fbpx
Super Helpful, Ini 5 Rekomendasi E-Library Gratis dan Terpercaya
Ilustrasi E-Library

Indonesia memerlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk membaca. Hadirnya E-Library menjadi fasilitas yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk membaca. Untuk itu mari simak pembahasan berikut

Membaca merupakan kegiatan yang dapat menambah wawasan dan sangat menunjang intelektual seseorang. Kegiatan membaca pada dasarnya kegiatan yang sangat bermanfaat. Musibah yang paling menakutkan ialah kebodohan, oleh karena itu membaca menjadi sangat penting. Faktanya tingkat litarasi di Indonesia masih relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Hal inilah yang membuat Pemerintah Indonesia terus berusaha meningkatkan minat baca masyarakat melalui berbagai macam program literasi.

Tinggi atau rendahnya tingkat ekonomi seseorang ternyata menjadi faktor terbesar penyebab kurangnya minat membaca, khususnya bagi masyarakat di daerah. Belum lagi kurangnya sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan membaca. Padahal sebagian besar masyarakat Indonesia didominasi oleh kaum muda yang berpotensi memajukan negara. Wawasan yang luas dan tingkat intelektual yang tinggi diperlukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Maka dari itu, membaca perlu dijadikan kebiasaan agar wawasan semakin terbuka.

Sebenarnya di Indonesia sudah banyak penulis-penulis lokal yang kreatif, imajinatif dan sangat berpotensi. Sayangnya masih terkendala dengan minimnya publikasi. Kemahirannya dalam menulis belum banyak terekspos, sehingga belum ada pihak penerbit yang tertarik. Kalaupun berinisiatif menerbitkan secara pribadi, terdapat kendala yang sebenarnya juga terjadi pada kebanyakan penulis, yaitu kurangnya modal.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kini segala sesuatu bisa diakses menggunakan internet alias dengan cara online. Hadirlah buku atau jurnal yang dapat diakses secara online, dikenal sebagai e-book, e-jurnal, dan lain-lain. Internet memungkinkan seseorang untuk mengunggah buku untuk kemudian disebarluaskan ke berbagai lapisan masyarakat. Sehingga dengan adanya internet siapa saja bisa dengan mudah menerbitkan hasil karya tanpa mengkhawatirkan biaya.

Dampak positif dengan adanya internet membuat masalah terkait sarana dan prasarana kegiatan membaca rasanya bisa teratasi. Sekarang asalkan memiliki konektivitas internet yang baik, siapapun, dimanapun, dan kapanpun bisa mengakses buku, dan yang paling terpenting lebih ramah untuk kantong.

E-Library hadir sebagai wadah untuk menampung berbagai jenis tulisan. Para penulis bisa dengan mudah mengunggah tulisan tanpa biaya yang besar, begitupun para pembaca bisa dengan mudah mengakses dan mendownload tulisan baik sesuai keinginan maupun kebutuhan. E-Library bisa dijadikan jawaban atas kendala sarana dan prasarana.

Kebutuhan akan E-Library

Bagi masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa biasa membutuhkan bahan bacaan sebagai referensi. Kadang kala sulit menemukan buku yang sesuai. Era digitalisasi seperti sekarang ini tak perlu khawatir kesusahan mencari buku. Kini sudah banyak tersedia E-Library. Cukup kunjungi website E-Library, kemudian search judul buku yang dicari, setelah itu download. Betapa internet sudah berhasil memudahkan manusia.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol.com

Terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Kebutuhan akan buku memang tidak dapat dipisahkan dengan proses pembelajaran sehari-hari. Buku bisa dipergunakan untuk memperdalam pemahaman akan suatu materi kuliah, serta menjadi sumber rujukan atau referensi dalam mengerjakan tugas. Jika harus selalu membelinya, bukan hanya kesulitan mencari tetapi juga memberatkan keuangan, karena biaya kuliah otomatis kan semakin tinggi. Buku atau jurnal berbentuk digital tentunya lebih murah dan efisien. Isinya sama saja dan biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Rekomendasi E-Library terpercaya

Anda bisa menggunakan cara cerdas, yaitu memanfaatkan keberadaan perpustakaan online gratis yang menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, hingga karya ilmiah yang dapat dijadikan referensi. Tanpa mengeluarkan energi yang banyak, solusi sudah bisa didapatkan. Kira-kira apa saja perpustakaan online gratis yang dapat dijadikan referensi? Berikut ini beberapa di antaranya :

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Tampilan di website E-Library Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ( Sumber gambar : perpusnas.go.id )

Siapa yang tak mengetahui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia? Menurut wikipedia Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang secara khusus didirikan oleh Pemerintah Negara demi menyimpan informasi negara tersebut.Salah satu perpustakaan online gratis yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar atau mahasiswa yaitu website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Caranya yaitu dengan mengakses website perpusnas.go.id, maka bisa mendapatkan berbagai pustaka sebagai referensi studi atau pengerjaan tugas.

Website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menyediakan berbagai buku hingga jurnal ilmiah, baik lingkup nasional hingga internasional. Buku atau jurnal tersebut dapat diunduh secara gratis. Caranya dengan mendaftar secara online terlebih dahulu. Website tersebut bisa dijadikan tempat andalan untuk mencari sumber referensi.

Google Scholar

Tampilan website E-Library Google Scholar ( Sumber gambar : scholar.google.com )

Masih bingung mencari data-data untuk karya tulis ilmiah? Coba kunjungi website Google Scholar, maka kamu bisa dengan mendapatkan berbagai buku atau jurnal ilmiah yang dibutuhkan.Cara mengakses website dengan melakukan pencarian di tautan scholar.google.com, kemudian materi referensi yang kamu cari bisa didapatkan dengan mudah.

Google Scholar merupakan salah satu website berupa perpustakaan online yang dibuat oleh Google sejak 2014. Website tersebut berisi berbagai karya penulisan dalam berbagai format yang cocok sebagai referensi mengerjakan tugas. Maka dari itu, Google Scholar wajib dimasukkan sebagai daftar perpustakaan online gratis bagi para pelajar atau mahasiswa.

Garba Rujukan Digital – Garuda

Tampilan website E-Library Garba Rujukan Digital ( Sumber gambar : pustaka.iainbukittinggi.ac.id )

Pilihan website E-Library lainnya yaitu Garba Rujukan Digital (Garuda) bisa menjadi wadah mendapatkan berbagai referensi yang diperlukan. Awalnya diketahui bahwa website tersebut awalnya bernama Indonesian Publication Index (IPI). Sejak April 2018 namanya berubah menjadi Garuda, namun secara fungsi dan isi tentu sama saja. Bagi yang ingin mencoba mengakses bisa melalui tautan garuda.ristekbrin.go.id

Diketahui bahwa Garuda sudah menyediakan lebih dari 750 ribu artikel dan 7.918 jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Koleksi tersebut ternyata masih dilengkapi oleh berbagai materi konferensi dan terbitan lebih dari 1.000 penerbit. Tak perlu diragukan lagi, Garuda bisa menjadi sumber terpercaya untuk mencari referensi.

Academia

Tampila website Academia ( Sumber : academia )

Butuh jurnal internasional, tapi tak mengetahui harus mencari dimana Academia bisa menjadi tempat yang tepat untuk dituju. Website tersebut merupakan E-Library yang berisi berbagai karya ilmiah atau jurnal dari berbagai belahan dunia. Semuanya bisa diakses dengan mudah dan gratis melalui tautan academia.edu. Dengan begitu mendapat referensi dari lingkup internasional bisa dilakukan dengan mudah.

Diketahui saat ini sudah lebih dari 74 juta akademisi yang mendaftar di sana. Bukan hanya bisa mencari jenis referensi di website itu, tetapi bisa juga mengunggah karya sendiri dengan mendaftar secara online terlebih dahulu Total hingga sekarang ternyata sudah ada lebih dari 22 juta paper yang ada di dalam situs yang dapat diakses melalui tautan academia.edu

Microsoft Academic

Tampilan website Microsoft Academic ( Sumber : Microsoft_Academic )

212 ribu karya ilmiah dan materi dari sekitar 674 ribu ragam bidang yang dapat diakses. Selain itu tersedia juga lebih dari 48 jurnal ilmiah dan 4 ribu lebih laporan seminar akademik. Oleh karena itu, Microsoft Academic layak dimasukkan ke dalam daftar perpustakaan online gratis yang wajib dimanfaatkan. Coba akses melalui tautan Microsoft_Academic

Itulah beberapa perpustakaan online gratis yang bermanfaat menunjang kegiatan belajar bagi kamu yang berstatus. Jika ingin mengunduh secara bebas umumnya perlu mendaftar secara online terlebih dahulu. Dengan demikian, berbagai tugas kuliah dapat dikerjakan dengan baik tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top