fbpx

Artikel kali ini Bootsol akan memberikan informasi seputar pengertian, jenis-jenis, dan trend website di tahun 2021.

Pengertian Website

Remarkable Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer
Website

Pentingnya sebuah website sudah tidak perlu diragukan lagi, terlebih di masa seperti sekarang dimana segalanya diakses melalui internet. Saat Anda mencari informasi di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, atau Naver, hasil yang ditampilkan adalah artikel-artikel relevan dari berbagai website. Pengertian website adalah sebuah kumpulan halaman di internet yang dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Semua kontennya disusun dan dapat diakses secara menyeluruh melalui halaman depan (homepage).

Komponen Website

Pada umumnya, website memiliki tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa salah satunya, web tidak akan berfungi dengan baik. Ketiga komponen tersebut adalah:

Remarkable Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer
Contoh Domain
  1. Domain: domain adalah tempat yang mengadung informasi identitas dan alamat website Anda. Contohnya: https://bootsol.com/. Dalam domain ini terkandung scheme (https), second level domain (bootsol), dan top level domain (.com)
  2. Hosting: hosting adalah tempat dimana database Anda tersimpan. Mulai dari teks, gambar, video, audio, dan data-data lain yang mendukung website Anda akan tersimpan di hosting.
  3. Konten: Konten adalah segala apa pun yang mengandung pesan dan dapat Anda bagikan. Dalam hal ini, koten sangat penting. Web yang Anda buat tidak akan berguna jika tidak ada konten yang dibagikan.

Jenis-jenis Website

Remarkable Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer
Jenis-jenis Website

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Setelah mengetahui pengertian website dan komponennya, selanjutnya adalah mengetahui fungsi dari website itu sendiri. Saat ini, website tidak hanya penting bagi perusahaan besar atau media informasi saja, tetapi juga mulai menjadi kebutuhan individu untuk personal branding serta UMKM untuk toko online mereka. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi website:

  • Website pribadi/blog: Website untuk kepentingan blog telah menjadi trend website sejak awal tahun 2000an. Seiring berkembangnya waktu, jenis ini mulai berkembang. Saat ini website juga lazim digunakan sebagai media portofolio dan personal branding oleh professional atau freelancer. Ada pula perorangan yang ingin membagikan informasi, pengalaman pribadi, dan lain sebagainya.
  • E-commerce: Akibat tuntutan kebutuhan, brand-brand yang awalnya hanya memiliki toko fisik harus mengikuti perkembangan jaman dengan membuat website sebagai toko online untuk brandnya. Perkembangan ini juga memungkinkan brand-brand tersebut menggaet customer yang lebih luas dibandingkan toko fisik. Diperkirakan pembuatan website untuk keperluan toko online akan terus berkembang menjadi trend website di tahun 2021 mengingat pandemi yang masih berlangsung.
  • Content Marketing Blog: Jenis website ini berfungsi sebagai sebagai media penyebaran konten berupa artikel yang relevan dengan produk dari brand tersebut.
  • Perusahaan: Baik untuk perusahaan B2B atau B2C, memiliki website adalah langkah strategis untuk lebih meyakinkan customer. Dengan begitu, eksistensi perusahaan serta informasi-informasi terkait perusahaan dapat dipastikan dalam hitungan detik.
  • Komunitas, Organisasi, & Instansi Pemerintah: website juga berguna untuk komunitas dan organisasi dalam hal menghubungkan para anggota, perekrutan anggota baru, dan penyebaran informasi. Website juga dapat menjadi laman resmi instansi pemerintah dan penyebaran informasi terkait instansi.
  • Media Informasi & Berita: Pesatnya perputaran informasi dan berita melalui internet membuat web jenis ini adalah jenis yang paling familiar diantara pengguna internet.
  • Media Sharing: Web juga menjadi pilihan untuk menjadi media penyebaran foto, audio, musik, video, dll.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Interesting Website Belajar Online!

Jenis-jenis & Trend Website Berdasarkan Platform

Untuk membuat sebuah website, terdapat tiga pilihan platform yang dapat Anda pertimbangkan berserta trend website berdasarkan platfromnya:

HTML dan CSS

Remarkable Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer
HTML dan CSS

Bagi Anda yang memiliki kemampuan coding, Anda dapat membuat website statis menggunakan HTML dan CSS. Sebelumnya Anda perlu membuat coding di software coding sepert Notepad++, Text Wrangler, atau Sublime Text. Namun pembuatan website menggunakan HTML dan CSS tidak dapat dibuat dengan mudah dan singkat. Pembuatannya yang menggunakan coding membuat jenis web ini hanya dibuat oleh orang-orang berlatar-belakang IT atau memiliki kemampuan tersebut.

Meski kalah saing dengan CMS WordPress untuk menjadi trend website di 2021, Website yang menggunakan HTML dan CSS tetap menjadi pilihan bagi sebagian pengguna karena keunggulannya.

Content Management System (CMS)

Remarkable Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer
CMS WordPress

Content Management System (CMS) atau sistem pengaturan konten adalah platform yang menjuarai trend website di 2021. CMS adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten digital. Dengan menggunakan CMS, Anda dapat membuat website dengan mudah. CMS juga didukung plugins sehingga Anda dapat menambahkan fitur sesuai kebutuhan.

Terdapat keunggulan menggunakan CMS dalam pembuatan web. Diantaranya adalah:

  • Efisien, praktis, dan cepat
  • Mudah mengubah tampilan
  • Mudah dalam mengorganisasi konten
  • Dapat menambahkan banyak user
  • Dapat menambahkan fitur melalui plugins yang tersedia

Terdapat beberapa platform CMS yang beredar di pasaran, namun yang paling terkenal adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Saat ini, 59,9% pengguna CMS menggunakan WordPress yang artinya WordPress menjadi platform CMS paling banyak digunakan. Meski penguasaan CMS perlu waktu dan latihan, pemilihan WordPress sebagai platform CMS Anda akan lebih mudah karena terdapat banyak panduan dan tutorial yang tersedia di internet.

Untuk di tahun 2021, WordPress diperkirakan akan tetap menjadi trend website di 2021 terutama pengguna dari kalangan individu dan bisnis UMKM. Fitur dark mode, Artificial Intellegence (AI) seperti chatbot dan voice search, serta integrasi desain UI yang lebih mudah diakses akan menjadi trend website di 2021. Hal-hal tersebut adalah sebagian kecil alasan mengapa WordPress menjadi begitu populer dan menjadi pilihan sebagian besar pengguna CMS.

Baca juga: 4 Tips Mudah Membuat Website Gratis WordPress dengan Mudah

Website Builder

Remarkable Trend Website di 2021: Pengertian, Jenis-jenis, dan Platform Populer
Website Builder

Akhir-akhir ini pemilihan antara CMS dan website buider memang menjadi diskusi menarik. Hal ini dikarenakan website builder dianggap lebih praktis dan mudah, namun fitur dan tampilannya tidak kalah menarik dari CMS. Untuk Anda yang ingin kemudahan dan beranggap CMS cukup merepotkan, website builder seperti Wix, Network Solutions, dan GoDaddy dapat menjadi pilihan Anda. Dengan platform ini, Anda dapat membuat website dengan mudah dan cepat melalui template-template yang sudah tersedia. Platform ini sangatlah cocok bagi Anda yang belum memiliki skill desain dan coding. Dengan menggunakan website builder, Anda langsung mendapatkan domain, hosting, dan pilihan template beragam untuk berbagai kebutuhan web Anda.

Terdapat 3 website builder terbaik saat ini:

1. Wix

Jika dibandingkan dengan jumlah pengguna CMS, website builder memang masih kalah. Tapi penggunaan Wix mulai menjadi trend website dan mengalami kenaikan popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Terima kasih kepada advertising dan fitur praktis dari Wix yang membuatnya unjuk gigi dalam kompetisi digital. Selain nama besar dan kemudahan fitur, desain template yang beragam dan team support yang responsif juga turut berperan dalam kesuksesan Wix menjadi website builder nomor satu di dunia.

2. Network Solutions

Anak perusahaan dari Web.com Group, Network Solution duduk di peringkat ke dua sebagai website builder paling banyak digunakan di seluruh dunia. Keunggulan Network Solution berada pada kemampuannya untuk menyediakan domain yang spesifik.

3. GoDaddy

Website builder asal Singapura ini berusaha menggaet para entrepreneurs sebagai pengguna mereka dikarenakan template-template dengan visual yang menarik serta fitur andalan mereka yakni social media tool yang handal dan praktis.

Itulah trend website di 2021 versi Bootsol. Bagaimana menurut Anda?

Baca Juga: Seberapa Penting Website Mobile Friendly di Era 4.0?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top