fbpx

Banyak dari kita beranggapan bahwa menulis sesuatu pada website adalah perihal yang mudah. Namun, setelah kita cukup lama menulis, sangat sedikit sekali pengunjung yang membuka website kita, bahkan hari ke hari semakin menurun grafiknya. Sebagian dari kita mungkin akan berbenah dengan mengikuti beberapa tips di internet, namun sebagian lainnya memilih untuk terus menulis. Sejatinya, menulis sesuatu ke dalam wadah digital—sebutlah website, bisa dibilang gampang-gampang susah. Kita harus menyesuaikan ide pada artikel yang akan kita tulis nantinya supaya lebih mudah diterima oleh pengunjung website kita.

Berikut beberapa panduan dari Bootsol.com untuk membuat sebuah website gratis wordpress dan cara mengelolanya.

1. Tentukan ide dan alasan kuat untuk website gratis wordpress yang akan kita buat

website gratis wordpress
Contoh Mind Mapping

Menulis di website gratis wordpress bukan perkara yang mudah, pentingnya ide yang menarik akan berpengaruh pada tulisan kita nantinya. Jika anda membuat sebuah website dengan tujuan untuk sebuah bisnis, maka ide yang dituangkan ke dalam artikel anda diharapkan untuk bisa menggambarkan produk maupun perusahaan yang anda buat. Penggunaan diksi yang tepat akan berpengaruh pada keuntungan produk anda nantinya.

Sebagai contoh, si A sedang membangun sebuah website untuk bisnis yang dia kelola, namun secara visual maupun tekstual terlihat sangat sederhana, sehingga calon pembeli atau pengunjung tidak begitu tertarik pada produknya. Anda tidak perlu menggunakan gaya bahasa yang terlalu tinggi, cukup tentukan audience anda dan bayangkan seolah-olah produk anda berada di tengah-tengah masyarakat yang anda sasar. Penggunaan bahasa yang natural, atau tidak berbelit akan membuat calon pembeli semakin yakin untuk membeli atau setidaknya mengenali produk anda.

Jika anda berfokus pada website pribadi, buatlah sebuah penggambaran yang benar-benar menggambarkan sesuatu yang akan anda sampaikan. Misalnya, anda akan membuat sebuah website yang berisi kumpulan cerpen, puisi, ataupun pendapat anda pribadi, cobalah untuk mencari gap atau celah yang dapat membedakan website anda dengan yang lain. Penggunaan gambar, penyampaian cerita yang menarik, dan pemilihan diksi akan berpengaruh pada tulisan anda nantinya.

2. Berikan keterangan yang detail meskipun menggunakan website gratis wordpress

website gratis wordpress
Source: Bootsol

Hal ini cukup krusial dalam proses pembuatan sebuah website, terlebih tujuan anda membuat sebuah website untuk bisnis anda. Berikan apapun yang meyakinkan pengunjung atau calon konsumen, seperti; alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, visi dan misi, testimoni, gambaran [erusahaan atau bisnis anda secara singkat, dan lain sebagainya. Kesan pertama yang mengesankan akan membuat calon konsumen mengenali produk anda dan kesempatan untuk membeli menjadi lebih besar. Jika ingin hal-hal kompleks lainnya, anda dapat menambahkan landing page pada website anda untuk memberikan rincian terkait produk anda, buatlah serinci mungkin namun jangan terlalu bertele-tele.

Bagaimana untuk website pribadi? Anda juga perlu memberikan beberapa deskripsi terkait website gratis wordpress yang anda buat, berikan penekanan yang menggambarkan artikel dan tujuan website anda. Misalnya, tujuan project menulis anda, pemberian tag pada artikel anda, akun sosial media yang terhubung pada website anda, dan lain sebagainya.

3. Buat website gratis wordpressmu yang simple namun semenarik mungkin

website gratis wordpress
Source: template

Simple bukan berarti tidak menarik.

Anda harus memastikan website anda ringan untuk diakses. Perlu diingat, banyak masyarakat kita yang mengakses internet menggunakan smartphone, sehingga proses loading yang cepat akan memudahkan mereka dalam mengakses website anda. Gunakan tema yang tidak terlalu rame, anda hanya perlu memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk website anda ketimbang harus sibuk dengan pemilihan template yang dapat memperlambat proses loading website anda. Untuk pemilihan template, ada cukup banyak situs yang menyediakan template gratis dan hanya perlu melakukan sedikit kustomisasi.

Tidak hanya tema yang menarik saja, anda juga harus membagikan artikel-artikel yang menarik di website gratis wordpress anda untuk menambah sisi estetik dari segi tampilan maupun isinya. Gunakan gambar atau ilustrasi pada setiap artikel yang anda buat supaya pembaca anda mengerti tentang artikel yang anda tulis.

4. Lakukan riset terkait website gratis wordpress

Riset pada sebuah website sangatlah penting, berlaku untuk website pribadi maupun bisnis. Ketika anda melakukan riset terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan masyarakat, anda perlu mencari gap atau celah yang berguna untuk website anda. Ada beragam riset yang dapat anda lakukan, gunakan beberapa tools untuk melakukan riset. Contohnya, melakukan riset untuk keyword yang akan kita gunakan pada artikel maupun produk yang akan kita tulis. Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner atau aplikasi riset keyword lainnya, lalu tentukan kata kunci yang akan kita gunakan. Penggunaan long tail keyword dapat membantu website anda, terlebih untuk website gratis wordpress anda yang masih baru. Anda dapat menggunakan beberapa metode, seperti; ide kata kunci, kata kunci terkait, ringkasan rencana, dll.

Anda dapat melakukan beberapa riset lain, misalnya riset terhadap produk kompetitor, segmentasi pasar, dan lainnya. Tujuan riset pada website adalah untuk memastikan website kita mampu bersaing dengan kompetitor lain, meningkatkan traffic, meningkatkan jumlah pengunjung website, dan lain sebagainya. Sehingga apa yang anda lakukan nantinya akan berdampak panjang pada keberlangsungan website anda.

Lalu harus memilih yang berbayar atau gratis?

Banyak dari kita memanfaatkan website sebagai media untuk pengembangan bisnis, mengemukakan pendapat, atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan dunia digital dengan tujuan untuk mendapatkan visitors, calon konsumen, dan lain sebagainya. Pembuatan website dengan cara berbayar maupun gratis pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan, lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Perlu Merogoh Kocek untuk Membayar Tahunan

Mungkin untuk mengawali sebuah bisnis online akan memaksa anda untuk memutar otak tentang bagaimana produk anda nantinya mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, maka penggunaan website dinilai sebagai langkah yang efektif untuk menawarkan produk yang kita miliki. Begitu pula dengan mereka yang menjadikan website sebagai media untuk mengemukakan opini atau website pribadi, maka alokasi dana antara keduanya akan berbeda pula.

Website berbayar memerlukan budget untuk mengoptimalkan website yang akan anda kelola untuk web hosting dan domain yang digunakan nantinya. Meskipun harus membayar, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang pastinya akan membantu bisnis yang sedang anda kelola, seperti; impresi yang lebih meyakinkan tentang brand ataupun produk anda serta dapat lebih meyakinkan calon pembeli terhadap bisnis yang anda kelola.

Website gratis tidak berarti buruk untuk anda, langkah ini diperlukan jika anda memulai untuk bergelut dengan dunia digital pertama kalinya, maka pengalokasian dana dapat lebih ditekan jika anda menggunakan website gratis tersebut. Anda tetap bisa melakukan kustomisasi meskipun tidak seleluasa website berbayar, namun ini cukup untuk memberikan experience mengenai dunia digital.

Fitur yang berbeda

website gratis wordpress
Source: Fitur

Untuk masalah fitur pastinya akan berbeda, pengalaman untuk melakukan kustomisasi pada website sangat berbeda bila dibandingkan dengan keduanya. Jika anda serius dengan bisnis yang anda kelola dan mengharuskan untuk mendapat insight yang banyak sesuai dengan target perusahaan, maka anda harus memilih website yang berbayar untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Namun jika anda merasa cukup dengan fitur yang disediakan, anda cukup menggunakan website gratis meskipun dengan beberapa limitasi yang cukup jauh berbeda, seperti plug-in, pemilihan domain, maupun tools lain yang memang sangat dibutuhkan dalam bisnis digital.

Faktor keamanan

website gratis wordpress
Source: Keamanan

Alasan ketiga adalah faktor keamanan. Ketika anda memilih untuk menggunakan website berbayar, maka anda dapat memilih domain dan nama website anda dengan leluasa, sehingga kemudahan untuk mendapatkan nama dan domain yang tepat untuk bisnis anda lebih besar. Pun, anda memiliki kontrol keamanan, kualitas server, akses ke dalam website, maupun hal lainnya secara penuh. Dengan alasan tersebut, pastinya anda akan memilih untuk menggunakan website berbayar ketimbang gratis karena adanya kontrol penuh terhadap website perusahaan atau bisnis anda. Namun website gratis memberikan kemudahan untuk anda yang tidak memerlukan proteksi khusus pada website yang anda kelola, sehingga penggunaan website gratis juga dapat anda jadikan sebagai pertimbangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top