fbpx
Super Helpful, 4 Website Desain Grafis yang Praktis dan Mudah Digunakan
Website Desain Grafis yang Praktis dan Mudah Digunakan

Di era serba digital seperti sekarang ini, kemampuan untuk menguasai skill desain grafis hampir menjadi sebuah keharusan. Desain grafis adalah sebuah proses penggabungan antara tipografi, ilustrasi, fotografi, dan printing sehingga menghasilkan pesan dengan tujuan persuasif, informatif, atau imperatif. Pada umumnya, graphic designer profesional menggunakan software desain grafis seperti CorelDraw atau serangkaian software dari Adobe Inc. Namun sayangnya software-software tersebut tergolong rumit sehingga membutuhkan pelatihan dan penguasaan yang tidak instan.

Untuk menjawab kebutuhan pengguna, website desain grafis yang praktis dan mudah digunakan hadir di pasaran. Website desain grafis dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur praktis hingga template siap pakai yang mudah digunakan. Website-website ini tentunya memudahkan pengguna dari beragam latar belakang mulai dari pelajar hingga pekerja profesional dalam memvisualisasikan idenya dalam beragam karya. Website desain grafis dibuat intuitif sehingga ramah bagi pemula yang belum memiliki skill desain. Terdapat beberapa kelebihan dari website desain grafis, salah satunya adalah pengguna tidak perlu repot-repot menyimpan desain secara manual.

Berikut ini Bootsol telah merangkum 4 website desain grafis yang praktis dan mudah digunakan.

Website Desain Grafis Terbaik

1. Canva

website desain grafis canva
Canva

Canva menjadi website desain grafis yang praktis dan mudah digunakan yang pertama. Canva adalah sebuah website desain grafis yang menghadirkan variasi fitur dan template dengan desain menarik dan kekinian sehingga sangat cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari promosi, marketing bisnis, atau pun keperluan pribadi.

Dirilis pada tahun 2012 oleh pengembang asal Sydney, Canva juga sangat populer dalam versi aplikasi mobile dengan 100 juta unduhan di Playstore. Canva memiliki 6 kategori template yakni media sosial, pribadi, bisnis, pemasaran, pendidikan, dan sedang tren. Canva menghadirkan template yang begitu beragam mulai dari Curriculum Vitae, logo, presentasi, poster, hingga kolase video dan panel komik yang dapat digunakan secara gratis. Kini Canva telah menjadi website desain grafis andalan bagi setiap kalangan.

Kelebihan:

  • Tampilan website yang rapih dan intuitif sehingga mudah digunakan
  • Desain template yang beragam sehingga dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan pengguna

Kekurangan:

  • Canva hanya dapat digunakan jika terkoneksi dengan internet
  • Mengingat banyaknya pengguna website ini, template Canva mudah dikenali sehingga terkesan pasaran
  • Tampilan fitur dan template dengan tampilan lebih menarik dibuat berbayar

2. Figma

website desain grafis figma
Figma

Website desain grafis yang praktis selanjutnya adalah Figma. Figma adalah sebuah graphic editor dan prototyping tool berbasis cloud yang dirilis pada tahun 2016 oleh Figma Inc. asal Amerika Serikat. Meski tergolong baru, saat ini Figma telah menjadi website desain grafis yang praktis serta menjadi andalan bagi para UI dan UX designer dalam mengembangkan website dan aplikasi mobile karena fiturnya yang unik. Figma menghadirkan fitur kolaborasi dimana pengguna dapat berbagi, memberi komentar dan saran, serta mengubah desain pada saat yang bersamaan. Menu dan tools juga dibuat simple sehingga ramah di mata pengguna.

Kelebihan:

  • Fitur kolaborasi yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan aggota tim lain
  • Figma mensupport plugin sehingga pengguna dapat menambahkannya sesuai kebutuhan
  • Hingga artikel ini dibuat, Figma dapat digunakan secara gratis

Kekurangan:

  • Pengguna harus terkoneksi internet saat menggunakan Figma
  • Membutuhkan Intel HD Graphic 4000 atau lebih
  • Anggota tim yang diajak kolaborasi hanya dapat mengakses desain yang telah diunggah ke library sehingga dapat mengakibatkan delay

3. Gravit Designer

website desain grafis gravit designer
Gravit Designer

Sebelumnya, software Gravit Designer telah populer terlebih dahulu, kemudian muncullah versi website berbasis cloud yang dirilis pada tahun 2019. Seperti Figma, Gravit Designer juga dapat diakses secara gratis, namun website desain grafis yang praktis ini menghadirkan fitur pro jika membayar. Saat membuka website, kita disambut oleh menu terup-to-date dari fitur dan template terbaru, serta pilihan ukuran desain yang kita mau. Halaman Gravit Designer juga dibuat intuitif sehingga mudah digunakan oleh pemula.

Kelebihan:

  • Unggul dalam fitur pembuatan vector yang serupa dengan Adobe Illustrator
  • Kualitas editing yang mumpuni seperti penambahkan effect, color transformation, shadows, blur,dan masih banyak lagi.
  • Menghadirkan preset atau rancangan gambar untuk berbagai media sosial termasuk Facebook, Twitter, Instagram, hingga Pinterest
  • Tampilan menarik dan dapat menghasilkan desain layaknya professional

Kekurangan:

  • Belum bisa mendukung format .ai, .crd, dan .eps
  • Gravit Designer masih belum terdapat custom pallete

4. Desygner

website desain grafis desygner
Desygner

Desygner adalah website desain grafis muncul pada tahun 2015 oleh pengembang asal Australia. Muncul dalam versi website dan aplikasi mobile, Desygner telah mencapai 1 juta unduhan di Playstore dan dinobatkan sebagai Top 25 Visual Content Tools oleh Forbes. Ulasan yang diberikan pada website desain grafis ini pun tergolong positif. Template yang disuguhkan oleh Desygner cukup beragam mulai dari Curriculum Vitae, Business Card, Magazine & Newslatter, hingga Wattpad Covers.

Kelebihan:

  • Pengguna Desygner yang masih belum semasif kompetitornya membuat template Desygner tidak mudah dikenali dan cocok untuk pengguna yang ingin tampil beda
  • Tersedia template unik, mulai dari cover buku, youtube thumbnail, Price Lists & Menus, hingga Visionboards

Kekurangan:

  • Template masih sedikit dan terbatas
  • Aplikasi tidak begitu populer sehingga sulit untuk menemukan ulasan dari pengguna

Nah itu lah 4 website desain grafis yang praktis dan mudah digunakan menurut Bootsol. Mana yang jadi pilihanmu? Tulis di kolom komentar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top