fbpx
Website Penyedia Gambar Gratis
Website Penyedia Gambar Gratis

Dalam proses pembuatan desain,artikel, ataupun kebutuhan komersil, kita harus mencari gambar ilustrasi yang sesuai. Namun kita tidak boleh asal mengambil gambar karena adanya hak cipta yang dimiliki oleh sebuah karya. Untuk itu, hadirlah website penyedia gambar gratis atau situs penyedia gambar stok bebas hak cipta yang menyediakan gambar bebas hak cipta dan dapat diunduh secara gratis. Melalui website ini, Anda dapat mengunduh gambar-gambar yang dapat Anda gunakan untuk keperluan desain, artikel, serta kebutuhan komersil lainnya.

Di artikel kali ini, Bootsol akan menghadrikan informasi mengenai 7 website penyedia gambar gratis terbaik yang bisa membantu Anda untuk menemukan gambar bebas hak cipta.

Baca Juga: Incredible! Ketahui 6 Jenis Pekerjaan Graphic Designer Super Interesting ini

Daftar Website Penyedia Gambar Gratis

1. Unsplash.com

Gambar dari Unsplash

Dalam hal penyedia gambar bebas cipta, Unsplash adalah situs sejuta umat karena tingginya jumlah pengguna dari situs ini. Website penyedia stock photo yang memiliki tagline “Photos for Everyone” ini memiliki berragam jenis foto dengan kategori yang bermacam-macam. Jumlah stoknya pun banyak dan berragam. Keunggulan yang dari website ini adalah kualitas fotonya yang tinggi karena foto diambil oleh fotografer profesional. Yang tak kalah mengesankan adalah proses unduh foto yang sangat mudah dan cepat.

Kekurangan dari website ini adalah hanya menyediakan gambar berupa foto. Website ini tidak menyediakan ilustrasi, video, ataupun vektor. Jadi website ini kurang cocok untuk Anda yang mencari gambar dengan format tersebut.

2. Pixabay.com

Website penyedia gambar gratis yang selanjutnya adalah Pixabay. Pixabay adalah website penyedia gambar stock yang pertama di dunia, sehingga jangan heran kalau jumlah gambar yang disediakan oleh website ini sangat banyak dan berragam. Sekiranya Pixabay telah memiliki 1 juta gambar bebas hak cipta yang tentunya memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, Pixabay menawarkan berragam jenis format, mulai dari foto, ilustrasi, video, dan vektor yang dapat diunduh secara gratis.

3. Pexels.com

Selanjutnya, ada Pexels yang telah menjadi website penyedia gambar gratis terfavorit bagi para profesional. Selain foto, website ini juga menawarkan video singkat bebas hak cipta dengan kualitas tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan, para kontributor website ini adalah para ilustrator dan fotografer profesional dibidangnya. Anda juga bisa meng-custom ukuran resolusi gambar sebelum Anda unduh.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Website Color Palette untuk Desain yang Lebih Colorful

4. Flickr.com

Gambar dari Flickr

Flickr adalah website penyedia gambar selanjutnya yang tidak kalah keren. Sama seperti Unsplash, website ini juga lebih fokus pada foto. Sayangnya, terdapat beberapa kekurangan pada website ini. Yang pertama, tidak semua foto dapat diunduh secara gratis. Terdapat beberapa kontributor yang tidak mengizinkan foto-fotonya dapat diunduh secara gratis. Yang kedua, meski hampir semua foto memiliki kualitas yang bagus, terdapat beberapa foto yang memiliki kualitas rendah bahkan buruk karena diambil oleh kontributor non-profesional.

5. Lifeofpix.com

Serupa dengan Unsplash dan Flickr, website ini memfokuskan pada foto yang diambil oleh kontributor profesional. Website ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari foto bebas hak cipta yang bertemakan travel. Namun sayangnya, website ini masih menyediakan foto-foto dengan jumlah terbatas.

6. Freerangestock.com

Selanjutnya, ada Freerangestock. Website penyedia gambar gratis yang dirilis 2007 ini menyediakan foto dan ilustrasi dengan kualitas bagus. Namun sebelum Anda dapat mengunduh gambar, Anda perlu sign up terlebih dahulu. Hingga saat ini, Freerangestock telah menyediakan lebih dari 750 ribu gambar bebas hak cipta.

7. Gratisography.com

Source: Blogs@NTU

Last but not least, website penyedia gambar gratis yang terakhir adalah Gratisography. Website yang didirikan oleh Ryan McGuire ini menyediakan gambar yang dibuat oleh dirinya sendiri. Uniknya, gambar-gambar yang disediakan disini memiliki mood yang lucu dan kocak hingga terkesan kontemporer. Website ini menyediakan foto, ilustrasi, dan vektor. Sayangnya website ini masih menyediakan sedikit gambar. Hal ini dikarenakan website ini masih memiliki kontributor tunggal yakni sang pendiri, McGuire sendiri.

Nah itulah website penyedia gambar gratis terbaik versi Bootsol. Bagaimana menurut Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar!

Baca Juga: Super Helpful, 4 Website Desain Grafis yang Praktis dan Mudah Digunakan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top