fbpx
Perhatikan 6 Kriteria Website yang Baik Ini agar Website Anda User Friendly
Kriteria Website yang Baik

Pentingnya sebuah website sudah mulai disadari oleh sebagian besar orang dari berbagai kalangan mulai dari pelaku usaha kecil dan menengah, perusahaan dari brand terkenal, hingga individu untuk keperluan pribadi seperti blogging dan portfolio. Akibatnya, kompetisi untuk menjadi website yang terbaik serta memiliki trafik yang tinggi juga semakin meningkat. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya agar website yang kita miliki menjadi sebuah website yang berkualitas baik. Selain kualitasnya yang baik, website juga harus user friendly sehingga memanjakan pengunjung yang menjelajah website kita. Apa saja kriteria website yang baik?

Di artikel kali ini, Bootsol akan memberikan informasi mengenai kriteria website yang baik agar menjadi website user friendly.

Baca Juga: 6 Tips Brilliant Mencari Topik Blog Menarik, bagi Website Anda

Kriteria Website yang Baik Adalah…

1. Mudah diakses

Perhatikan 6 Kriteria Website yang Baik Ini agar Website Anda User Friendly
Website Mudah Diakses

Kriteria yang pertama adalah memastikan website Anda mudah diakses. Terdapat berbagai macam faktor, tapi langkah paling sederhana adalah dengan memiliki domain yang singkat dan mudah diingat. Jika website Anda adalah website bisnis, Anda dapat menggunakan nama brand Anda sebagai nama domain seperti Bootsol.com. Selain itu, pastikan untuk tidak mencantumkan angka, simbol, atau tanda penghubung pada domain Anda. Yang terakhir, Anda dapat memakai ekstensi yang umum seperti .com dan .co.id atau yang unik seperti .net dan .xyz. Pemilihan ekstensi dapat disesuaikan dengan keperluan dan gaya website Anda.

2. Speed yang cepat

Kriteria website yang baik selanjutnya adalah speed website yang cepat. Tentunya, pengguna ingin mengakses website dengan cepat. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan waktu loading website Anda. Loading yang lama akan mendatangkan rasa jenuh dan jengkel pada pengguna, bisa-bisa mereka kesal menunggu sampai berpindah ke website lain. Hal seperti ini tentunya harus dihindari. Untuk itu, pastikan website Anda memiliki speed yang cepat dengan memastikan bahwa website Anda telah terbuka seluruhnya dalam waktu 2 detik.

Terdapat beberapa upaya agar website Anda memiliki speed yang lebih cepat. Salah satunya adalah dengan memperhatikan size item yang Anda masukkan pada website Anda. Ada baiknya agar tidak memasukan image atau video dengan ukuran yang besar. Anda bisa mengkompres size image atau video terlebih dahulu sebelum memasukkannya.

3. Responsif terhadap berbagai device

Perhatikan 6 Kriteria Website yang Baik Ini agar Website Anda User Friendly
Source: Google Developers

Apakah Anda pernah membuka sebuah website di smartphone Anda, tapi website yang Anda buka tidak menampilkan tampilan yang pas di layar smartphone Anda? Jika pernah, itu menandakan bahwa website tersebut belum responsif terhadap berbagai macam device. Website yang baik adalah website yang responsif terhadap berbagai macam device mulai dari PC, laptop, smartphone, dan tablet. Hal ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan aksesibilitas pengguna yang pasti akan menggunakan device yang berragam. Bahkan terdapat data yang menunjukkan bahwa separuh pengguna internet berselancar menggunakan smartphone. Maka dari itu, sudah menjadi tanggung jawab pemilik website untuk menunjang hal ini.

4. Tampilan yang menarik dan intuitif

Kriteria website yang baik yang perlu Anda perhatikan adalah tampilan atau desain dari website. Desain dan tampilan website yang simpel dan sederhana biasanya akan memberikan kesan positif karena lebih ramah di mata. Tampilan yang intuitif juga harus Anda terapkan agar website Anda lebih mudah digunakan oleh pengguna meskipun pengguna tersebut baru berkunjung pertama kali di website Anda.

Selain itu, pastikan website Anda menggunakan skema warna yang pas. Kombinasi warna harus nyaman di mata dan cocok satu sama lain. Jika Anda masih kesulitan dalam menghadirkan skema warna yang cocok, terdapat website color palette seperti Color Hunt, Colllors, dan Pigment yang dapat membantu Anda dalam memilih dan mengkombinasikan berbagai warna untuk website Anda. Perhatikan juga tema serta font yang digunakan pada website Anda. Ada baiknya untuk memilih tema dan font yang sederhana sehingga mudah untuk di cerna oleh pengunjung.

5. Struktur yang jelas

Perhatikan 6 Kriteria Website yang Baik Ini agar Website Anda User Friendly
Website dengan Struktur yang Jelas

Memiliki struktur yang jelas juga merupakan kriteria website yang baik. Website yang terstruktur dengan baik akan memudahkan pengunjung untuk menjelajah website. Hal ini penting apalagi jika website Anda memiliki banyak dan berragam konten. Konten-konten ini harus dipisahkan berdasarkan kategori dan sub-kategori yang jelas dan konsisten.

Selain pengkategorian konten, struktur dari konten Anda juga harus jelas dan konsisten. Informasi yang terdapat dalam konten haruslah runtut sehingga mudah untuk dibaca. Biasanya, sebuah konten disajikan dengan model penulisan deduktif atau piramida terbalik. Model penulisan ini menghadirkan ide pokok dan elemen penting seperti 5W1H (what, when, where, who, why, how) diawal tulisan. Kemudian tulisan akan mengerucut kepada bagian yang lebih detail seperti penjelasan, data, dan bukti.

6. Konten yang menarik dan relevan

Kriteria yang terakhir tapi yang tidak kalah penting adalah pembuatan konten yang menarik dan relevan dengan bidang yang dimiliki oleh website Anda. Dengan menghadirkan konten-konten menarik, penting, dan up-to-date terhadap isu-isu terkini, website Anda akan dikunjungi oleh banyak pengunjung sehingga dapat mendatangkan trafik yang tinggi. Dengan diimbangi dengan SEO yang baik, konten-konten Anda akan membantu Anda untuk berada pada posisi teratas pada index mesin pencarian Google.

Nah itulah beberapa kriteria website yang baik agar menjadi website user friendly versi Bootsol. Bagaimana menurut Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar!

Baca Juga: Top 5 SEO Tools Gratis untuk Keyword Research

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top