fbpx

Memiliki website gratis atau berbayar adalah suatu kewajiban bagi mereka yang ingin membangun portfolio didalam dunia maya. Adapun portfolio yang dapat dibuat bisa bersifat personal atau untuk kepentingan pribadi atau bisa juga untuk sebuah perusahaan yang ingin membangun reputasinya di dunia maya.

Saat anda sudah memutuskan untuk membuat website, anda akan dihadapkan pada situasi dimana anda akan membuat website yang gratis atau berbayar. Apabila anda bingung dalam menentukan website gratis atau berbayar yang anda pilih, berikut Bootsol berikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan website gratis dan berbayar.

Website Gratis

Website gratis sangatlah lumrah dipilih bagi seseorang atau perusahaan yang baru ingin mencoba membuat website. Kelebihan dari website ini adalah tentu saja gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dalam hal domain, website maintenance dan lainnya. Yang dibutuhkan adalah alamat email dan kuota internet untuk mengakses website anda.

Namun, website gratis juga memiliki kekuarangan yaitu soal keamanannya. Mungkin bagi anda saat membandingkan website gratis dan berbayar memiliki fitur yang tidak jauh beda, namun website gratis memiliki kekurangan di sector keamanan yang diragukan. Karena seperti yang kita tahu bahwa website gratis dapat digunakan oleh siapapun dan sesuka hati mereka.

Website Berbayar

Seperti judulnya, website berbayar adalah website yang baru dapat anda gunakan setelah anda membayarkan sejumlah uang untuk domainnya, perawatan website, dan yang lainnya. Namun, dengan membayarkan sejumlah uang tersebut, anda akan mendapat beberapa kelebihan yang tidak ada di website gratis. Sebut saja anda dapat memilih domain yang anda inginkan untuk website anda seperti .com, .net, .co.id, .org, dll.

Selain itu juga, website berbayar memiliki keamanan yang lebih terjamin dibandingkan website gratis. Website berbayar memiliki keamanan yang mumpuni, selain itu juga terdapat fitur proteksi yang lebih canggih dan kompleks. Dan juga website berbayar juga memiliki keamanan yang sudah terjamin sehingga anda tidak perlu takut kehilangan data anda. Sementara itu, pada website gratis tidak mendapatkan garansi keamanan data bahkan anda tidak dapat mengetahui data yang kita kirimkan untuk tujuan apa jika kita menggunakan website gratis.

Website Gratis atau Berbayar?

website gratis atau berbayar

Source: https://www.kekuatansugesti.com/tag/bingung-memilih/

Untuk kebutuhan komersil, misalnya untuk perusahaan, sekolah, instansi pemerintah, dan lainnya yang membutuhkan database yang besar dan keamanan untuk datanya, website berbayar yang lebih direkomendasikan. Karena dengan fitur yang banyak dan keamanan yang terjamin, website berbayar akan lebih mudah diterima dengan menggelontorkan sejumlah dana untuk website agar kedepannya data akan aman dan terjamin. Serta tidak perlu waktu untuk mengurusi website tersebut karena biasanya sudah termasuk dengan biaya pengelolaan dan perawatan website tersebut.

Untuk blog pribadi, sebenarnya cukup menggunakan website gratis. Anda dapat belajar dari sana terlebih dahulu. Satu lagi, tidak penting apakah blog gratis atau berbayar. Berbayar tapi kemudian tidak menulis apapun di blog itu juga sia-sia. Akan lebih baik menggunakan blog gratis tapi rajin mengisi blog kita dengan tulisan-tulisan terbaru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top