fbpx
 

Mobile Friendly Website berfungsi untuk membuat akses website menjadi lebih mudah bagi audiens yang mengunjungi website kita.

Device yang digunakan audiens tidak hanya lewat desktop, melainkan juga lewat smartphone, yang layarnya lebih kecil.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengembangkan website menggunakan desain mobile friendly website.

Para designer dan web developer pastinya sudah memikirkan hal ini, mempermudah akses audiens saat mengunjungi website kita dengan mobile friendly website, namun apakah website kita sudah menerapkan mobile friendly website?

Google sendiri sudah menyediakan mobile friendly testing tool, gunanya untuk melihat apakah website kita sudah memiliki desain mobile friendly khusus.

Dengan mengunjungi Google mobile friendly testing tool, Anda bias mengetahui apakah website Anda sudah mobile-friendly atau belum, serta Anda dapat melihat kekurangan lainnya pada website Anda.

Setelah kita mengetahui kekurangan pada website kita, maka kita perlu membenarkannya. Tujuannya tentu untuk meningkatkan visibilitas website pada search engine.

Selain itu, user’s experience saat mengunjungi website kita juga menjadi lebih enjoy.

Berikut ini 12 langkah membuat website menjadi mobile-friendly website

Accessible! Membangun Mobile Friendly Website untuk Persona Professional
Photo by Igor Miske on Unsplash

Membuat Mobile Friendly Website yang Responsif

Membuat website menjadi responsive artinya website mampu menampilkan display sesuai dengan device yang digunakan audiens saat mengunjungi website Anda.

WordPress menyediakan template desain yang responsive, sehingga Anda dapat menggunakannya.

Website di internet, tidak hanya pengunjung menggunakan desktop, tetapi juga menggunakan smartphone mereka untuk browsing.

Jika banyak dari pengunjung Anda adalah pengguna mobile, maka Anda perlu mempermudah mereka untuk mengakses informasi dari website Anda

Misalnya saja membenarkan posisi gambar pada konten Anda. Jika pada tampilan desktop gambar berada di text, maka jangan sampai tempilan ini sama pada mobile.

Sebab tampilan gambar di samping text akan memakan ruang yang banyak, sehingga tulisan text akan tampak lebih kecil pada mobile.

Hal ini membuat pengunjung sulit untuk membaca konten pada website Anda

Desain website responsive membuat pengjung enjoy mengitari website Anda, sehingga dapat meningkatkan rate SEO website Anda.

Semakin lama pengunjung enjoy, semakin mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Accessible! Membangun Mobile Friendly Website untuk Persona Professional
Photo by Matthew Guay on Unsplash

Informasi Semakin Mudah Ditemukan Semakin Baik

Ketika audiens mengunjungi suatu website, pasti mereka ingin mencari informasi secara spesifik, entah itu rekomendasi tempat liburan, alamat, nomor telfon customer service, dan sebagainya.

Artinya Anda perlu membuat desain website yang membuat audiens mudah menemukan informasi penting seperti yang disebutka di atas.

Pada mode mobile, Anda perlu memposisikan informasi penting mudah untuk ditemukan sehingga tidak membuat pengunjung kebingungan.

Pertimbangkan juga tentang FAQs, pastikan halaman ini juga mudah ditemukan, serta mudah dinavigasi pada mode mobile friendly website.

Kalau Anda masih kebingung hal-hal apa saja yang dicari audiens pengguna mobile, maka Anda bisa periksa Google Analytics.

Lewat Google Analytics, Anda bsia mengetahui behavior dari pengunjung sehingga memudahkan kita untuk tahu apa yang mereka cari di website Anda

Singkirkan Iklan dan Pop Up yang Mengganggu

Sepertinya tidak ada satu orang pun menyukai iklan dadakan yang mengganggu kita saat sedang mencari informasi.

Pastikan audiens Anda tidak teganggu karena adanya iklan yang muncul di website Anda. Apalagi jika text konten berukuran kecil sedangkan iklan yang muncul sangat besar, sehinga menutupi layar, tentu akan sangat menyebalkan.

Anda perlu membenahinya sebelum pengunjung Anda pergi. Tidak mungkin mereka membuang waktu mereka, merasa tenganggu karena adanya iklan.

Kita semua pasti akan keluar dari halaman website, lalu mencari informasi di halaman website lain yang tampilannya lebih bersih.

Anda bisa memidahkan iklan ini pada bagian bawah halaman, bukan pada konten halaman. Atau, mudahnya disable iklan padamode mobile friendly website.

Loading Website Terlalu Lama

Semua orang pasti mengalaminya, ketika harus menunggu sebuah halaman muncul, tentu jika terlalu lama menunggu akan membuang waktu di tengah kesibukan padat.

Pengunjung tidak mungkin sabar, ini akan mempengaruhi pekerjaan mereka, maka Anda perlu mengoptimalkan kinerja website Anda agar loading lebih cepat.

Google sudah memberi tahu, bahwa pengembangan website setidaknya mengambil waktu 5 detik saat loading halaman.

Sayangnya beberapa website masih membuat pengjung untuk menunggu lebih dari 5 detik, yang artinya website tersebut perlu dioptimalkan lebih baik lagi.

Kasus lainnya, terjadi pada gambar pada konten. Pastikan gambar yang Anda masukkan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Gambar yang ukurannya tidak terlalu besar akan membuat proses loading menjadi sebentar, tidak membuat kesal.

Accessible! Membangun Mobile Friendly Website untuk Persona Professional
Photo by Le Buzz from Unsplash

Buat Tampilan Website Simple

Professional adalah segalanya tentang kesederhanaan dan tampak bersih. Penggunaan warna monokrom seperti hitam dan putih bisa menjadi solusi.

Selain pemilihan warna, pastikan juga desain website tampak minimalis, sehingga membuat pengunjung mudah mencari segala informasi yang diperlukan.

Membuat Tombol Icon Cukup Besar

Tampilan layar yang kecil pada mobile-friendly website membutuhkan ukuran button serta text harus lebih besar agar mudah untuk dibaca dan ditemukan pengunjung.

Menggunakan mouse dengan control kursor yang kecil mungkin akan mudah, jika icon button kecil, tapi saat pada penggunaan mobile dan menggunakan jari Anda tentu berbeda persoalan.

Bagaimana jika peletakkan tombol icon berdekatan, kita mungkin bisa saja salah pencet tentu ini akan sangat menyebalkan.

Jadi, pastikan menggunakan tombol yang lebih besar pada tampilan mobile friendly website, dan perkirakan posisi button agar memiliki jarak yang tidak terlalu berdekatan.

Gunakan Font Berukuran Besar

Tampilan pada desktop berbeda jauh dari mobile friendly website. Kita perlu menampilan konten yang enak untuk dibaca, terutama pada mobile.

Buat font pada konten berukuran besar. Pada webpages, Anda bisa membesarkan font hingga berukuran 14px.

Setelah itu, Anda bisa mengecek terlebih dahulu seperti apa tampilannya pada mobile.

Gunakan pula font standart yang enak dibaca, bukan font yang banyak lengkungan.

Jangan Gunakan Flash

Menggunakan flash untuk meningkatkan user’s experience adalah kesalahan besar, SEO Anda bisa jatuh, bahkan membuat loading page menjadi lebih lama.

Android maupun IOS pada mobile tidak support animasi flash. Para pengunjung akan pergi dari website Anda.

Mobile friendly website tidak membutuhkan aksesoris maupun desain yang berlebihan pada tampilannya.

Gunakan Viewport Meta Tag

Tag Meta adalah tag HTML yang biasanya digunakan untuk memberikan instruksi pada pengaturan web atau bot.

Contoh meta sebagai berikut

<meta http-equiv=”refresh” content=”5;url=http://example.com/” />

Pada bagian content, Anda dapat mengisi link yang mengarah langsung kepada halaman konten Anda.

Sedangkan jika tagnya merupakan vieport, seperti ?

Maka viewport tersebut merupakan area web yang telihat oleh pengunjung.

Dari viewport tersebut, Anda bisa mengatur ukuran tampilan yang sesuai dengan layar mobile.

Matikan Autocorrect pada Form

Jika Anda meminta pengunjung untuk mengisi form tertentu saat mengunjungi website Anda, maka pastikan bahwa mereka tidak terganggu karena adanya system autocorrection.

Seringkali teknologi Autocorrect ini bisa memperlambat aktivitas pengunjung untuk mengisi formulir yang diminta, karena data tidak diisi secara manual.

Misanya saja informasi tentang kota alamat domisili, autocorrect bisa membuat tulisan nama jalan tidak sesuai karena autocorrect mengikuti kamus umum kata-kata yang sering dipakai di internet atau Google.

Sediakan Opsi Desktop View

Tidak menutup kemungkinan pengunjung juga penasaran seperti apa penampilan desktop website Anda, meskipun mereka menggunakan mobile.

Berikan saja mereka opsi tersebut, mungkin mereka sedang mencari referansi atau informasi tertentu.

Accessible! Mengoptimalkan Mobile Friendly Website untuk Persona Professional
Photo by Stephen Phillips – Hostreviews.co.uk on Unsplash

Secara Berkala Periksa Performa Tampilan Mobile Friendly Website

Untuk memeriksa apakah tampilan website sudah seperti yang diharapkan, maka Anda bisa langsung mengunjungi website Anda menggunakan perangkat mobile.

Membukanya secara berkala pada mobile juga memastikan jika konten yang dibuat, tampilannya sudah sesuai dengan layar mobile.

Lakukan scrolling mengitari website dan temukan jika ada sesuatu yang sulit dilihat atau tidak mudah diakses dengan jari.

Dengan begitu Anda juga bisa merasakan apa yang dialami oleh pengunjung Anda saat mengunjungi website Anda.

Penutup

Membuat mobile friendly website akan sangat menguntungkan untuk menambah jumlah visitor pada mobile friendly website Anda.

Tidak semua pengunjung menggunakan device laptop atau komputer, banyak juga orang browsing menggunakan smartphone.

Tampilan layar laptop dengan mobile tentu berbeda dari segi ukurannya, hal ini lah yang membaut tampilan website harus menyesuaikan layar device yang digunakan pengunjung.

Goals yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat para pengunjung mudah membaca, mengakses halaman, serta meng-click tombol-tombol pada mobile friendly website

Buatlah pengunjung enjoy, tidak merasa terganggu dan kesal saat mengitari website Anda. Pastikan mereka tidak pergi.

Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan tampilan desain yang mobile-friendly website Anda. Seperti contoh ukuran font yang besar, menyesuaikan posisi iklan, dan lain sebagainya.

Pastikan Anda memilih jasa web developer professional yang mengerti tampilan mobile-friendly website, seperti Bootsol.

Bootsol selalu memastikan tampilan mobile friendly website. Bukan hanya itu, melainkan juga membuat experience yang berarti setiap kali pengunjung datang pada website perusahaan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top