fbpx

Menjadi seorang pekerja lepas atau yang dikenal dengan freelancer saat ini cukup menggiurkan. Pasalnya banyak sekali situs freelancer yang mudah diakses agar Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda. Apalagi kondisi dunia saat ini yang diiringi dengan pandemi Covid-19 membuat sedikit banyak orang kehilangan pekerjaannya.

Menjadi pekerja lepas merupakan salah satu alternatif dikala situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Anda juga akan mendapat banyak keuntungan ketika menjadi seorang freelancer. Anda dapat menawarkan jasa terbaik Anda di beberapa situs freelancer yang tersebar di internet. Situs untuk pekerja lepas pun beragam macam, dimulai dari yang menyediakan jasa umum hingga jasa tertentu saja.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui website-website apa saja yang menyediakan jasa freelancer saat ini. Namun, sebelum jauh membahas situs web bagi freelancer, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu definisi dari freelancer atau pekerja lepas itu sendiri. Simak terus ulasannya berikut ini!

Apa itu Freelance?

Ilustrasi freelancer
Ilustrasi seorang freelancer

Freelance atau pekerja lepas merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang bekerja sendiri dengan tidak memiliki komitmen penuh kepada majikan atau pemimpin tertentu. Saat ini tersedia banyak sekali macam jasa freelancer dalam berbagai bidang seperti percetakan, penulisan, hingga desain grafis. Kontrak yang diguakan dalam jasa freelance juga beragam, ada yang hanya menggunakan perjanjian lisan saja dan ada juga yang memiliki perjanjian tertulis.

Sistem pembayarannya pun beragam tergantung kesepakatan antara penyedia jasa dengan kliennya. Freelancer biasanya dapat meminta pembayaran di muka sebelum mereka mulai mengerjakan proyek secara utuh. Namun, ada juga yang meminta bayaran ketika proyek yang diminta telah dikerjakan seluruhnya. Pada umumnya biaya yang dikenakan untuk jasa freelance dalam hitungan per jam, per hari, per halaman, bahkan per proyek.

Perkembangan freelancer di Indonesia semakin pesat. Hal ini seiring dengan banyaknya angkatan kerja Indonesia hingga ratusa juta jiwa. Bahkan, penghasilan dari bekerja paruh waktu di Indonesia pun dapat dikatakan baik. Terdapat beberapa masyarakat Indonesia yang sudah beralih kepada freelancer dari yang mulanya bekerja penuh waktu di perkantoran. Tentunya hal tersebut didukung dengan kemampuan diri serta permintaan akan jasa yang ditawarkan.

Meskipun menjadi seorang freelancer kelihatannya sangat baik dan menjanjikan, kita perlu mengetahui lebih dalam apa saja kelebihan serta kekurangan jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang freelancer.

Baca juga: Cool 7 Jenis Website Yang Wajib Kamu Ketahui

Kelebihan Freelancer

Freelancer yang bekerja di rumah
Freelancer yang bekerja di rumah

Tentunya menjadi seorang yang bekerja paruh waktu atau freelancer memiliki keuntungan-keuntungannya sendiri. Selain jam kerja yang fleksibel, seorang freelancer dapat menentukan besaran bayaran yang mereka inginkan. Tentunya dengan melihat kemampuan dan pengalaman diri Anda sendiri. Berikut beberapa kelebihan ketika Anda menjadi seorang freelancer.

1. Mendapatkan Pengalaman Tambahan

Melakukan pekerjaan lepas sedikit banyak akan menambah pengalaman seseorang. Bahkan, hal ini terbilang sangat baik jika dilakukan saat Anda masih belajar di bangku kuliah yang mana nantinya ketika Anda sudah lulus, Anda sudah memiliki sedikit pengalaman bekerja. Pengalaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran jika nantinya Anda ingin mengambil pekerjaan penuh waktu di suatu perusahaan.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang mensyaratkan pengalaman sebagai salah satu syarat untuk diterima bekerja di perusahaan. Oleh karena itu penting bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman kerja atau sekedar mengasah skill menjadi pekerja lepas. Sementara itu, untuk menjadi seorang pekerja lepas saat ini sudah mudah sekali karena tersedia banyak sekali situs-situs web yang menyediakan jasa untuk mengiklankan jasa dan kemampuan Anda kepada yang membutuhkan.

2. Fleksibilitas yang Tinggi

Bekerja sebagai seorang freelancer sudah tentu memiliki jam bekerja yang sangat fleksibel. Selain itu, Anda juga dapat bekerja di manapun Anda inginkan. Biasanya para freelancer lebih menyukai bekerja di rumah sendiri. Hal ini karena bekerja di rumah memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.

Selain itu, Anda juga terbebas dari berbagai aturan yang biasanya terdapat di suatu perusahaan seperti pakaian. Anda dapat menggunakan pakaian apa saja yang Anda sukai dan rasa nyaman. Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu daya tarik menjadi seorang pekerja lepas.

3. Dapat Menentukan Nilai Bayaran

Menurut Golife.id, menjadi seorang freelancer akan memungkinkan Anda menentukan besaran bayaran yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Hal ini berbeda dengan orang yang bekerja penuh waktu di suatu perusahaan yang masih saja terdapat beberapa pekerjaan mendapatkan imbalan gaji yang lebih kecil dari apa yang dikerjakan.

Tentunya pekerja lepas dapat menentukan apakah yang mereka kerjakan sudah sesuai dengan besaran bayaran yang ia dapatkan atau belum. Biasanya besaran bayaran yang ditentukan oleh seorang freelancer mengacu pada banyaknya pengalaman serta kepuasan dari klien mereka. Anda juga dapat mengasah kemampuan Anda untuk meningkatkan biaya tarif yang harus dikeluarkan oleh klien kepada Anda.

4. Bebas Memilih Klien

Ketika Anda menawarkan jasa pada situs freelancer, maka saat itu juga Anda bebas menentukan kepada siapa Anda ingin memberikan layanan jasa. Anda dapat menentukan klien mana yang mungkin paling potensial untuk penghasilan Anda. Berbeda dengan orang yang bekerja penuh waktu di perusahaan yang tidak dapat memilih klien bekerja.

Selain itu, menjadi pekerja lepas dapat memilih pekerjaan atau proyek mana yang mungkin paling mudah dan mendapatkan banyak keuntungan jika mengerjakannya. Hal ini tentunya sangat menyenangkan bagi Anda yang tertarik untuk menawarkan jasa Anda di situs freelancer saat ini.

5. Tidak Membutuhkan Persyaratan Khusus

Menjadi seorang freelancer memang harus memiliki kemampuan atau skill yang akan Anda jual. Namun, untuk menjadi seorang freelancer dapat dikatakan relatif mudah karena tidak membutuhkan persyaratan-persyaratan khusus layaknya melamar di suatu perusahaan. Anda hanya perlu mendaftar di situs freelancer dan memberikan sedikit gambaran jasa yang Anda dapat lakukan.

Dengan begitu, Anda dapat menawarkan jasa sekaligus membangun portofolio yang baik. Semakin bagus riwayat proyek yang Anda kerjakan, semakin ramai juga klien yang ingin bekerja sama dengan Anda. Tentunya ini salah satu manfaat yang paling besar ketika menjadi seorang pekerja lepas.

Kekurangan Freelancer

Terdapat kekurangan menjadi seorang freelancer
Terdapat kekurangan menjadi seorang freelancer

Terlepas dari segala kelebihan menjadi freelancer seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa kekurangan yang menjadi risiko freelancer. Tidak semua orang cocok dengan kondisi kerja freelancer yang cukup bebas namun tidak memiliki atasan atau boss yang pasti. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin bekerja menjadi seorang freelancer. Berikut beberapa situs freelancer terbaik yang dirangkum oleh Bootosol.

1. Pendapatan yang Tidak Tetap

Meskipun memiliki potensi untuk meraup pendapatan yang besar, namun menjadi seorang freelancer pada dasarnya tidak dapat memiliki pendapatan yang tetap. Dilansir dari Caraguna.com, seorang freelancer bisa saja tidak mendapatkan penghasilan yang tetap karena kebutuhan klien terhadap jasa yang Anda tawarkan sedikit.

Banyaknya situs freelancer yang tersedia serta banyaknya orang yang menawarkan jasanya bisa saja menjadi salah satu faktor berkurangnya pendapatan seorang freelancer. Hal ini berkaitan dengan membangun jaringan kepada klien-klien yang membutuhkan dan bagaimana caranya seorang freelancer itu dapat menyelesaikan proyek dengan baik.

Pendapatan seorang pekerja lepas sering kali bergantung pada kemahiran dalam negosiasi dengan klien. Ada saatnya ketika Anda mendapatkan klien yang menginginkan kualitas pekerjaan yang baik namun tidak memberikan imbalan yang setara. Oleh karen itu, hal ini dapat berpengaruh pada pendapatan seorang freelancer yang tidak tetap.

2. Persaingan yang Ketat

Seperti layaknya Anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, maka Anda akan menyadari betapa ketatnya persaingan di dunia kerja. Hal ini terjadi juga pada pekerja lepas. Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya bahwa terdapat banyak sekali situs freelancer yang membuat semakin ketatnya persaingan di antaranya.

Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin menawarkan jasa di berbagai situs freelancer saat ini. Banyak sekali para freelancer lain yang saling menawarkan jasa terbaiknya agar seseorang atau perusahaan tertarik untuk mempekerjakannya. Pastinya Anda harus menyiapkan portofolio terbaik Anda karena terpilih di antara ratusan bahkan ribuan orang yang menawarkan jasa yang sama seperti Anda bukanlah sebuah keberuntungan. Ini mencakup kemampuan Anda dalam mempromosikan diri serta kemampuan Anda dalam menyelesaikan proyek dengan baik.

3. Tidak Memiliki Fasilitas Perusahaan

Biasanya seseorang yang bekerja di suatu perusahaan akan mendapatkan berbagai keuntungan dari bekerja di tempat tersebut. Seperti fasilitas kesehatan, transportasi, tunjangan hari raya, dan sebagainya. Namun, jika Anda ingin menjadi pekerja lepas tanpa bekerja di suatu perusahaan, maka Anda harus bersiap tidak memiliki fasilitas-fasilitas perusahaan.

Memutuskan untuk menjadi seorang freelancer berarti harus siap untuk menjadi perusahaan bagi diri sendiri. Tidak adanya fasilitas serta tunjuangan pensiun telah menjadi risiko dan pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelumnya.

4. Memerlukan Personal Branding yang Kuat

Menawarkan jasa di berbagai situs freelancer memang terlihat mudah. Hanya perlu mendaftar dan mengiklankan diri. Namun, sebenarnya hal ini dapat dikatakan sangat sulit. Mengapa demikian?

Membuat personal branding di situs freelancer memiliki kesulitan yang hampir sama ketika Anda ingin melamar di suatu perusahaan. Anda harus membuat orang lain atau perusahaan lain percaya terhadap kemampuan diri Anda untuk bisa menyelesaikan proyek yang diminta. Oleh karena itu, banyak sekali faktor yang harus diperhatikan ketika seorang freelancer ingin membranding dirinya sendiri seperti desain portofolio, pengalaman mengerjakan proyek, dan lain-lain.

5. Butuh Waktu untuk Mendapatkan Klien

Nyaris seperti Anda berjualan online, menjadi seorang freelancer juga tidak dapat mendapatkan klien atau customer secara cepat. Anda perlu memulainya dari bawah di mana klien yang masuk adalah orang-orang yang pertama kali mempercayai kemampuan dan kinerja Anda dalam menyelesaikan masalah.

Menjadi seorang pekerja lepas juga harus ahli dalam melakukan branding yang baik. Selain itu, ada kalanya Anda tidak dapat mengerjakan semua proyek yang dibebankan kepada Anda. Jika Anda ingin memiliki kualitas pelayanan yang terbaik, ada baiknya untuk membentuk tim sehingga calon-calon klien yang melihat iklan Anda akan tertarik untuk mempekerjakan Anda di kemudian hari.

Daftar Situs Freelancer

Freelancer merupakan sebuah pilihan bagi sebagian orang. Pekerjaan tersebut dapat menambah pengalaman hingga pendapatan tambahan. Namun, sebagian dari mereka bekerja sebagai pekerja lepas untuk dijadikan pekerjaan utamanya. Nah, sebab itu Anda harus tahu beberapa situs freelancer yang dapat dimanfaatkan untuk Anda yang mungkin tertarik menjadi seorang freelancer. Berikut beberapa daftar situs untuk freelancer.

1. Fiverr

Situs freelancer Fiverr
Situs freelancer Fiverr (Sumber: Fiverr.com)

Fiverr merupakan situs yang menyajikan layanan untuk para freelancer. Didirkan pada 2010 dan bermarkas di Tel Aviv, Israel. Fiverr menjadi salah satu situs freelancer internasional yang paling populer dan banyak digunakan. Menggunakan Fiverr menyajikan beragam kemudahan baik untuk freelancer maupun para klien yang sedang mencari seorang freelancer.

Di situs ini, jika Anda tertarik menjadi freelancer Anda harus memasang iklan jasa dan kemampuan apa yang Anda dapat berikan. Hal ini berbeda dengan situs lainnya dimana para klien lah yang memasang iklan untuk mencari seorang pekerja lepas. Tentu ini merupakan salah satu kelebihan yang mungkin Anda dapatkan jika tertarik memasarkan iklan Anda di situs ini.

Untuk segi keamanannya, Fiverr telah dilengkapi dengan perangkat keamanan yang tinggi. Baik untuk para freelancer maupun klien tidak perlu takut akan kebocoran data akibat mengakses situs ini. Oleh karena itu Fiverr sangat direkomendasikan bagi kalian yang tertarik untuk mengiklankan jasa kalian secara internasional.

2. Sribulancer

Salah satu situs freelance terkenal Sribulancer
Salah satu situs freelance terkenal Sribulancer (Sumber: Sribulancer.com)

Sribulancer merupakan situs freelancer lainnya yang berasal dari Indonesia dan sangat populer. Beragam sekali jasa yang dapat ditemui dalam Sribulancer ini seperti desain grafis, pembuatan artikel, pengiklanan, dan lain-lain. Situs ini juga baik bagi Anda sebagai freelancer pemula karena dapat menemukan klien-klien yang terkadang membutuhkan jasa pekerja lepas pemula.

Sistem pembayaran di Sribulancer sangat mudah yaitu dapat menggunakan transfer bank. Selain itu, terdapat mata uang USD yang memungkinkan Anda dapat menemukan klien yang berasal dari luar negeri. Tentunya situs ini sangat baik dan menarik bagi kalian yang sedang mencari freelancer untuk membantu pekerjaan kalian serta bagi kalian yang ingin menawarkan jasa kalian di situs freelancer.

3. Upwork

Tampilan dari situs Upwork
Tampilan dari situs Upwork (Sumber: Upwork.com)

Upwork menjadi salah satu situs freelance terpopuler di dunia. Situs ini juga ramah bagi para freelancer pemula karena mendukung beberapa fitur karir freelance yang diperlukan. Banyak sekali bidan yang ditawarkan oleh para freelancer di situs ini. Anda dapat mencari beragam klien dan tawaran jasa yang disediakan situs ini.

Di situs ini, Anda akan menemukan bahwa pembayaran yang diberikan dapat dihitung per jam, per hari, maupun per proyek. Seperti layaknya Fiverr, Upwork telah dibekali dengan sistem keamanan yang baik dengan bantuan customer service 24/7. Upwork telah berhasil memenangkan penghargaan G2’s 2021 Best Software Awards.

4. Projects.co.id

Situs freelance Projects.co.id
Situs freelance Projects.co.id (Sumber: Projects.co.id)

Salah satu situs marketplace pekerja lepas sekaligus menjual produk digital yaitu Projects.co.id. Situs ini berasal dari Indonesia yang telah dikembangkan sejak 2014 silam. Tidak kalah dengan situs freelancer lainnya, Projects.co.id menyediakan banyak sekali layanan pekerja lepas didukung beragamnya kategori yang tersedia.

Keunggulan situs ini dibandingkan situs lainnya yaitu menjual berbagai produk digital yang sulit didapatkan bagi kompetitornya. Projects.co.id menjadi tempat para freelancer paling direkomdasi di Indonesia.

5. Guru

Halaman depan situs Guru
Halaman depan situs Guru (Sumber: Guru.com)

Guru merupakan situs yang menyediakan jasa bagi para freelancer untuk menawarkan jasanya kepada klien. Dalam Guru, baik klien maupun freelancer diwajibkan untuk saling membuat akun sebelum adanya transaksi.

Banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan dalam situs ini setiap harinya. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memasarkan jasa Anda di Guru, disarankan untuk selalu melihat secara berkala iklan yang telah Anda pasang. Jangkauan situs ini tidak hanya Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Guru telah dikembangkan sejak 1998 hingga akhir meluncur pada 2001.

6. 99Design

Situs freelance khusus desain
Situs freelance khusus desain (Sumber: 99Design.com)

Situs freelancer ini merupakan situs yang fokus pada penjualan jasa desain. Namun, bagi Anda yang masih pemula di bidang desain tidak perlu khawatir karena 99Design menawarkan banyak tips dan trik untuk kemajuan skill Anda.

Dalam situs ini, kalian juga akan menemukan komunitas 99Design yang akan membuat Anda lebih maju lagi dalam bidang desain dan grafis. Situs ini sangat direkomendasi bagi Anda yang suka atau sedang mencari klien yang membutuhkan jasa desain.

Nah, itulah beberapa situs untuk freelancer yang mungkin membuat kalian tertarik untuk mencobanya. Selain itu, kalian juga sudah tahu kan apa aja keuntungan dan kekurangan menjadi seorang freelancer. Bagaimana? Apakah kalian tertarik mencobanya? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top