fbpx
Rekomendasi 5 Website Color Pallete untuk Desain Grafis yang Colorful
Website Color Palette

Di dalam desain grafis, warna sangat berperan penting dalam berbagai aspek. Setidaknya terdapat 6 fungsi penting warna pada sebuah desain, yakni fungsi struktural, komunikasi, alamiah, psikologis, identitas, serta pembentuk objek. Maka, menentukan warna yang tepat pada sebuah desain adalah sesuatu hal yang sangat krusial. Sayangnya, hal tersebut tentu tidaklah mudah. Kita senantiasa dihadapkan oleh berbagai hambatan dan keterbatasan, mulai dari perangkat, akses software, hingga skill yang kita miliki. Untuk mengatasinya, terdapat website color palette atau yang biasa disebut juga sebagai website color scheme yang dapat membantu seorang desainer untuk mengkombinasikan warna dan mencari warna yang cocok untuk sebuah desain.

Bagi Anda yang belum familiar dengan desain grafis, color palatte atau color scheme adalah kumpulan paduan atau gradasi warna sekaligus menampilkan kode dari warna tersebut. Selain itu, ada juga yang disebut dengan color palette generator atau color scheme generator merupakan sebuah fitur yang memanfaatkan teknologi deep learning – sebuah bagian dari teknologi kecerdasan buatan atau AI. Platform ini akan mendeteksi color style dari sebuah foto, film, atau media seni visual lainnya. Hal ini tentunya sangat berguna sebagai bahan inspirasi untuk Anda yang kesulitan menentukan paduan dan kombinasi warna untuk sebuah desain.

Berikut ini Bootsol akan merekomendasikan 5 website color palette yang dapat Anda coba. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca juga: Makin Meresahkan! 3 Bahaya Deepfake yang Perlu Anda Ketahui dan Bagaimana Mendeteksinya

Website Color Palette Terbaik

1. Canva Color Palette Generator

website color palette canva
Canva Color Palette Generator

Saat ini, Canva dapat dibilang telah menjadi wesbite desain grafis terpopuler saat. Dirilis pada tahun 2012 oleh pengembang asal Australia, Canva terus-menerus melakukan update dan inovasi terbaru untuk menjawab kebutuhan pengguna. Kali ini, Canva telah memikat hati para design enthusiast berkat color pallete generator-nya yang terlihat simpel namun trendy. Dengan tampilan yang dibuat intuitif, menjadikan color palette generator dari Canva sangat mudah dimengerti dan digunakan. Bagi Anda yang masih belum familar dengan website color palette generator, Canva dapat menjadi pilihan terbaik. Kelemahan dari platform ini adalah absennya fitur rekomendasi color scheme yang sedang trending di pasaran.

2. Color Hunt

Rekomendasi 5 Website Color Palette untuk Desain yang Lebih Colorful
Source: Cgtricks

Untuk urusan website color palette, Color Hunt dapat dibilang telah menjadi andalan di bidangnya karena platform ini sangat mudah ditemukan dan memiliki indeks teratas pada mesin pencarian Google. Color Hunt adalah platform color palette terbuka dan gratis yang menghadiran kombinasi warna yang sedang trending serta dibuat oleh para desainer yang kompeten di bidangnya.

Sayangnya, platform ini masih berfokus pada color palette-nya saja. Color Hunt belum memiliki fitur color palette generator, sehingga platform ini belum bisa mencari paduan warna berdasarkan sebuah foto atau gambar. Meski begitu, kombinasi warna yang keren dan berragam dapat menjadikan Color Hunt sebagai inspirasi Anda untuk membuat desain.

3. Coolors

Rekomendasi 5 Website Color Palette untuk Desain yang Lebih Colorful
Source: Wonky Peach

Website color palette yang selanjutnya adalah Coolors. Platform ini serupa dengan Color Palette Generator buatan Canva yang memungkinkan pengguna untuk megeneralisasikan warna yang tepat berdasarkan foto atau gambar. Platform ini juga memiliki fitur Explore trendings palettes yang menampilkan kombinasi dan paduan warna yang sedang in di pasaran. Singkatnya, platform ini memiliki kedua fitur andalan dari Canva Color Palette Generator dan Color Hunt lalu mengabungkannya dalam satu platform yakni Coolors.

Baca Juga: Super Helpful, 4 Website Desain Grafis yang Praktis dan Mudah Digunakan

4. Colllor

website color palette colllors
Colllor

Website color palette yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin bermain dengan gradasi. Colllor dapat menjadi pilihan Anda karena keunggulannya yakni menghadirkan berbagai macam gradasi atau spektrum warna berdasarkan shades, tones, dan tins dari satu warna dasar yang telah di tentukan. Untuk menggunakan Colllor, Anda tinggal memilih warna dasar (pick color) atau random color untuk menampilkan warna secara acak. Setelah Anda menentukan, Colllor akan menampilkan gradasi dari warna tersebut.

5. Pigment

website color palette pigment
Pigment

Website color palette Pigment atau juga populer dengan nama Pigment by ShapeFactory dapat membantu seorang desainer dalam menentukan paduan 2 warna berbeda. Uniknya, pengguna dapat mengatur kedua warna tersebut berdasarkan tingkat saturasi atau kecerahan. Namun sayangnya Pigment memiliki kelemahan serupa dengan Color Hunt dan Colllors, yakni hanya memiliki fitur andalan color palette saja.

Itulah rekomendasi 5 website color palette yang dapat membantu Anda untuk menentukan warna yang cocok serta memudahkan Anda dalam mempadu-padankan warna di dalam desain Anda. Bagaimana menurut Anda? Apakah website color palette ini menginspirasi Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top