fbpx
SEO Conversion Bootsol
SEO Search engine optimization concept as colorful alphabet SEO, handwriting explanation with color chalk, robot arm and magnifying glass on blackboard wallpaper.

Mempelajari cara mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO dan konversi sangat penting untuk kesuksesan situs Anda. 

Ini akan memastikan situs web Anda bekerja sekeras yang seharusnya. 

Jika Anda memiliki SEO yang baik, Anda dapat menarik lebih banyak lalu lintas dan mendapatkan lebih banyak peluang untuk mengonversi pelanggan potensial.

Dan situs web yang dioptimalkan untuk konversi biasanya memiliki metrik yang lebih baik, seperti waktu di laman dan rasio pentalan , yang berarti bahwa Google mungkin memberi peringkat lebih tinggi.

Kiat dan strategi berikut akan mengajari Anda cara mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO dan konversi sehingga Anda mendapatkan kedua dunia terbaik.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “optimasi mesin pencari.” Ini adalah proses meningkatkan lalu lintas situs web Anda melalui hasil mesin pencari.

Ini membantu situs web Anda menjadi lebih mudah  ditemukan. Saat calon pelanggan menelusuri istilah yang terkait dengan merek Anda, mereka akan memiliki peluang lebih baik untuk menemukan situs web Anda dan menjadi pelanggan.

Bayangkan Anda memiliki bisnis kebugaran. Anda menawarkan tips diet dan olahraga di situs web Anda.

Anda juga memiliki artikel tentang menurunkan berat badan. Dengan praktik SEO yang baik, seseorang yang menelusuri kata kunci seperti “cara menurunkan berat badan” mungkin memiliki peluang lebih baik untuk menemukan artikel itu—dan karena itu, merek Anda.

Itulah kekuatan SEO.

5 Alasan Anda Perlu Mengoptimalkan Situs Web Anda

Ada banyak alasan untuk mempelajari cara mengoptimalkan konversi dan SEO secara bersamaan.

Pertama, Anda perlu tahu bagaimana mereka bekerja sama untuk membuat situs web yang lebih ramping dan lebih produktif.

Mari kita lihat lima alasan spesifik untuk segera mengoptimalkan situs Anda dan terus mengoptimalkan situs Anda dari waktu ke waktu.

1. Jadikan situs web Anda bermanfaat bagi audiens spesifik Anda

Pemasar terkadang merasa seolah-olah mereka bertentangan dengan Google . Mesin pencari gagal memberi peringkat pada konten terbaik mereka, misalnya, atau mereka melihat penurunan lalu lintas yang besar setelah pembaruan algoritmik.

Namun, pada kenyataannya, tujuan Anda dan Google adalah sama:

  • Sajikan konten sebaik mungkin untuk audiens Anda
  • Buat pengalaman pengguna situs web yang positif
  • Prioritaskan konten yang menawarkan nilai signifikan

Anda hanya melakukannya dengan cara yang berbeda. Google menganalisis jutaan situs web, sementara Anda menganalisis perilaku audiens spesifik Anda.

Google menggunakan lebih dari 200 sinyal peringkat untuk memutuskan konten mana yang muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Algoritme memperhatikan dengan cermat tanda-tanda bahwa halaman web tertentu akan memberi pencari informasi yang mereka cari.

Saat Anda fokus pada SEO, Anda memilih kata kunci semantik primer dan laten yang terkait dengan maksud pencarian. Anda menulis konten yang suka dibaca orang dan memastikan Anda memberikan informasi meta untuk membantu Google lebih memahami salinannya.

Jika Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk konversi, Anda fokus untuk membimbing pengunjung menuju tujuan tertentu, apakah itu bergabung dengan daftar email Anda atau membeli salah satu produk Anda. Sama seperti Google, Anda ingin memberikan apa yang diinginkan konsumen kepada audiens Anda.

Mengetahui cara mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO dan konversi secara bersamaan memajukan kedua tujuan tersebut dan menciptakan hubungan yang lebih baik antara situs Anda dan mesin pencari.

2. Kembangkan lalu lintas organik Anda

Bisnis rata-rata menghabiskan sekitar 1 persen dari total pendapatannya untuk iklan . Jika bisnis Anda menghasilkan $1 juta per tahun, Anda mungkin menghabiskan $10.000 untuk iklan.

Meskipun itu mungkin tampak seperti persentase kecil, itu bertambah. Beberapa industri, seperti ritel, menghabiskan jauh lebih banyak untuk iklan.

Menarik lalu lintas organik melalui SEO, bagaimanapun, gratis. Anda harus membayar untuk mengembangkan dan mempromosikan konten, tetapi itu tidak semahal bayar per klik.

Ketika Anda membandingkan tingkat kedekatan antara pencari yang tiba di situs Anda melalui pencarian organik dan mereka yang datang melalui iklan berbayar, hasilnya adalah ilustratif. Pencarian organik ditutup hampir 15 persen , sementara pencarian berbayar ditutup kurang dari 2 persen.

Investasikan waktu Anda dan, jika perlu, uang untuk menumbuhkan lalu lintas organik Anda. Mungkin perlu waktu lebih lama, tetapi hasilnya bertahan lebih lama dan menghasilkan lebih banyak konversi.

3. Memanfaatkan lalu lintas yang ada

Ketika orang mengunjungi situs web Anda, Anda tidak ingin mereka melihat-lihat dan pergi. Sebaliknya, Anda ingin membuat kesan abadi dan mendorong mereka untuk kembali.

Mempelajari cara mengoptimalkan situs web Anda untuk konversi memerlukan pemahaman tentang pengalaman pengguna. Cari tahu bagaimana pengunjung menavigasi situs Anda, apakah mereka menggulir halaman ke bawah, dan seberapa sering mereka mengklik ajakan bertindak (CTA) Anda.

Jika seseorang mendaftar ke daftar email Anda, Anda dapat menghubungi mereka di kemudian hari dengan penawaran, insentif, dan lainnya. Anda juga dapat mendorong pengunjung untuk mengikuti Anda di sosial, mengunjungi halaman produk Anda, dan membaca posting blog Anda.

Memanfaatkan lalu lintas yang ada membantu meningkatkan tingkat konversi Anda karena persentase yang lebih tinggi dari lalu lintas organik Anda akan dikonversi. Anda tahu tawaran apa yang akan ditanggapi oleh audiens Anda dan bagaimana menyajikannya kepada mereka dengan cara yang menarik.

4. Paksa situs web Anda untuk bekerja lebih keras

Siapa pun dapat membuat situs web — bahkan situs web yang indah — tetapi jauh lebih sedikit yang dapat membuat situs web yang menghasilkan konversi dengan andal. Lagi pula, tingkat konversi rata-rata di semua industri kurang dari 2,5 persen.

Anda ingin audiens Anda berkonversi pada tingkat yang jauh lebih tinggi. Untuk melakukannya, Anda harus mempelajari audiens Anda dengan cermat dan memberi mereka apa yang mereka butuhkan dan harapkan.

Jika Anda telah melakukan penelitian dan menerapkan data ke situs Anda, Anda dapat mengharapkan lonjakan tingkat konversi. Orang-orang yang mengunjungi situs Anda menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat dan menghargai merek Anda karena menyediakannya. Hasil loyalitas merek.

SEO selalu didahulukan. Tanpa lalu lintas, Anda tidak dapat memiliki konversi. Buat situs dengan konten yang berharga dan melekat serta banyak peluang bagi pengunjung untuk berkonversi.

5. Berikan audiens Anda apa yang mereka inginkan dan harapkan

Bayangkan skenario ini:

Anda memiliki situs e-commerce yang menjual sepatu. Pelanggan membutuhkan sepasang sepatu lari baru dan melakukan penelusuran Google untuk sepatu terbaik untuk pelari. Anda telah menulis posting blog yang panjang dan mendalam tentang memilih sepatu lari, termasuk rekomendasi merek dan informasi untuk berbagai jenis pelari.

Pengunjung membaca artikel. Pada akhirnya, Anda memiliki magnet timah yang menawarkan bagan ukuran dan kecocokan gratis untuk pelari. Yang harus dilakukan pengunjung adalah mendaftar ke daftar email Anda.

Anda mengirim magnet timah segera ke pengunjung. Beberapa hari kemudian, Anda mengirimkan kode kupon untuk toko online Anda beserta gambar sepatu lari. Pelanggan menyadari bahwa Anda memiliki apa yang memenuhi kebutuhannya, dan diskon mendorong penjualan segera.

Seperti yang Anda lihat, SEO dan pengoptimalan tingkat konversi bekerja bersama-sama. Jika Anda memenuhi harapan audiens Anda dan membantu mereka menemukan apa yang mereka inginkan, Anda akan mengamankan pelanggan.

Baca juga :

https://bootsol.com/bootsol-misc/3-hacker-indonesia-yang-sangat-ditakuti-dunia-bahkan-susah-di-tangkap-dan-mereka-bertobat-menjadi-peretas-handal-siapakah-mereka/

Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda untuk SEO dalam 8 Langkah Sederhana

Untuk memulai, Anda perlu meningkatkan SEO di situs web Anda untuk menarik lebih banyak lalu lintas.

Langkah-langkah berikut akan membuat Anda siap untuk kesuksesan SEO. Anda kemudian dapat mengalihkan fokus Anda ke konversi sambil terus memperbarui dan merilis konten baru.

1. Analisis semua data situs web Anda

Satu bagian data dengan sendirinya mungkin tidak memberi tahu Anda apa pun, tetapi ketika Anda mengumpulkan banyak data, Anda mulai memperhatikan pola.

Jika beberapa orang mengunjungi situs Anda dan gagal mengklik CTA Anda, Anda mungkin tidak mengalami masalah.

Namun, jika sebagian besar pengunjung mengabaikan CTA Anda, Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian.

Laporan perilaku pengguna dan data lalu lintas Google Search Console membantu memberikan gambaran yang jelas. Laporan perilaku pengguna, misalnya, menunjukkan kepada Anda bagaimana orang berperilaku begitu mereka tiba di situs Anda, sementara data GSC melacak metrik utama, seperti jumlah sesi, jumlah sesi unik, rasio pentalan, dan banyak lagi.

Menganalisis data untuk pola tertentu. Sumber rujukan dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang audiens Anda. Bagaimana orang menemukan situs Anda? Cari halaman yang mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan lebih banyak konversi daripada yang lain. Merekayasa balik keberhasilan halaman itu untuk mereplikasinya di seluruh situs Anda.

2. Lakukan riset kata kunci secara menyeluruh

Bertahun-tahun yang lalu, Anda dapat memilih kata kunci dari udara tipis, menulis artikel 300 kata, dan memberi peringkat untuk kata kunci itu pada hari berikutnya. SEO tidak berfungsi seperti itu lagi.

Alat seperti Ubersuggest membantu Anda menemukan kata kunci yang terkait dengan bisnis dan niche Anda. Gunakan untuk menemukan kata kunci ekor panjang yang sesuai dengan niat pengguna calon pelanggan Anda. Pikirkan tentang mengapa mereka akan mencari kata kunci tertentu dan apa yang mereka harapkan untuk ditemukan di halaman tentang itu.

Mulailah dengan kata kunci yang luas. Misalnya, mungkin Anda menawarkan penitipan anjing, jadi Anda mulai dengan kata kunci seperti “kandang anjing”.

Ubersuggest akan memberi Anda daftar kata kunci yang dapat Anda filter dengan beberapa cara. Anda sedang mencari kata kunci berekor panjang yang dapat Anda gunakan untuk menarik audiens tertentu.

Lakukan ini berulang-ulang saat Anda membuat lebih banyak halaman untuk situs Anda. Tulis artikel panjang dan mendalam yang memberikan informasi sebanyak mungkin tentang topik tersebut.

3. Menghasilkan konten yang panjang dan kaya nilai

Menurut Buffer, panjang ideal untuk posting blog adalah 1.600 kata. Itu hanya titik awal, meskipun.

Sebelum Anda memutuskan panjang optimal untuk konten Anda, Google kata kunci utama Anda dan kunjungi 10 hasil teratas di SERP. Apakah beberapa halaman tersebut lebih dari 1.600 kata? Maka milik Anda juga harus demikian.

Panjang bukanlah segalanya. Namun, ini mengirimkan sinyal ke Google bahwa Anda memberikan lebih banyak informasi. Jika banyak orang menghabiskan waktu lama di halaman itu — membaca sampai akhir — kemungkinan besar Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi.

4. Optimalkan untuk SEO di halaman

SEO On-page memberi tahu Anda cara mengoptimalkan situs web saat Anda membuat halaman tertentu. Faktor-faktor seperti headline, subheadline, URL slug, dan meta tag termasuk dalam kategori ini.

Gunakan kata kunci utama Anda dalam judul Anda, sebaiknya sedekat mungkin dengan awal. Itu juga harus muncul di slug dan setidaknya satu subjudul. Di seluruh salinan tubuh, bidik 0,5 hingga 2,5 persen. Cobalah untuk tidak pergi ke ujung yang lebih tinggi untuk menghindari terlihat seperti stuffer kata kunci.

Taburkan kata kunci utama dan terkait di seluruh salinan tubuh, subjudul, dan teks alternatif gambar Anda. Sertakan banyak konteks untuk masing-masing sehingga Google secara akurat memahami apa yang Anda bicarakan.

5. Optimalkan untuk SEO di luar halaman

SEO di luar halaman — juga disebut SEO di luar situs — mengacu pada cara Anda mengoptimalkan situs web Anda melalui cara eksternal. Blogging tamu, aktivitas media sosial, pemasaran influencer, dan penyebutan merek semuanya dapat meningkatkan SEO situs Anda.

Kami akan berbicara secara khusus tentang backlink nanti, tetapi tautan secara umum dapat membuat perbedaan besar dalam SEO. Anda tidak ingin mendapatkan tautan dari situs kecil dengan otoritas rendah. Mereka tidak akan membantu (dan mereka bisa menyakiti). Sebaliknya, Anda ingin menargetkan publikasi yang dihormati saat meneliti backlink.

6. Optimalkan situs web untuk seluler

Dengan semakin banyak orang yang mengakses situs web melalui perangkat seluler, Anda tidak ingin mengabaikan potensi konversi tersebut. Selain itu, Google telah meluncurkan indeks mobile-first , yang berarti Anda mungkin memiliki peringkat yang lebih baik jika Anda berfokus pada keramahan seluler.

Desain responsif menawarkan solusi termudah. Anda dapat mengunduh tema WordPress gratis dan premium yang memiliki desain responsif bawaan, yang berarti Anda tidak perlu khawatir untuk menambahkan kode tambahan apa pun.

7. Percepat halaman

Kecepatan halaman penting dalam hal SEO dan konversi.

Jika Anda mengunjungi situs web yang membutuhkan waktu lama untuk memuat, Anda mungkin akan mengklik tombol “kembali” dan mencari sesuatu yang lain. Demikian pula, jika Anda mengisi formulir yang menolak untuk mengirimkan karena kecepatan lambat, Anda akhirnya akan menyerah.

PageSpeed ​​Insights Google memberi Anda wawasan berharga tentang seberapa cepat situs Anda dimuat di semua perangkat dan hal spesifik apa yang dapat Anda perbaiki untuk membuat situs Anda lebih cepat.

8. Dapatkan backlink berkualitas

Tautan balik adalah faktor utama dalam membantu peringkat situs web Anda lebih baik.

Saat situs berkualitas tinggi menautkan ke situs Anda, Google menafsirkan tautan tersebut sebagai sinyal kredibilitas situs Anda. Saat Anda membangun profil backlink yang solid, halaman Anda akan naik peringkat.

Mendapatkan backlink berkualitas membutuhkan usaha , tetapi Anda akan melihat hasilnya. Pertimbangkan mengirim email ke influencer dan blog lain di niche Anda. Bagikan artikel Anda dengan mereka dan arahkan mereka ke halaman tempat Anda membagikan konten mereka.

Bisakah SEO Meningkatkan Konversi Situs Web Anda?

Sekarang setelah kami membahas peningkatan SEO Anda, apa yang terjadi dengan konversi Anda?

Anda tidak akan langsung melihat hasilnya. Peringkat membutuhkan waktu untuk dibangun, terutama dengan banyaknya konten yang ada secara online, jadi Anda harus bekerja keras untuk membangun konten yang berkualitas, menarik backlink , dan membangun kredibilitas dengan Google.

Namun, Anda harus mulai mempersiapkan konversi sekarang. Jika Anda tahu cara mengoptimalkan situs web Anda, Anda dapat segera melihat konversi yang lebih besar bahkan jika Anda memiliki lalu lintas rendah.

SEO meningkatkan konversi dengan mengarahkan pencari yang tepat ke konten Anda. Jika Anda memperjelas tujuan halaman, Google dapat memberi peringkat secara akurat berdasarkan maksud pencarian dari pihak konsumen.

Selain itu, menulis lebih lama, lebih banyak artikel yang didorong oleh nilai meningkatkan peluang pengunjung untuk berkonversi. Mereka mengenali nilai dari apa yang Anda bagikan dan menjadi tertarik. Selama Anda memberi mereka penawaran yang menarik, Anda meningkatkan peluang mendapatkan konversi.

Mengoptimalkan Situs Web Anda untuk Konversi – Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna berarti bagaimana orang memandang situs Anda relatif terhadap navigasi dan menemukan apa yang mereka inginkan. Pengalaman pengguna yang baik membuat pengunjung puas dan menghargai.

Untuk mendapatkan lebih banyak konversi, fokuslah pada detail terkecil. Misalnya, periksa beranda Anda dan identifikasi setiap elemen, mulai dari logo dan bilah navigasi atas hingga widget di bilah sisi Anda. Jika Anda menghapus salah satu elemen tersebut, apakah Anda akan membahayakan pengalaman pengguna?

Jika tidak, singkirkan. Fokus pada mengarahkan lalu lintas Anda ke arah tindakan yang Anda ingin orang lakukan.

Coba Alat Perilaku Pengguna untuk Menganalisis Apa yang Perlu Ditingkatkan

Menebak hanya berjalan sejauh ini dalam hal pengalaman pengguna. Anda mungkin berpikir bahwa elemen pada halaman itu perlu, tetapi laporan perilaku pengguna tidak mendukung hal itu.

Menjalankan laporan perilaku pengguna memberi Anda wawasan unik tentang apa yang dilakukan orang ketika mereka tiba di situs web Anda. Peta panas, misalnya, menunjukkan kepada Anda di mana aktivitas mengklik paling banyak terjadi sehingga Anda dapat memposisikan elemen terpenting Anda di halaman.

Kesimpulan

SEO dapat terbukti sangat kompleks, tetapi mengetahui dasar-dasarnya akan memberi Anda awal yang baik.

Mulailah dengan mengumpulkan data sebanyak mungkin dan melakukan penelitian menyeluruh. Tulis konten yang ditujukan untuk audiens Anda, tetapi pastikan itu lebih baik daripada pesaing Anda.

Buat kampanye terpisah untuk SEO on-page dan off-page. Pastikan situs Anda dimuat dengan cepat di desktop dan seluler dan Anda menarik tautan balik sebanyak mungkin.

Kemudian cari tahu cara mengoptimalkan situs web Anda untuk konversi sehingga Anda tidak menyia-nyiakan semua lalu lintas yang bagus itu.

Fokus pada pengalaman pengguna dan pola yang Anda deteksi melalui laporan perilaku pengguna. Seiring waktu, Anda akan melihat lalu lintas dan konversi meningkat berdasarkan kerja keras Anda.

Selain itu, konten yang lebih lama pun dapat terus bekerja keras untuk Anda. Jangan meremehkan upaya Anda karena hanya relevan untuk saat ini.

Jika Anda menulis konten evergreen yang solid, Anda dapat menarik lalu lintas — dan menghasilkan konversi — untuk tahun-tahun mendatang.

Referensi

Muhammad Sobri Maulana. SEO 101: Cara Optimasi Website. Buku Self Publishing. 2019

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top