fbpx

Jasa website profesional dapat Anda temukan di internet, banyak sekali rekomendasinya, sebagai business owner Anda pasti mencari yang terbaik.

Objektif utama jasa website profesional adalah bagaimana menarik banyak pengunjung ke website perusahaan, membuat mereka enjoy dan percaya dengan perusahaan Anda.

Sebenarnya membuat website memang memiliki strategi tertentu, bagaimana agar rate SEO tinggi dan mencapai peringkat teratas pada Google.

Strategi optimasi website tersebut juga tidak bisa dalam jangka waktu pendek, dengan iklan pun bahkan harus mempertimbangkan budget terlebih dahulu.

Web developer kebanyakan paham 3 teknologi penting yang harus diaplikasi pada website seperti tampilan mobile-friendly, user experience yang berarti, serta konten-konten yang SEO-friendly.

Sebagai Business Owner mungkin Anda belum begitu paham teknologi tersebut, tapi percayalah bahwa Anda harus memahaminya agar tahu dimana letak kekurangan website Anda nantinya.

Jika partner jasa website profesional Anda tidak menyadari kekurangan tersebut, maka Anda bisa tindak lanjuti.

Oleh karena itu, berikut ini penjelasan mengenai 4 teknologi penting dalam pengembangan website perusahaan.

Business Owner Harus Tahu! Jasa Website Profesional Optimasi 4 Teknologi Penting ini!
Photo by Omid Armin on Unsplash

Mobile-Friendly Website

Istilah mobile-friendly website merujuk pada pemahaman tentang bagaimana sebuah website mudah dijangkau oleh pengunjung pengguna perangkat mobile.

Perangkat mobile dengan perangkat desktop memilki ukuran layar yang berbeda, website tidak bisa secara otomatis menyesuaikan ukuran layar tersebut kecuali diatur secara manual oleh manusia.

Berbagai platform CMS (Content Management System), seperti WordPress, Joomla!, dan platform lainnya menyediakan template bawaan bersifat responsive yang bisa menyesuaikan device pengguna.

Akan tetapi, saat mengembangkan website yang levelnya profesional, tentu Anda ingin memberikan banyak custom manual untuk website perusahaan, tidak hanya sekadar memakai template bawaan. Oleh karena itu, terkadang Anda butuh jasa website profesional.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tampilan mobile-friendly website adalah sebagai berikut:

Business Owner Harus Tahu! Jasa Website Profesional Optimasi 4 Teknologi Penting ini!
Photo by Brett Jordan on Unsplash

Ukuran Font dan Button yang Besar

Layar mobile yang kecil memungkinkan kita kesulitan untuk membaca text pada konten, sehingga pastikan bahwa website Anda memiliki ukuran font yang pas sehingga nyaman saat text dibaca.

Tidak seperti layar desktop yang besar, Anda perlu perhatikan ukuran font yang sesuai dengan ukuran desktop.

Bukan hanya text, tetapi juga ukuran button serta posisinya juga perlu dipertimbangkan agar saat menyentuhnya dengan jari tidak salah menekan tombol halaman.

Posisi Gambar

Saat membuat konten, tentu kita juga memasukkan media pendukung seperti gambar atau video,

Terkadang text berada pada sisi samping gambar, tapi tampilan seperti ini akan sulit dilihat oleh mata jika kita menggunakan perangkat mobile karena tampilannya menjadi lebih kecil.

Posisikan gambar mudah untuk dilihat pada mobile dengan posisi vertical, artinya gambar lebih baik untuk diletakkan di atas text.

Tampilan Minimalis

Jika pada desktop, masih memungkinkan Anda memperoleh banyak ruang untuk memukai pengunjung dengan berbagai desain menarik.

Jika pada perangkat mobile, mungkin Anda harus mempertimbangkan desain Anda untuk lebih minimalis lagi.

User Experience Design (UX Design)

Bayangkan saat Anda mengunjungi suatu website, lalu Anda suka pada website tersebut karena mudah untuk mengakses segala informasi.

Berbagai rekomendasi topik konten tersedia, informasi profil perusahaan jelas, serta tampilan desain yang profesional membuat Anda yakin untuk membeli produk dari perusahaan tersebut.

Anda terpukau oleh perusahaan hanya karena tampilan website yang meyakinkan, inilah yang harus Anda maksimalkan juga pada website Anda.

Website Anda menggambarkan persona serta value dari perusahaan, namun user experience membicarakan bagaimana agar pengunjung enjoy scrolling seluruh area website perusahaan.

Berikut beberapa keuntungan jika penunjung merasa puas saat mengunjungi website Anda:

  1. Pemahaman yang lebih baik mengenai perusahaan Anda
  2. Menggiring kesetiaan customer untuk menggunakan membeli produk dan jasa Anda
  3. Jalinan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan customer

Terdapat 7 aspek yang harus diperhatikan dalam membangun user experience, yaitu useable, useful, desirable, accessible, credible, findable, dan valuable.

Pastikan jasa website profesional yang bekerja sama dengan Anda memahami semua 7 aspek ini, dari hal yang mendasar seperti value perusahaan juga perlu diketahui oleh web developer.

Sebuah bisnis perusahaan bisa saja memiliki desain tampilan website yang indah dan modern, tetapi bisa mejadi- sia-sia jiak tidak ditunjang oleh desain UX yang berarti.

Business Owner Harus Tahu! Jasa Website Profesional Optimasi 4 Teknologi Penting ini!
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Penggabungan User Experience dan Customer Experience

Merancang user experience dengan customer experience adalah dua aktivitas yang berbeda, namun memiliki objektif yang sama, yaitu membuat pengunjung bahagia.

Perbedaan mendasar UX adalah bagaimana para UX Designer merancang pengalaman yang berarti setiap kali pengunjung datang ke website perusahaan, lalu membuat pengunjung enjoy.

Sedangkan customer experience adalah aktivitas bagaimana membangun hubungan dengan impresi baik antara perusahaan dengan customer.

Desain UX seperti saat pengunjung ingin melihat konten pada website perusahaan, namun mengharuskan mereka memberikan alamat email, tentu menjadi impresi yang kurang menyenangkan.

Navigasi kepada informasi contact person perusahaan sulit ditemukan juga menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi customer karena sangat menyulitkan mereka.

Website Memiliki Konten SEO-Friendly

Jasa website profesional biasanya menyediakan sekaligus optimasi konten SEO, berhubungan erat dengan copywriter, content writer, dan SEO specialist.

Tujuannya mengoptimalkan konten SEO adalah menunjang setiap halaman website Anda bisa naik peringkat di Google.

Mengoptimalkan tulisan yang berkualitas, copywriting yang menarik, serta menghubungan berbagai backlink dengan website lain, segalanya dilakukan untuk menunjang SEO.

Strategi SEO merupakan upaya marketing bresifat organik, artinya tanpa menggunakan iklan sehingga perusahaan tidak perlu keluar budget untuk menaikkan peringkat di Google.

Tentunya strategi SEO ini membutuhkan waktu yang lama dalam mengoptimalkannya, perlu konsistensi membuat konten dalam jumlah banyak di website.

Mengetahui hal tersebut, banyak jasa website profesional memberikan jasa content writing sekaligus dalam jangka waktu tertentu.

Berikut ini beberapa keuntungan straetegi SEO marketing lewat website

Business Owner Harus Tahu! Jasa Website Profesional Optimasi 4 Teknologi Penting ini!
Photo by Carlos Muza on Unsplash

Meningkatkan Trafik Organik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jasa website profesional dengan strategi memperbanyak konten SEO akan meningkatkan peringkat website di Google.

Ketika seseorang mengetik keyword, lalu keyword tersebut berhubungan erat dengan konten Anda, maka halaman konten website tersebut akan naik.

Hal ini memungkinkan banyak pengunjung datang ke website Anda, karena hanya website dengan peringkat teratas yang banyak dikunjungi.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Jika konten yang dibuat memiliki informasi yang berhaga, bahkan bisa memberikan solusi kepada para pengunjung, maka mereka kembali mengunjungi website Anda untuk memperoleh informasi lainnya.

Lewat strategi ini membuat brand menjadi meyakinkan dan terpercaya.

Tidak Perlu Biaya

Keunggulan SEO lainnya adalah tidak perlu biaya yang banyak, mungkin Anda hanya perlu membayar jasa content writer.

Selain itu, konten dalam jumlah banyak tersebut juga bersifat selamanya bisa diakses secara gratis untuk para pengunjung.

Artinya strategi marketing ini hemat, tetapi keuntungan yang diberikan jangka panjang.

Konten SEO sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu konten bersifat evergreen atau konten yang bersifat trending atau sedang viral di masyarakat.

Konten evergreen bersifat selamanya akan dicari oleh pengunjung, seperti misalnya konten dengan keywords jasa website profesional.

Sedangkan untuk keyword yang sedang viral, misalnya adalah konten-konten berita.

Photo by <a href=Annie Spratt on Unsplash
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Jasa website profesional seperti apa yang Anda cari?

Tidak semua jasa website profesional, meski dengan embel-embel “profesional”, tetapi belum tentu memperhatikan 4 aspek teknologi seperti yang disebutkan di atas.

Sebagai business owner, selain penampilan website yang baik, Anda juga harus perhatikan perancangan desain UX serta konten yang dibuat oleh jasa website profesional yang bekerja sama dengan Anda.

Terkadang Business Owner tidak terlalu paham tentang hal ini, sehingga hanay terima jadi saja atas website yang sudah dibuatkan.

Jasa website profesional Bootsol selalu memprioritas kesenangan business owner dengan memaksimalkan website dalam level profesional.

Mulai dari segi penampilan website yang mobile-friendly, sampai pembuatan konten SEO-friendly dengan rate di atas nilai 90.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top