fbpx

Website atau situs yang merupakan terobosan pertama dari era digital masih sering dipakai dan tidak juga ketinggalan zaman. Dengan format yang lebih inovatif dan tidak kaku seperti saat situs pertama kali keluar, situs dapat membantu apapun yang kalian inginkan seperti untuk menjual barang, promosi, dan mencari sesuatu. Jika kalian belum mengenal tentang situs, mari kita belajar sedikit tentang situs bersama.

1. Pengertian dan Sejarah Website

Website Ilustration

Website adalah sekumpulan halaman yang saling berhubungan yang umumnya berada pada dalam satu server yang dapat di akses dengan browser. Awal situs pertama kali rilis adalah tahun 1991 dan dibuat oleh Tim Bernes Lee. Tujuan awal Tim Bernes Lee membuat situs adalah agar memudahkan bertukar informasi dengan peneliti-peneliti lain di tempatnya bekerja. Situs yang awalnya digunakan untuk bertukar informasi antara peneliti sekarang sudah bisa digunakan untuk apapun. situs bisa dimiliki dengan mudah bagi perseorangan, kelompok, ataupun instansi.

2. Aspek-Aspek Penting Yang Dibutuhkan Website

Online Shop Website

Untuk mempunyai situs kalian harus mempunyai 3 aspek yang penting agar situs dapat ditemukan oleh para pengguna internet. Aspek yang harus dimiliki adalah:

2.1 Domain

Domain atau biasa kalian kenal juga dengan URL adalah nama untuk suatu situs seperti Bootsol.com, atau Traveladdict.xyz. kalian harus membuat nama domain kalian lebih mudah untuk di akses oleh pengguna internet agar mudah untuk ditemukan.

2.2 Hosting

Hosting merupakan apek penting lainnya yang harus dimiliki oleh website karena hosting tempat menyimpan segala yang dibutuhkan situs seperti teks, gambar, video dan lainnya.

2.3 Konten

Konten pada situs memiliki tujuan untuk menarik minat pengguna internet untuk mengunjungi situs kita.untuk kategori konten sendiri memiliki banyak kategori seperti situs yang mengkhususkan pada berita, sosial media, hobi dan lainnnya.

3. Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Website

Website bisa dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kegunaan dan fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis situs berdasarkan fungsinya:

3.1 Blog

Pada awal 2000-an blog menjadi tren dan semua orang berlomba-lomba membuat blog untuk menuliskan cerita mereka dengan sudut pandang pribadi mereka sendiri. Menulis blog bahkan bisa menjadi suatu pekerjaan yang bisa menghasilkan uang.

3.2 E-Commerce

Kalian bisa menggunakan situs untuk membuat menjual produk-produk yang kalian jual. Jika kalian sudah mempunyai toko fisik di dunia nyata, kalian mungkin membutuhkan situs untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Kalian bisa menaruh sosial media dan nomer telepon kalian di situs kalian sendiri.

3.3 Perusahaan

Website sangat penting untuk perusahaan karena jika konsumen atau klien ingin mencari tentang latar belakang perusahaan akan lebih mudah. Juga situs perusahaan dapat dicantumkan nomer kontak dan alamat lengkap perusahaan itu sendiri.

3.4 Instansi Pemerintah

Situs juga dapat digunakan oleh instansi pemerintah agar masyarakat bisa memantau apa saja yang dilakukan oleh instansi-instansi pemerintah dan instansi pemerintah dapat memberikan infomarsi-informasi kepada masyarakat.

3.5 Organisasi

Website yang digunakan oleh organisasi untuk memberikan informasi mengenai pembahasan yang sesuai dengan organisasi tersebut. Seperti WHO yang memberikan informasi seputar tentang perkembangan dibidang kesehatan.

3.6 Berita

Website berita digunakan untuk menyebarkan berita secara online. Karena dizaman yang serba digital orang-orang lebih memilih membaca berita secara online daripada membeli koran seperti saat sebelum semuanya serba digital.

4. Cara-Cara Membuat Website

Analisis Website

Jika kalian ingin membuat website sendiri kalian harus lebih memikirkan konsep dari penamaan hingga konten apa saja yang akan kalian sajikan untuk para pengguna internet dan para pembaca kalian. Inilah yang harus diperhatikan saat membuat website :

4.1 Menentukan Jenis

Kalian harus menentukan jenis website apa yang kalian ingin buat dan pengguna internet seperti apa yang ingin kalian capai. Jika bisa lebih spesifik kalian mungkin bisa mendapat pengunjung yang lumayan banyak.

4.2 Menetukan Platform

Jika kalian tidak bisa coding kalian tidak harus khawatir jika tidak bisa membuat website. Kalian masih bisa membuat website dengan platform-platform seperti Blogspot, WordPress, dan Medium.

4.3 Menentukan Hosting

Memilih layanan hosting sangat penting karena itu merupakan aspek penting karena ini berfungsi untuk menyimpan semua file dalam website. Ada beberapa layanan hosting yaitu, Shared Hosting, Cloud Hosting, Vps.

4.4 Menentukan Domain

Menetukan nama domain yang menarik dan mudah untuk diingat oleh orang-orang agar lebih. Seperti Bootsol.com atau Wikipedia.org dengan mengetik domain tersebut di browser kalian dapat langsung menemukan situs Bootsol atau Wikipedia. Setiap domain mempunyai akhiran yang berbeda-beda tidak hanya .Com atau .Org, kalian juga bisa menggunakan akhiran .Co.Id, Xyz, .Net, dan lainnya.

Apakah kalian tertarik untuk membuat situs sendiri? Jika ya, kalian harus memulai sesegera mungkin. Dan jika anda tidak tertarik maka kalian harus mencoba mencari tahu lebih dalam tentang kegunaan situs.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top