kemauan setiap pelanggan.

2. Perencanaan

Tahap perencanaan website
Tahap perencanaan website

Tahapan kedua yaitu perencanaan dimana baik klien maupun tim Bootsol akan bersama-sama merencanakan seperti apa website yang nantinya akan dibuat. Pada tahapan ini juga telah dikembangkan site map dari website yang akan dibuat. Klien akan mengetahui gambaran umum website ecommerce yang mereka inginkan.

3. Desain

Tahapan desain pada website
Tahapan desain pada website

Tahap ketiga yaitu desain merupakan salah satu tahapan yang paling penting. Di sini Anda harus bekerja dekat dengan tim desain untuk menentukan desain mana yang paling cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Pada tahap ini juga perlu dilakukan pertukara ide antara klien dan tim desain Bootsol agar website yang dibuat sesuai dengan keinginan klien.

4. Pengembangan

Tahapan pengembangan website
Tahapan pengembangan website

Pengembangan atau tahapan development merupakan tahapan dimana website ecommerce Anda telah dibentuk. Pada tahap ini, pengembang web Anda akan mengambil semua elemen grafis individual dari prototipe dan menggunakannya untuk membuat situs fungsional yang sebenarnya.

5. Pengujian dan Pengiriman

Tahapan pengujian dan pengiriman kepada klien
Tahapan pengujian dan pengiriman kepada klien

Pada tahap ini, desainer web akan menangani detail serta menguji beberapa fitus yang ada pada website ecommerce Anda. Mereka juga akan menguji setiap hal-hal seperti fungsionalitas lengkap formulir atau skrip lainnya. Anda juga disarankan melakukan pengecekan secara teliti apakah semua desain dan program yang diinginkan sudah sesuai atau belum.

6. Pemeliharaan

Tahapan pemeliharaan website
Tahapan pemeliharaan website

Tahapan ini merupakan tahapan terakhir dari layanan yang Bootsol berikan. Salah satu cara untuk membawa pengunjung berulang ke situs Anda adalah dengan menawarkan konten atau produk baru secara teratur yang mencakup pencadangan situs reguler, peningkatan versi, pemasangan plugin tambahan, dll.

Demikian ulasan Bootsol mengenai website ecommerce. Sekarang Anda sudah tahu kan betapa esensialnya web ecommerce untuk kemajuan bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi segera hubungi tim kami untuk mendapatkan layanan pengembangan website yang terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top