fbpx

Apakah ada tips untuk mencari topik blog menarik bagi situs anda? lalu, kira-kira topik blog apa ya yang paling banyak dikunjungi? Artikel ini merupakan solusi yang tepat bagi anda, pemilik situs pribadi maupun bisnis. Jika berbicara, mengenai konten tentunya setiap situs memiliki tema khusus untuk menjaring pengunjung. Oleh karena itu, menentukan topik blog/ artikel yang tepat merupakan hal penting. Anda perlu mempertimbangkan strategi ini, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan traffic situs anda.

Namun, pada umumnya tidak semua topik diminati pengunjung dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, ada juga blog yang mampu menjaring pengunjung secara konsisten. Jika anda berniat ingin memanfaatkan strategi blogging untuk memikat pengunjung. Sebaiknya anda melakukan research dan membaca keenam tips mencari topik blog menarik sesuai dengan tujuan situs anda.

Terlepas dari itu, jika anda masih memiliki kendala terkait cara membuat situs dengan fitur yang canggih. Anda tidak perlu khawatir, karena anda dapat langsung menghubungi pakarnya, Bootsol siap membantu untuk mewujudkan situs impian anda.

Baca juga : Manfaat Blog untuk Bisnis

Sebelum, membahas sejumlah tips menemukan topik blog secara mendalam, Bootsol ingin berbagi beberapa inspirasi topik blog yang paling diminati.

Inspirasi Contoh Topik Blog :

1. Ulasan produk berdasarkan pengalaman pribadi

– menyajikan tulisan dengan nilai unik dan menarik

2. Tutorial Aktivitas Sehari-hari

– Anda dapat membagikan link artikel ke media sosial, untuk menjangkau lebih banyak pembaca

3. Travel

Topik seputar pariwisata adalah salah satu topik yang bertahan lama. Sehingga, anda dapat konsisten menyajikan artikel-artikel seputar travel.

Enam Tips Brilliant Mencari Topik Blog Menarik :

1. Join Berbagai Forum dan Group di FB

Anda dapat mengetahui topik yang sedang populer, melalui percakapan di forum atau Group. Selain itu, semakin banyak interaksi mengenai topik tersebut maka, semakin besar potensinya untuk menjadi topik blog di situs anda.

Terkait, cara menemukan forum yang cocok dengan tema artikel anda, anda hanya perlu meng-input keyword “forum (topic)” di Google.

Sebagai contoh, ketika anda megetik “forum (tanaman hias)” pada mesin pencari, Google. Anda akan menemukan beberapa pilihan forum tanaman hias. Seperti gambar di bawah ini.

Pemilihan forum sebaiknya disesuaikan dengan tema blog anda. Sehingga, anda dapat konsisten menulis artikel seputar topik tersebut. Bootsol berharap tips pertama ini akan bermanfaat bagi anda yang bingung mencari topik blog menarik.

2. Mencari Inspirasi dari Situs Blog Lain

Anda dapat menermukan inspirasi topik, khususnya topik populer melalui blog situs lain.

Namun, akan lebih baik jika anda memperhatikan artikel yang masih relevant dengan situs anda. Berikut adalah beberapa proses untuk menemukan topik yang sesuai :

– Melakukan analisa dari beberapa source artikel yang berbeda

– Membuat list plus dan minus dari setiap artikel

– Menyatukan point-point keunggulan yang telah di-list sebelumnya, dan membuatnya menjadi sebuah artikel yang lebih detail

3. Manfaatkan Quora

Tips ketiga untuk menemukan topik blog menarik adalah memanfaatkan Quora.

Quora adalah situs yang menyajikan informasi dalam bentuk questions and answers. Anda dapat meng-input topik yang dicari, ikut berpatisipasi dalam pembahasan suatu topik.

Melalui sesi questions- answers. Anda dapat menemukan ide topik populer ,sebagai salah satu topik blog menarik. Nah, biasanya kepopuleran suatu topik ditentukan oleh jumlah orang yang melontarkan pertanyaan terkait topik tersebut.

Jika anda penasaran seperti apa format Quora, simak contohnya di bawah ini. Atau anda bisa langsung mengunjungi situsnya.

4. Manfaatkan Google Trends

Google Trends merupakan tool gratis milik Google. Melalui tool ini, anda dapat meng-track keywords / topik dalam kurun waktu tertentu. Biasanya sekitar sebulan bahkan setahun. Selain itu, anda juga dapat mengetahui lokasi mana yang paling banyak mencari keyword/ topik tersebut. Nah, berdasarkan hasil itu, anda dapat melakukan analisa terkait topik apa yang sedang populer atau paling banyak digemari oleh pengguna internet.

5. Mencari Inspirasi dari Situs Online Course Populer

Tips kelima yang akan Bootsol bagikan adalah inspirasi dari situs online course seperti Udemy. Situs ini cocok bagi anda yang ingin mencari pembahasan dari topik-topik tertentu. Misalkan berkaitan dengan “techonology” yaitu SEO, graphic design dan lainnya. Namun, jika anda ingin mencari topik di luar techonology anda lebih baik mengunjungi situs Amazon.

Cara memanfaatkan situs Online Course :

– Melakukan pencarian dengan keywords pilihan anda

– Lalu, pilihlah salah satu course populer berdasarkan search results

6. Memanfaatkan Aplikasi Pinterest

Tips terakhir untuk mencari ide topik blog menarik adalah, aplikasi Pinterest. Aplikasi unik ini, menyajikan berbagai bacaan menarik. Sehingga, akan mudah bagi anda dalam mencari artikel yang sedang populer. Selain itu, Pinterest juga di-design menjadi sources dari ide, memiliki search feature yang efektif. Oleh karena itu, melalui satu kata kunci saja, anda dapat menemukan beragam bacaan yang interesting.

Berikut adalah ulasan terkait enam tips untuk menemukan Topik blog menarik. Menurut kalian tips mana yang paling efektif untuk anda terapkan dalam situs anda? komen di bawah ya!

Baca juga : Trend Website 2021

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top