fbpx
Ilustrasi website penyedia musik
Ilustrasi website penyedia musik

Jika kamu seorang konten kreator atau video maker, pasti sering membutuhkan musik sebagai pelengkap video. Kini, beragam website muncul menyediakan kebutuhan-kebutuhan terutama terkait dunia digital, salah satunya yaitu website penyedia musik. Tak jarang, demi mendapatkan musik yang indah perlu mengeluarkan dana. Ternyata tak hanya yang berbayar, ada juga website penyedia musik yang dapat diakses secara gratis. Tentu ini menjadi kabar bahagia bagi kalian pemburu musik gratis.

Internet hadir membawa banyak kemudahan. Terbukti dengan adanya internet, manusia lebih mudah mencari kebutuhannya. Terutama dengan hadirnya website, baik kebutuhan pokok hingga kebutuhan tambahan lainnya akan lebih mudah terpenuhi. Anda juga bisa mencari informasi dalam bentuk apapun dengan mudah. Termasuk kebutuhan musik untuk karya visual bergerak. Tak bisa dipungkiri musik menjadi elemen yang penting untuk menghidupkan karya tersebut.

Karya visual bergerak memang pada umumnya memerlukan musik sebagai pelengkap. Musik bukan hanya dijadikan elemen tambahan tetapi juga bisa menambahkan daya tarik karya visual tersebut. Sering kali para pencipta karya visual kesulitan menemukan musik yang cocok, belum lagi kemungkinan berbayar yang tentunya cukup menguras kantong. Untuk itu anda wajib mengetahui 5 rekomendasi website penyedia musik gratis.

Perlu ditekankan, gratis bukanlah hal yang paling penting ketika mencari musik. Hal yang paling utama yaitu bebas hak cipta alias copyright. Konten kreator atau video maker perlu hati-hati dengan copyright, jika salah melangkah bukan hanya kemungkinan karya visual bergeraknya diblokir tetapi berujung ke masalah hukum.

Pengertian musik dan musik latar

Menurut wikipedia musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Musik latar mengacu pada mode pertunjukan musik di mana musik tidak dimaksudkan untuk menjadi fokus utama pendengar potensial, tetapi konten, karakter, dan tingkat volumenya sengaja dipilih untuk mempengaruhi respons perilaku dan emosional pada manusia seperti konsentrasi, relaksasi, gangguan, dan kegembiraan.  Pendengar secara unik tunduk pada musik latar tanpa kendali atas volume dan isinya.  Rentang tanggapan yang dibuat sangat beragam, dan bahkan berlawanan, bergantung pada banyak faktor seperti, latar, budaya, penonton, dan bahkan waktu.

Baca Juga : Very Fascinating! Teknologi Mobil Listrik : Ketahui 4 Hal Incredible Ini

Rekomendasi website penyedia musik

Karya visual bergerak memang pada umumnya memerlukan musik sebagai pelengkap. Musik bukan hanya dijadikan elemen tambahan tetapi juga bisa menambahkan daya tarik karya visual tersebut. Sering kali para pencipta karya visual kesulitan menemukan musik yang cocok, belum lagi kemungkinan berbayar yang tentunya cukup menguras kantong. Untuk itu anda wajib mengetahui 5 rekomendasi website penyedia musik gratis.

Perlu ditekankan, gratis bukanlah hal yang paling penting ketika mencari musik. Hal yang paling utama yaitu bebas hak cipta alias copyright. Konten kreator atau video maker perlu hati-hati dengan copyright, jika salah melangkah bukan hanya kemungkinan karya visual bergeraknya diblokir tetapi berujung ke masalah hukum. Berikut rekomendasi website penyedia musik gratis dan aman, khususnya bagi antar para pencinta karya visual bergerak :

1. Audio Library

Tampilan Beranda Audio Library
Tampilan Beranda Audio Library

Website penyedia musik yang pertama ialah Audio Library. Website yang satu ini dikenal bukan hanya sebagai website penyedia musik yang gratis, tetapi juga cukup populer. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya konten kreator di YouTube yang menggunakan musik latar dari Audio Library.

Anda bisa memilih musik latar sesuai dengan keinginan, tentu saja yang dirasa tepat dan selaras dengan tema video. Hebatnya lagi, anda juga bisa memilih musik dengan kategori genre tertentu. Semuanya bisa dilakukan secara bebas dan gratis. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal mengakses audiolibrary.com.co, pilih musik latar, kemudian download. Akhirnya anda bisa mendapatkan musik latar yang diinginkan.

Baca Juga : 7 Website Penyedia Gambar Gratis yang Super Helpful

2. Jamendo

Tampilan Beranda Jamendo
Tampilan Beranda Jamendo

Berbeda dengan sebelumnya, website penyedia musik yang satu ini bukan hanya menyediakan musik, tetapi juga menjadi platform yang tepat untuk membagikan karya musik. Website yang dimaksud ialah Jamendo.

Sebagai platform musik, Jamendo bersifat sebagai penampung. Anda bisa mencari musik latar gratis dengan kategori genre yang beragam. Penggunanya sangat banyak, tak heran Jamendo menampung karya musik dari berbagai negara dengan beragam bahasa.

Anda bisa mendownloadnya maupun mengunggah musik latar di Jamendo dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa dengan bebas menjelajah karya musik sesuai keinginan. Website penyedia musik yang satu ini dapat diakses melalui alamat jamendo.com.

3. Freesound

Tampilan Beranda Freesound
Tampilan Beranda Freesound

Website penyedia musik berikutnya ialah Freesound. Website tersebut menjadi pusat data penyedia audio gratis untuk video. Freesound menyediakan berbagai audio yang banyak digunakan mulai dari suara disintesis hingga musik instrumental.

Sama seperti website penyedia musik sebelumnya yaitu Jamendo, Freesound juga memungkinkan anda mengupload karya musik buatan sendiri. Jadi tidak hanya menyediakan musik latar, tetapi juga bisa menjadi fasilitas untuk mengirim karya musik tertentu. Website Freesound dapat diakses dengan mudah melalui alamat freesound.org.

4. Kompoz

Tampilan Beranda Kopoz
Tampilan Beranda Kopoz

Website penyedia musik yang satu ini dikenal gratis dan unik. Anda bisa berkreasi melalui musik-musik yang tersedia. Website yang dimaksud ialah Kompoz. Melalui Kompoz, anda bisa memilih latar musik manapun dan bisa dikreasikan terlebih dahulu sebelum digunakan, sehingga bisa lebih menyesuaikan kebutuhan.

Kamu bisa menggunakan berbagai musik latar yang ada dalam situs ini hanya dengan mendaftarkan akunmu. Berbeda dengan tiga website sebelumnya. Kompoz menyediakan akun yang bisa diupgrade, sehingga anda akan mendapatkan akses yang lebih luas.

Anda bisa mengupgrade akunmu menjadi akun berbayar. Biaya upgrade akun pun terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari 5 dolar AS per bulan atau 49 dolar AS per tahun. Dengan jumlah uang tersebut, anda sudah bisa mendapatkan akses berkreasi di Kompoz dengan bebas. Website penyedia musik tersebut dapat diakses melalui alamat kompoz.com.

5. Bensound

Tampilan Beranda Bensound
Tampilan Beranda Bensound

Website penyedia musik yang terakhir ialah Bensound. Tak kalah hebat dari website-website sebelumnya, Bensound menyediakan musik latar gratis dan populer untuk video. Musik-musik latar yang disediakan oleh website ini banyak digunakan oleh kreator ataupun youtuber.

Untuk bisa menggunakan audio dari Bensound, kamu tidak perlu mendaftarkan akun sama sekali. Kamu hanya cukup men-download dan memberikan kredit kepada si pembuat musik Bensound tidak hanya menyediakan musik gratis tetapi ada juga yang berbayar. Website penyedia musik tersebut dapat diakses melalui alamat bensound.com.

Itulah lima rekomandasi website penyedia musik yang gratis dan aman copyright. Bahkan, latar musik dari website-website tersebut sudah banyak digunakan oleh kreator atau youtuber dari berbagai belahan dunia.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top